Ini Bosku 10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku, Bisa Jadi Inspirasi untuk Tambahan Pemasukan


Merdeka.com - Ada 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan diminati. Seperti diketahui, dengan harga kompetitif serta kualitas beraneka ragam, usaha kuliner memang banyak didominasi. Mulai dari makanan ringan, berat hingga aneka ragam jenis minuman dijual kepada masyarakat.

Selain tengah digemari, usaha kuliner juga tidak membutuhkan modal terlalu besar. Selain itu, usaha ini bisa dilakukan atau dijalankan di rumah. Apalagi saat ini sudah ada teknologi media sosial yang sangat bagus untuk ajang promosi. Dengan tekad dan ide kreatif, usaha kuliner bisa berkembang serta mampu mendatangkan keuntungan yang tak terduga.

Lantas apa saja 10 jenis usaha kuliner yang paling laku? Simak ulasan informasinya berikut ini


10 jenis usaha kuliner yang paling laku pertama adalah jajanan pasar. Jajanan pasar biasanya menjual aneka kue basah. Umumnya jajanan ini akan selalu dicari, khususnya saat pagi dan sore hari.

Di pagi hari, aneka jajanan pasar ini umumnya dikonsumsi untuk sarapan atau bekal bekerja. Sedangkan di sore hari, jajanan pasar dicari sebagai teman minum teh serta bercengkrama usai berkegiatan yang cukup melelahkan.

Jenis usaha kuliner ini tidak menuntut harus membuat semua kue-kue sendiri. Kalian cukup hanya mencari pemasok aneka jajanan pasar tersebut. Yang perlu disiapkan yaitu tempat berjualan dan tentu saja sedikit promosi. Terutama jika tempat usaha berada di lingkungan sekitar tempat tinggal.


10 jenis usaha kuliner yang paling laku kedua adalah healthy snack. Healthy snack yang dimaksud bisa berupa salad sayur, smoothie buah dan sayur, Vietnam spring roll, vegan oat bowl hingga aneka makanan vegan lainnya.

Untuk menjalankan usaha ini, kalian dapat menerapkan sistem pre order atau PO. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran bahan yang digunakan.

Vegetarian telah menjadi gaya hidup kekinian yang banyak dianut oleh masyarakat luas. Baik itu remaja hingga orang dewasa. Selain untuk vegetarian, healthy food juga banyak dicari oleh masyarakat yang tengah berdiet. Terlebih bagi seseorang yang sedang diet menurunkan berat badan, namun tetap ingin ngemil tanpa risiko. Karenanya, usaha kuliner healthy snack sangat cocok untuk dicoba.

Risol merupakan salah satu dari 10 jenis usaha kuliner paling laku yang bisa dicoba. Popularitas risol hingga saat ini belum ada matinya. Seiringnya waktu risol justru semakin banyak variasinya. Dari semula didominasi oleh rasa gurih, kini risol hadir dengan rasa manis seperti risol cokelat.

Cara membuat risol aneka isi juga tergolong mudah. Resepnya pun banyak ditemukan di internet. Dengan peluang pasar yang cukup menjanjikan, tidak ada salahnya kalian mencoba usaha berjualan risol aneka isi.

Gorengan

10 jenis usaha kuliner yang paling laku dengan modal kecil yakni gorengan. Tak bisa dipungkiri, gorengan adalah salah satu kuliner yang paling banyak diburu dan tidak akan ada matinya.

Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi gorengan tidak perlu diragukan lagi. Selain disantap sebagai cemilan, aneka gorengan juga dapat dijadikan lauk pauk. Misalnya tahu isi goreng, tempe mendoan goreng hingga bakwan sayur. Usaha kuliner juga tidak membutuhkan modal yang begitu banyak.

Snack Kering

Snack kering merupakan 10 jenis usaha kuliner yang paling laku berikutnya. Snack yang bisa bersifat tradisional maupun kekinian ini pun sedang marak di pasaran. Target pelanggannya sebagian besar anak-anak muda. Dari berbagai jenis, snack kering berbumbu pedas adalah yang paling banyak dicari dan diminati.

Selain menarik dan punya prospek pasaran yang bagus, kalian juga tidak perlu repot membuatnya sendiri. Cukup dengan mencari pemasok atau bekerja bersama pembuat makanan ringan tersebut. Dengan teknik promosi yang tepat, dijamin snack-snack seperti ini akan segera diserbu pelanggan.

Makanan Ringan


Makanan ringan adalah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia. Makanan-makanan ini tengah digemari oleh masyarakat luas. Selain murah dan mengenyangkan, aneka jajanan ringan ini lezat di lidah. Seperti bakso bakar, sosis bakar, sempol, cilok dan cimol, cireng isi atau cilor.

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Berjualan makanan ringan di rumah bisa menjadi peluang usaha. Terlebih jika banyak anak kecil di sekitaran rumah kalian. Selain itu, usaha ini cocok bagi kalian yang mempunyai modal tidak terlalu banyak alias pas-pasan.

Frozen Food

10 jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini yakni frozen food. Frozen food atau makanan beku seperti nugget, sosis, tempura, dimsum, bakso dan kentang sudah mulai digemari. Berbagai jenis makanan beku ini pun kerap dijadikan lauk maupun camilan sehari-hari. Harga yang ditawarkan bervariasi, dari yang paling murah hingga mahal juga telah tersedia.

Berjualan frozen food juga tidak memerlukan banyak kebutuhan lainnya. Kalian hanya butuh kotak freezer serta lemari es untuk menaruh stok barang. Ditambah dengan beberapa lembar spanduk, pamflet dan promosi melalui media sosial, usaha kuliner ini sudah bisa dijalankan.

Seblak

Seblak termasuk dalam daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Hal ini karena rasanya yang pedas serta tekstur makanan yang unik. Tak heran, seblak banyak digemari oleh anak-anak muda sebagai camilan yang mengenyangkan.

Untuk membuka usaha seblak, kalian tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu juga tidak membutuhkan keahlian memasak ala chef restoran berbintang. Sebab, seblak merupakan camilan yang mudah dibuat. Bahkan bahan-bahan utamanya seperti kerupuk, jamur, sosis, bakso hingga makaroni juga mudah ditemukan.

Minuman Kekinian

Minuman kekinian juga termasuk dalam 10 jenis kuliner yang paling laku saat ini. Minuman seperti es cokelat, thai tea, green tea, red velvet hingga taro masih menjadi incaran banyak orang. Khususnya anak-anak dan remaja.

Untuk membuka usaha minuman kekinian ini, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Tergantung pada pemilihan bahan yang akan digunakan serta harga produk yang dipatok. Sebelum menjalankan usaha, paling penting yakni melakukan analisis lapangan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menentukan standar harga dan kualitas minuman yang akan dijual.


ilustrasi kopi©Unsplash/Nathan Dumlao


Kopi


Minuman kopi adalah 10 jenis usaha kuliner yang paling laku yang terakhir. Minum kopi saat ini seolah sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup anak muda. Tak heran, kedai-kedai kopi sangat banyak ditemui. Menariknya mereka saling menampilkan ciri khas yang unik dan mudah dikenal.

Aneka kreasi kopi juga mulai bermunculan dan berkembang dengan cukup pesat. Mulai dari kopi dengan gula aren, kopi rum, kopi regal hingga kopi buah.

Merdeka.com - Ada 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan diminati. Seperti diketahui, dengan harga kompetitif serta kualitas beraneka ragam, usah