Slebew 10 Peluang Bisnis Rumahan yang Menarik dan Bisa Dilakukan Sendiri

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia bisnis dan ingin terjun langsung di dalamnya, kamu bisa memulainya dengan mencari apa saja peluang bisnis yang cocok dengan dirimu.

Maksud cocok di sini yaitu sesuai dengan hobi atau hal yang kamu sukai. Selain itu, sesuaikan juga dengan keahlian dan modal yang kamu miliki.

Akan percuma jika kamu memilih bidang bisnis tertentu hanya karena trend atau pendapat orang lain saja. Jika kamu tidak memiliki pemahaman mendalam di bidang tersebut, ke depannya kamu bisa mendapat banyak kendala dan masalah.

Inilah Ide Peluang Bisnis Rumahan yang Bisa Dilakukan Sendiri

peluang bisnis rumahan

Jika ini adalah pengalaman pertama kamu dalam berbisnis, sebaiknya kamu memilih jenis peluang bisnis rumahan terlebih dahulu.

Sebagai referensi, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa peluang bisnis berikut ini. Apa sajakah itu? Inilah 10 peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan sendiri.
1. Bisnis kue

Salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa kamu lakukan sendiri yaitu bisnis kue. Tidak seperti bisnis katering atau makanan jadi, bisnis kue jauh lebih simple dan mudah. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak memakan banyak waktu.

Untuk jenis kuenya sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan permintaan pasar. Umumnya, pengusaha kue rumahan menyediakan dua jenis kue, yaitu kue basah dan kue kering. Kedua jenis kue ini biasanya disajikan untuk acara-acara tertentu, seperti hajatan, pernikahan, pengajian, dan yang lainnya.

Selain kue, kamu juga bisa membuat cake sebagai alternatifnya. Beberapa jenis cake yang banyak diburu saat ini, contohnya seperti korean cake, soft cookies, kue ulang tahun, blackforest, dan masih banyak lagi yang lainnya.
2. Bisnis katering makanan

Peluang bisnis rumahan selanjutnya yaitu katering makanan. Untuk membuka bisnis ini, setidaknya kamu harus memiliki keahlian memasak yang mumpuni. Selain itu, kamu juga harus memiliki peralatan memasak yang mendukung.

Berbeda dengan bisnis makanan lainnya, bisnis katering tidak hanya menjual rasa dan harga, tapi juga ketepatan waktu pengantaran.

Segmen konsumen bisnis katering terbilang cukup luas. Selain perorangan, bisnis katering juga menyasar segmen yang lebih luas, seperti katering acara keluarga, katering kantor, pernikahan, atau acara gathering lainnya.

Jika kamu memiliki keterbatasan modal maupun tenaga, kamu bisa memulainya dengan segmen yang lebih sempit, misalnya seperti katering diet atau katering untuk anak sekolah.
3. Menjadi dropshipper

Apabila kamu memiliki keterbatasan modal usaha, maka kamu bisa memulainya dengan menjadi seorang dropshipper.

Peluang bisnis ini cocok untuk kamu yang terbilang aktif di media sosial dan memiliki banyak pengikut. Kamu bisa memanfaatkan platform tersebut sebagai media berpromosi.

Untuk menjadi seorang dropshipper, kamu harus menemukan terlebih dahulu supplier tepercaya. Selain harga, pastikan jika supplier tersebut sudah memahami sistem kerja dropship.

Kelebihan menjadi dropshipper yaitu kamu tidak akan dipusingkan oleh urusan operasional. Karena semua proses mulai dari pengepakan hingga pengiriman, akan dilakukan oleh pihak supplier tersebut.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Dropship dan Cara Menjalankannya.
4. Budidaya ikan cupang

Beberapa tahun terakhir, eksistensi ikan hias memang sedang naik-naiknya. Hal ini membuat banyak orang mulai menggandrungi hobi yang satu ini.

Kondisi ini juga membuat permintaan pada ikan hias terus meningkat. Akibatnya, banyak kolektor dan penyuka ikan hias baru bermunculan.

Bagi kamu yang hobi dengan ikan hias dan sedang mencari peluang bisnis rumahan yang cocok, bisnis budidaya ikan hias adalah pilihan yang tepat. Jenis ikan hias yang cocok bagi pelaku bisnis budidaya rumahan, tentunya adalah ikan cupang.

Selain tidak membutuhkan kolam yang luas, pakan dan perawatan jenis ikan ini juga tergolong mudah. Apalagi, permintaan dan trend ikan cupang sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini.
5. Jasa laundry kiloan

Jika tempat tinggalmu berada di dekat sekitar kampus, maka peluang bisnis rumahan yang cocok untuk kamu jalani adalah jasa laundry kiloan.

Untuk segmen mahasiswa, jenis pakaian yang umum dicuci biasanya kaus, kemeja, jeans, dan celana bahan. Untuk itu, kamu bisa menggunakan mesin cuci laundry biasa.

