Terbaru Rincian Modal Usaha Service AC dan Keuntungannya 2023

Berapa rincian modal usaha service AC? Jika anda pernah memikirkan untuk memulai usaha service AC anda sendiri namun belum mempunyai gambaran berapa modal usaha yang diperlukan anda berada ditempat yang tepat.

Prospek Usaha Service AC

Bisnis service AC mempunyai tingkat kelayakan usaha yang cukup tinggi jika anda berlokasi di perkotaaan. Cuaca Indonesia yang relatif panas dan lembab menjadikan AC salah satu perlengkapan yang dibutuhkan baik untuk rumah tangga atau perkantoran.

Tingginya penggunaan AC diwilayah perkotaan menjadikan usaha service AC sebagai salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan. Hal tersebut tercermin dari proyeksi positif PT Sharp Indonesia yang membidik pertumbuhan 115% penjualan AC di tahun 2021.

Selain itu, bisnis service AC mempunyai beberapa karakteristik yang menarik seperti potensi tingkat retensi pelanggan yang tinggi, kebutuhan biaya operasional yang relatif kecil, serta margin keuntungan yang menggiurkan. Hal tersebut menjadikan bisnis AC sebagai salah satu usaha unggulan yang dapat dilakukan di daerah perkotaan.

Disisi lain terdapat juga beberapa kekurangan dari bisnis service AC seperti sulitnya untuk meningkatkan skala bisnis service AC, tingkat persaingan menengah, diperlukannya mobilitas yang tinggi untuk melayani pelanggan, serta dibutuhkannya pemasaran secara aktif untuk menarik pelanggan.

Rincian Modal Usaha Service AC

Modal utama dalam bisnis service AC dapat dibilang cukup terjangkau dan tidak membutuhkan modal besar. Sebagai referensi anda berikut ini rincian modal usaha service AC untuk membantu perencanaan bisnis anda.

1. Modal Perlengkapan Service AC

  •     Thermometer digital: Rp50.000
  •     Pompa dan Plastik Steam AC: Rp250.000
  •     Ember: Rp25.000
  •     Gauge Manifold: Rp175.000
  •     Tang Amperemeter: Rp250.000
  •     Dental Mirror dan Magnet Set: Rp100.000
  •     Pompa Vacuum: Rp700.000
  •     Leak Detector: Rp280.000
  •     Freon: Rp850.000
  •     Kunci-kunci: Rp250.000
  •     Tubing Cutter: Rp160.000
  •     Pinch off plier: Rp50.000
  •     Swaging Tool & Flaring Tool: Rp160.000
  •     Tangga lipat teleskopik 2,6 M: Rp560.000


Total: Rp3.860.000

2. Modal Perlengkapan


    Motor second: Rp7.000.000
    Smartphone: Rp1.500.000

Total: Rp8.500.000

3. Modal Operasional


    Paket data dan pulsa: Rp100.000
    Iklan dan promosi pertama kali: Rp500.000
    Bensin: variatif – maks Rp.100.000

Total: Rp700.000

Jadi berdasarkan kebutuhan diatas maka dapat diperoleh angka Total Rincian Modal Usaha Service AC sebesar Rp13.600.000.

Tips Sukses Bisnis Service AC

Seperti bisnis lain yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Bisnis service AC mempunyai karakteristik yang mendukung pertumbuhan usaha dan menghambat pertumbuhan usaha seperti sudah kita singgung sedikit diatas di bagian prospek usaha service AC.

Agar usaha service AC dapat bertumbuh secara optimal dan sukses diperlukan beberapa strategi untuk menyiasati beberapa karakteristik yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis service AC anda. Untuk itu berikut ini beberapa tips sukses bisnis service AC yang dapat membantu usaha service AC anda berkembang.

Berikan Pelayanan Prima

tips sukses usaha service ac rincian modal usaha service acSebagai salah satu contoh bisnis jasa anda memberikan pelayanan untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Oleh karena itu nilai utama yang ditawarkan oleh usaha service AC adalah pelayanan yang diberikan.

Jika pelayanan yang anda berikan tidak memuaskan maka kecil kemungkinan pelanggan akan mau menggunakan jasa anda atau untuk merekomendasikan jasa anda kepada orang lain.

