MULAILAH BELANJA IKLAN, BUAT WEBSITE UNTUK MENAIKAN PENJUALAN!

Buka usaha itu sebenarnya mudah, dengan modal berapa saja, bisa dibilang semua orang bisa membuka usaha. Toh rumus usaha gak jauh jauh hanya mengambil harga lebih dari biaya pembelian atau produksi. Yang jadi masalah besar adalah setelah punya produk terus apa yang harus dilakukan agar duitnya bisa di putar lagi, apa yang harus dilakukan agar daganganya cepat laku dan lain sebagainya.

Bagi yang sudah biasa mungkin gak heran jika saya bilang, setelah punya dagangan maka langkah selanjutnya adalah buat website, setelah itu belanja iklan, agar produknya segera terjual dan keuanganya bisa segera diputar.

Tapi lain cerita, kalau saya bicara website dan iklan kepada orang yang hanya berfikir tentang pengadaan barang saja. Mereka jarang sekali berfikir tentang biaya operasional, khususnya dibidang pemasaran. Al hasil, banyak pedagang yang melakukan trik dan intrik bagaimana agar produknya laku. Tanpa sadar bahwa dia buang buang banyak waktu dan tenaga sebagai gantinya.

Padahal ada cara yang lebih praktis dan murah jika dibandingkan dengan waktu serta tenaga yang mereka buang, yaitu dengan memanfaatkan iklan berbayar, seperti facebook ads, google ads, instgram ads, iklan massal di iklanbaris.web.id.

Inilah alasan saya berkata banyak pelaku usaha lalai, mampi membeli/produksi banyak dagangan tapi mereka gak mampu memasarkan. Karena rata-rata mereka gak memasukan anggaran iklan/pemasaran termasuk biaya produksi.

Dampaknya dagangan numpuk, penjualan lambat dan kehilangan momentum, setelah itu konsep usahanya jadi bubar. Apalagi jika di tekan dengan keadaan butuh uang cepat. Banting bantingan harga demi mengembalikan modal.

Mengapa hal sepertin ini sering terjadi? Karena mereka tidak pernah memasukan anggaran iklan dan pemasaran termasuk ke biaya produksi.