Agar bisa mendapatkan banyak pelanggan, kamu bisa memberikan penawaran harga yang lebih murah. Berikan juga kupon cuci gratis jika berlangganan. Atau, bisa juga berikan penawaran antar jemput secara gratis.

Baca juga: 17 Barang Harian yang Cepat Laku dan Laris, Cocok untuk Usaha Warung Kecil
6. Usaha menjahit pakaian

peluang bisnis rumahan usaha menjahit pakaian

Peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan sendiri selanjutnya yaitu usaha menjahit. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer setiap orang sehingga sudah pasti dibutuhkan.

Jika kamu memiliki keterampilan di bidang jahit-menjahit, tentu kamu bisa memilih bisnis di bidang ini. Tidak perlu menyewa tempat usaha, kamu bisa membuka jasa ini langsung di rumah saja.

Selain membuat pakaian, kamu juga bisa memberikan layanan lain, seperti mengecilkan pakaian, permak, membetulkan resleting, dan yang lainnya. Saat mendekati hari raya besar, biasanya usaha ini akan ramai dan permintaannya pun meningkat tajam.

Baca Juga: Inilah 10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Besar.
7. Jasa penitipan hewan peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan dan termasuk pecinta hewan seperti kucing dan anjing, kamu bisa menjadikan hal itu sebagai peluang bisnis rumahan.

Kebanyakan, pemilik hewan seperti kucing dan anjing kerap kebingungan ketika harus meninggalkan hewan peliharaan mereka dalam waktu yang cukup lama.

Daripada menitipkannya kepada sembarang orang yang belum tentu bisa merawatnya, maka lebih baik jika menitipkannya ke jasa penitipan hewan peliharaan.

Tidak hanya jasa penitipan hewan, kamu juga bisa mengembangkan bisnis ini dengan layanan lainnya, seperti jasa perawatan hewan, pemandian hewan, jual beli makanan dan aksesori hewan peliharaan, atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan bidang usaha tersebut.
8. Bisnis toko kelontong

Peluang bisnis rumahan lainnya yang juga memiliki potensi besar yaitu membuka toko kelontong. Kamu bisa memanfaatkan bagian depan atau garasi rumah yang tidak terpakai sebagai tempat berjualan.

Sebelum memulai bisnis ini, pastikan jika tidak ada bisnis sejenis di dekat lokasi kamu berjualan, misalnya toko, warung, atau toko retail modern.

Jenis barang yang bisa kamu jual cukup beragam. Untuk awalnya, kamu bisa menyetok berbagai produk kebutuhan rumah tangga, seperti sembako, jajanan, camilan, alat mandi, sabun cuci, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan usaha sebelumnya, modal usaha untuk membuka toko kelontong terbilang cukup besar. Selain untuk membeli barang dagangan, modal tersebut juga digunakan untuk kebutuhan dekorasi dan renovasi, misalnya seperti rak, etalase, rolling door, CCTV untuk keamanan, dan lain-lain.
9. Membuka kedai kopi

Selain toko kelontong, kamu juga bisa memanfaatkan bagian depan rumah atau garasi yang tidak terpakai dengan mengubahnya menjadi kedai kopi. Namun, untuk membuka bisnis ini kamu harus memiliki pemahaman lebih di bidang perkopian. Selain itu, perlengkapan pendukung untuk membuat kopi juga terbilang cukup mahal.

Untuk promosi dan pemasaran, kamu bisa bekerja sama dengan platform pengiriman makanan online. Sebagai permulaan, kamu bisa memberikan promosi dan potongan harga terlebih dahulu.

Baca Juga: Apa Itu Toko Kelontong? Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya.
10. Membuka usaha pertamini

Peluang bisnis rumahan selanjutnya yaitu membuka usaha pertamini. Sebelum kamu memutuskan membuka usaha ini, pastikan jika lokasi kamu berjualan berada di jalan yang ramai dan dilalui banyak kendaraan roda dua.

Cek juga apakah ada pengisian BBM di dekat area tersebut. Modal untuk membuka usaha ini memang tidak terlalu besar, hanya saja kamu harus standby untuk menjaganya.

Itulah 10 peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan sendiri. Untuk bisa menemukan peluang bisnis yang cocok dan sesuai, kamu bisa menyesuaikan pilihan dengan kemampuan dan modal yang kamu miliki.

Jika kamu ingin memulai bisnis rumahan tanpa perlu memikirkan tempat berjualan, kamu bisa bergabung dengan Mitra Bukalapak. Di sini, kamu juga bisa memulai bisnis sebagai agen grosir, agen PPOB, agen ekspedisi, dan yang lainnya. Memulai peluang bisnis rumahan pun jadi semakin mudah.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia bisnis dan ingin terjun langsung di dalamnya, kamu bisa memulainya dengan mencari apa saja peluang bisnis yang co