Untuk itu tips sukses usaha service AC yang pertama adalah pastikan anda memberikan pelayanan yang prima seperti datang ke tempat pelanggan dengan tepat waktu, kemudahan untuk dikontak dan melakukan pemesanan, tidak lupa juga memastikan hasil pekerjaan anda rapih dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Terakhir hindari memberikan saran untuk layanan yang tidak benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan seperti menambah freon padahal tidak ada kebocoran atau mengganti spare part yang masih dapat digunakan.

Promosi Offline dan Online

Tips sukses usaha service AC yang selanjutnya adalah rajin melakukan promosi secara offline maupun online. Seperti yang sempat disinggung diatas bahwa bisnis AC memerlukan promosi untuk mendapatkan pelanggan karena jarang sekali pelanggan datang sendiri ke tempat usaha anda.

Anda dapat melakukan promosi offline dengan menyebarkan flyer atau menempelkan poster ditempat-tempat yang strategis dan berlokasi didaerah perumahan. Selain itu anda juga dapat melakukan promosi secara online melalui sosial media, iklan baris online, membuat blog dan SEO serta masih banyak lagi.

Program Member

Bisnis service AC mempunyai tingkat pembelian berulang yang relatif baik, dimana setiap pelanggan setia dapat menyewa jasa anda setidaknya 1 kali setiap 2-3 bulan entah itu untuk mencuci AC atau menambah freon.

Tingkat retensi pelanggan yang tinggi memastikan usaha service AC anda menghasilkan keuntungan dan menjadi dasar penting pengembangan bisnis anda.

Program member disini berfungsi untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan program member dimana setiap pencucian AC ke 3 kali maka pelanggan akan mendapatkan potongan khusus untuk layanan berikutnya.

Tawarkan Produk Pelengkap

Cross-selling merupakan salah satu metode yang ampuh untuk meningkatkan pendapatan setiap usaha. Hal ini juga berlaku untuk bisnis service AC karena pelanggan setia anda akan lebih mungkin membeli barang atau jasa lain dari Anda.

Salah satu contoh produk pelengkap yang bisa anda tawarkan kepada pelanggan anda seperti penjualan AC second, service elektronik yang lain, jasa vacuum kasur dan sofa, dan masih banyak lagi.

Rekrut Pekerja Yang Terpercaya

Dalam bisnis jasa kunci kesuksesan yang terpenting adalah terdapatnya sumber daya manusia yang mempunyai berkualitas untuk mendukung pertumbuhan usaha anda.

Hal ini juga berlaku terhadap usaha service AC, jika anda sudah mendapatkan pelanggan dalam jumlah cukup banyak cepat atau lambat anda akan membutuhkan bantuan teknisi lain untuk mengerjakan orderan dari pelanggan.

Dalam merekrut pekerja pastikan anda memilih pekerja yang dapat dipercaya, hal ini untuk mencegah adanya penyelewengan dari pekerja yang dapat merugikan anda atau pelanggan anda.

Penutup Artikel Rincian Modal Usaha Service AC

Sebagai usaha yang tengah berkembang usaha service AC mempunyai peluang yang cerah dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Selain itu seperti yang telah kami uraikan dalam rincian modal usaha service AC diatas kebutuhan modal dari bisnis service AC terbilang cukup terjangkau, dengan demikian usaha service AC dapat menjadi pilihan yang baik untuk anda yang ingin memulai usaha jasa.
Sumber : https://idntrepreneur.com/rincian-modal-usaha-service-ac-dan-keuntungannya

Tips Cara Membuka Usaha Service AC Agar Banyak Pelanggan

AC atau air conditioner adalah salah satu barang elektronik yang sangat dibutuhkan saat ini. Apalagi bagi Anda yang tinggal didaerah dengan cuaca panas, maka penggunaan AC tentu akan lebih sering. Dengan banyaknya pengguna AC, juga membuat usaha service AC mulai bermunculan. Usaha service ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada unit AC pelanggan.

