Perbedaan Blogspot Dengan Wordpress Dan Kelebihan Blogspot

Perbedaan Blogspot Dengan Wordpress Dan Kelebihan Blogspot

Membuat website tidak boleh dilakukan sembarangan apalagi jika berkaitan dengan website atau situs bisnis. Dibutuhkan beberapa waktu untuk menentukan beberapa hal. Diantara strategi promosi blog di mesin pencarian atau media sosial.
Hal yang paling utama dari yang lain adalah menentukan platform apa yang akan dipakai. Pilihannya adalah blogspot atau wordpress. Kelebihan blogspot tentu akan berbeda dengan wordpress. Selain kelebihan, keduanya juga mempunyai kekurangannya masing-masing. namun pada artikel ini akan dijelaskan mengenai kelebihan blogspot dibandingkan yang lain.
Pengertian blogspot
Blogspot adalah sebuah platform gratis untuk situs blog yang dijalankan oleh google. Oleh karena itu blogspot menjadi pilihan banyak blogger pemula yang baru memulai membuat konten dan tidak tahu sampai kapan akan menjalaninya. Blogspot juga menjadi pilihan untuk mendapatkan hosting secara gratis.
Keuntungan blogspot
Blogspot terintegrasi langsung dengan google analytics, feed burner, dan picasa web. Berikut adalah kelebihan blogspot dibanding platform lain antara lain:

Gratis

Kelebihan inilah yang paling banyak dicari khususnya bagi blogger pemula. Sebab tidak memerlukan hosting, domain, dan sebagainya. Anda bisa melakukan apapun pada blog dengan gratis, dan tidak akan mendapatkan kerugian.
2. SEO friendly
SEO singkatan dari search engine optimization. SEO pada blogspot yang gratis tidak kalah dengan platform lain yang berbayar. SEO merupakan hal yang diutamakan dalam situs pencarian google. Itu membuat blogspot dapat tetap bersaing dan bahkan sering juga muncul di halaman pertama google.
3. Terintegrasi dengan google
Blogspot adalah produk google sehingga juga membuatnya terintegrasi dengan produk google lain. Ini berarti hanya menggunakan satu email dapat menikmati seluruh fitur-fitur google. Misalnya email, google plus, google drive, dan lain sebagainya.
4. Dapat menggunakan domain TLD
Domain TLD atau top level domain adalah bagian akhir dari url blog yang Anda miliki. Kelebihan blogspot dalam hal ini adalah Anda dapat meng-custom domain Anda ke domain TLD. Caranya dengan menyewa pada layanan domain.
5. Support google adsense
Google adsense merupakan produk penyedia layanan iklan dari google. Google adsense dapat memberikan penghasilan pada blogger dengan cara menayangkan iklan tertentu di blognya. Sedangkan platform lain tidak didukung dengan google adsense. Sehingga blogspot mempunyai kelebihan yang lebih besar menjadi publisher adsense.
6. Dapat dimodifikasi
Meskipun digunakan secara gratis, kelebihan blogspot lainnya adalah dapat dimodifikasi sesuai keinginan dan keahlian. Blogspot dapat dijadikan blog personal, situs bisnis, blog download, dan lain sebagainya. Namun yang paling populer blogspot dijadikan sebagai situs safelink.
7. Template gratis
Blogspot memberikan banyak sekali template atau theme default secara gratis. Anda juga bisa mendapatkan theme dari google yang bagus dan menarik yang dapat membuat blogspot menjadi lebih powerfull.
8. Mudah digunakan
Hampir 60% dari pengguna blog adalah orang-orang baru yang mulai membuat blog. Blogspot lebih mudah untuk digunakan dan dimodifikasi. Blogsopt sangat cocok untuk para pemula yang masih sangat awam dalam dunia blogging. Blogspot sangat mudah dikelola, gratis, dan pilihan paling tepat untuk belajar dunia blogging.
Itulah daftar kelebihan blogspot. Namun bukan berarti blogspot tidak memiliki kekurangan sama sekali. Salah satu kekurangan blogspot adalah seringkali dianggap kurang bahkan tidak profesional jika dibandingkan dengan template lain seperti wordpress. Org atau wordpress.com. sebagian orang juga mengeluh tentang fitur komen blogspot yang sulit digunakan. Banyak juga lembaga seperti sekolah atau institusi public yang memblokir platform situs blogspot.