Mengenal Macam-Macam Usaha Yang Ada Di Indonesia

Macam-macam usaha di indonesia sekarang sudah banyak sekali. Saking banyaknya usaha  yang bisa Anda pilih jangan sampai membuat Anda bingung sendiri untuk melakukan usaha yang mana yang baik untuk Anda.

Kadang Anda ingin memulai sebuah usaha namun, Anda tidak tahu usaha model apa yang harus dilakukan. Sebagai gambaran berikut ini kami sajikan beberapa macam informasi mengenai macam-macam usaha yang dapat Anda pilih dan Anda tekuni.
Macam-macam Usaha Berdasarkan Skalanya
Usaha mikro

Usaha mikro merupakan salah satu usaha yang dapat di jalankan secara perorangan atau atau juga badan usaha. Untuk usaha mikro ini memiliki ilai aset lebih dari 50 juta dan tidak lebih dari 300 juta. Contohnya petani yang menggarap lahan, pengrajin mainan anak, industri makanan dan minuman, mebel dan lain sebagainya.
Usaha kecil

Sama halnya dengan usaha mikro namun yang mebedakan adalah nilai aset pemiliknya yaitu 50 juta dan tidak lebih dari 2 miliyar rupiah. Contoh usaha kecil ini adalah petani yang mempunyai lahan dan mempunyai tenaga kerja, peternak ayam yang memiliki tenaga kerja, koperasi skala kecil dan lainnya.
Usaha menengah

Skala lebih besar dari usaha kecil adalah usaha menengah. Usaha dikatakatan menengah karena memang berada di tengah-tengah. Usaha ini diatur oleh badan usaha dan juga bisa dimiliki oleh perorangan. Untuk nilai aset kekayaan dari usaha menengah anatara 500 juta hingga 10 miliar. Contohnya usaha peternakan, perkebunan, usaha grosir baik impor maupun ekspor, jasa trasportasi, taxi, bus dan lian-lain
Usaha besar

Usaha dikatakan besar jika aset kekayaannya lebih dari 10 miliar. Yang digolongkan usaha besar adalah usaha nasional milik negara atau swasta, dan juga usaha asing yang memiliki kegiatan ekonomi di indonesia. Contohnya seperti BUMN, telkom dan lainnya.
Macam-Macam Usaha Berdasarkan Lini Produk
Usaha dengan skala umum

Pada usaha ini anda dapat menjual segala jenis produk, mulai dari makanan, minuman, hingga produk yang diperlukan seperti pakaian, obat, barang elektonik dan lainnya. Karena umum maka usaha ini  beroperasi melanyani kebutuhan umum dengan sekla yang luas. Contohnya usaha kelontong, supermarket.
Usaha single line

Usaha ini merupakan usaha yang hanya menjual 1 jenis barang atau jasa saja dari bergam barang atau jasa yang ada. Misalnya toko peralatan bayi, toko perabot rumah tangga, toko elektronik dan lainnya.
Usaha produk khusus

Usaha jenis ini lebih spesifik lagi dari usaha single line. Karena barabng yang di jual hanya barang tertentu dengan merk tertentu. Misalnya toko sepatu merek adidas atau juga toko kue bronis dan lainnya.
Macam-Macam Usaha Berdasarkan Jangkauan Usaha
Usaha skala distribusi besar

Usaha ini bergerak dibidang barang atau jasa dengan skala ditribusi besar dan begerak dengan lingkaran luas. Bahkan hak ditribusi atas barang dengan merk tertentu. Sehingga seluruh penjualan produk di sebuah kota dibawah naungan anda.

Misalnya usaha PDAM atau sebuah usaha francise pempek yang memiliki skala pemasaran di suatu wilayah kota atau provinsi tertentu.
Agen

Agen dibawah ditribusi besar tetapi diatas pengecer. Biasanya menjual barang dengan skala lebih besar  namun tidak bertanggung jawab pada penjulan suatu wilayah.
Pengecer

Meski dikatakan pengecer jangan anda kira usaha dagang macam ini selalu berarti kelontong. Karena pengecer juga bisa usaha online, supermarket, minimarket.
Dropshiping

Konsep ini berbeda dari konep penjualan yang lain. Karena ketentuan khusus dimana penjual hanya berstatus sebagai agen pemasaran. Kedudukan unik ini memberikan kebebasan untuk menjual tanpa persediaan melainkan dengan hanya berbekal katalog.

Pihak produsen antinya kan melakukan pengiriman barang. Kita tinggal mencari orang yang ingin membeli produk melalui katalog yang diberikan.

Macam-macam usaha di indonesia sekarang sudah banyak sekali. Saking banyaknya usaha yang bisa Anda pilih jangan sampai membuat Anda bingung sendiri