Usaha jasa ini juga tergolong banyak peminatnya karena pemakaian AC yang cukup sering memang bisa membuatnya rusak dan membutuhkan service. Apalagi AC tidak hanya digunakan untuk di rumah, banyak perkantoran yang menggunakan AC sebagai bagian dari fasilitas kantor mereka. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa mulai untuk merintis usaha service AC ini. Namun, tentu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dengan matang agar usaha berjalan lancar.
Cara Membuka Usaha Service AC Supaya Laris

Inilah beberapa cara mudah dalam membuka usaha service AC yang bisa Anda lakukan:
1. Menganalisis Lokasi untuk Membuka Service AC yang Tepat

AC adalah mesin pendingin yang bisa membuat suhu ruangan menjadi rendah. Biasanya orang-orang yang tinggal di perkotaan adalah pengguna AC. Khususnya di tempat yang suhunya panas dengan jumlah penduduk yang cukup padat.

Contohnya Kota Jakarta yang jumlah penduduknya sangat banyak yang sebagian besar orangnya adalah orang-orang menengah ke atas. Dengan banyaknya pengguna AC di sana, maka Anda bisa membuka usaha service di wilayah tersebut. Atau pastikan lokasi tempat service Anda berada di wilayah perkotaan dengan jumlah pengguna AC yang juga cukup banyak.

Jika sudah menganalisa lokasi mana yang cocok dijadikan tempat jasa service AC maka Anda bisa langsung mendirikan usaha tersebut. Jasa service ini merupakan jenis usaha jasa yang tidak mewajibkan konsumen datang ke tempat Anda. Tapi Anda yang akan datang ke tempat konsumen.
2. Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan

Seseorang yang memiliki usaha jasa service AC ini tentu harus memiliki peralatan yang akan mendukung pelayanan mereka. Maka persiapkan peralatan tersebut, yang meliputi plastik, bak/ember, motor steam komplit, kunci inggris, gas refrigerant / freon, obeng, dan masih banyak lagi.
3. Mempersiapkan Nomor Kontak yang Bisa Dihubungi

Anda juga harus memiliki nomor kontak yang bisa dihubungi kapan saja selama 24 jam. Hal itu akan memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda. Karena ada juga konsumen yang memerlukan jasa service AC di tengah malam. Mereka mengeluhkan tidak bisa tidur nyenyak karena AC rusak di jam tersebut.
4. Mencari Kenalan Toko Sparepart AC

Ada beberapa kendala perbaikan yang mengharuskan penggantian komponen AC dan harus diganti dengan yang baru. Jika Anda memilih kenalan di Toko Sparepart AC maka Anda memperoleh sparepart itu dengan mudah atau bahkan dengan harga yang relatif murah. Dengan begitu, proses service AC yang Anda lakukan bisa berjalan lebih lancar.
5. Promosikan Usaha Service

Dalam setiap usaha, promosi atau pemasaran adalah hal yang tidak bisa dilewatkan, termasuk untuk usaha service AC. Untuk usaha ini, Anda bisa melakukan metode pemasaran online dan offline. Untuk cara online, ini dilakukan dengan tujuan agar menjangkau calon pengguna jasa dengan lebih luas, yaitu melalui media sosial. Contohnya promosi melalui instagram, facebook, twitter, dan sebagainya.

Sementara itu,, untuk promosi offline bisa Anda lakukan dengan membuat brosur, iklan cetak, baliho, atau banner yang dipasang di berbagai lokasi strategis di kota Anda. Dengan begitu, akan lebih banyak masyarakat yang mengetahui usaha jasa perbaikan AC yang Anda jalankan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuka usaha service AC. Pada dasarnya, usaha jasa ini menjanjikan untuk dijalankan, hanya saja memang dibutuhkan cara dan strategi yang tepat agar bisa laris oleh pelanggan. Dengan berbagai cara ini diharapkan usaha perbaikan AC yang Anda miliki bisa berjalan lebih lancar. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai usaha ini agar persiapan usaha bisa berjalan lebih matang.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber : https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/tips-cara-membuka-usaha-service-ac-agar-banyak-pelanggan

Sebagai usaha yang tengah berkembang usaha service AC mempunyai peluang yang cerah dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Selain itu