Pengertian domain dan hosting

Pengertian Domain dan Hosting, Hubungan Keduanya
Dalam membuat website, ada 2 jenis komponen yang perlu Anda miliki, diantaranya hosting dan domain. Jadi, tak bisa dipungkiri jika banyak orang terkadang sulit membedakan pengertian domain danhosting. Untuk lebih jelasnya, Kami akan berikan ulasan mengenai domain dan hosting di bawah ini!

Pengertian Domain
Nama domain, singkatnya ialah alamat sebuah website. Dimana nama domain tersebut itulah yang akan dipakai oleh setiap orang untuk bisa berkunjung ke website Anda. Definisi domain itu sendiri ialah sebuah nama yang unik dan biasanya dipakai untuk mengidentifikasi sebuah alamat IP pada server komputer. Adapun alamat IP itu sendiri ialah susunan angka dengan beberapa digit angka.
Fungsi nama domain bagi sebuah web ialah untuk memudahkan para pengunjung agar bisa mengakses sekaligus mengingat alamat situs web Anda. Di samping itu, jika sewaktu-waktu kita ingin mengubah IP Address website Anda karena keperluan tertentu, Anda pun tak perlu lagi memberitahukan alamat IP baru yang Anda buat ke pengunjung web. Hal ini dikarenakan yang diperlukan oleh para pengunjung hanya nama domain agar bisa diakses menuju website Anda.
Jenis-Jenis Domain
Sebenarnya, nama domain adalah gabungan yang terdiri atas beberapa bagian, seperti :

Top Level Domain

Top Level Domain ialah susunan dari huruf terakhir sesudah tanda titik pada sebuah domain, bisa juga dikatakan sebagai bagian nama domain dengan posisi di arah paling kanan hingga tanda titik. Misalnya saja, contohnya Jualbelidomainhostingterbaik.co.id adalah .co.id.
2. Second Level Domain
SLD ialah bagian kedua yang dilihat dari kanan, tepatnya bagian sesudah TLD pada nama domain. Misalnya SLD dari Jualbelidomainhostingterbaik.co.id ialah .co.
3. Third Level Domain
Third level domain bisa dikatakan sebagai bagian yang terletak setelah SLD pada nama domain. Misalnya Jualbelidomainhostingterbaik.co.id memiliki Third Level Domain, yaitu Jualbelidomainhostingterbaik.
4. Subdomain
Subdomain sendiri ialah sebuah domain sebagai bagian pada domain utama, biasanya subdomain ini terletak di sebelah kiri pada nama domain. Adapun tujuan pembuatan subdomain ini ialah umumnya karena dibutuhkan sebuah web baru dengan fungsi berbeda dari website utama. Misalnya Jualbelidomainhostingterbaik.co.id mempunyai subdomain member.jualbelidomainhostingterbaik.co.id yang digunakan untuk member.
Pengertian Hosting
Anda harus tahu, jika nama domain biasanya dipakai untuk mengidentifikasi sebuah alamat IP dalam server komputer, adapun server komputer tersebut terdapat pada sebuah hosting. Lalu, apa sebenarnya pengertian hosting? Hosting ialah tempat penyimpanan data-data pada sebuah situs web supaya bisa diakses lewat internet, dimana data-data ini bisa berbentuk gambar, file, email, video, program, database, dan lain sebagainya. Hosting yang digunakan untuk keperluan situs web itu sendiri, dinamakan Web Hosting.
Lalu, Apa Hubungan Pengertian Domain danHosting?
Membeli nama domain, bisa diibaratkan seperti Anda membeli billboard atau papan nama untuk toko Anda. Dimana papan nama tersebut bisa dibeli lewat perusahaan atau orang yang menjual atau menerima layanan pembuatan papan nama untuk promosi toko. Perusahaan yang membuat papan nama ini bisa diasumsikan sebagai tempat untuk membeli domain atau registrar. Lalu, dengan hanya mempunyai papan nama untuk toko Anda, apakah Anda sudah langsung bisa berjualan? Tentu tidak, sebab Anda tentu masih memerlukan etalase untuk menyimpan produk-produk yang dijual.
Dengan etalase inilah, orang-orang yang datang berkunjung dapat melihat-lihat produk Anda serta membeli produk yang Anda tawarkan. Selanjutnya Anda memutuskan menyewa kios yang terdapat di sebuah pusat perbelanjaan. Kemudian Anda akan mendekorasi kios tersebut sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dibandingkan kios-kios yang lain di mall tersebut. Lalu, Anda memasang papan toko yang telah dibeli sebelumnya dan ditempatkan di depan kios. KIos ini bisa diibaratkan sebagai website, sementara proses pemasangan papan nama tersebut ibarat sebuah transfer DNS.