OBLO.CO.ID - 5 Peluang Usaha Bidang Jasa yang Semakin Diminati

Usaha bidang jasa merupakan sebuah bisnis yang menggunakan tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu, yang mana Anda akan di bayar sesuai dengan jasa yang telah diberikan. Usaha sektor jasa dewasa ini telah mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Seiring meningkatnya kesejahteraan masyarakat, maka konsumsi akan barang-barang selain kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian dan perumahan juga makin meningkat. Apabila melihat perkembangan usaha bidang jasa akhir-akhir ini, maka bisa disimpulkan bahwa usaha bidang jasa memiliki prospek yang menjanjikan.

Apabila ingin sukses menjalankan bisnis di bidang jasa, sebaiknya Anda harus jeli melihat trend yang ada di masyarakat. Karena tentunya akan berbeda keperluannya antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Jangan lupa gunakan aplikasi laporan keuangan dan manfaatkan fitur aplikasi pembukuan untuk mempermudah usaha.

Saat ini, ada beberapa jenis usaha jasa yang apabila dikembangkan dengan serius akan mendatangkan penghasilan besar. Berikut adalah 5 jenis usaha jasa yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu peluang usaha tersebut:

1. Jasa Perbaikan Komputer

Sekarang ini, laptop atau komputer menjadi barang yang sangat penting dan menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki setiap orang. Hal ini karena komputer ataupun laptop telah dipakai oleh semua instansi, seperti sekolah, lembaga pemerintah, perusahaan, sampai lembaga non-formal.

Namun sebagian besar dari mereka hanya bisa menggunakan saja, sehingga apabila terjadi kerusakan, mereka tidak dapat memperbaikinya sendiri. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Anda dapat membuka jasa perbaikan komputer, karena peluang bisnis ini mempunyai prospek yang bagus.

2. Jasa Perbaikan Kendaraan Bermotor

Saat ini usaha yang bergerak di bidang otomotif pasti cepat berkembang seiring dengan pertumbuhan kendaraan bermotor yang pesat.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh badan pusat statistik, angka penjualan kendaraan bermotor menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan beberapa tahun belakangan ini. Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang otomotif, Anda dapat menggunakan kesempatan emas ini untuk membuka bengkel reparasi kendaraan bermotor. Tentukan juga lokasi yang strategis yaitu dipinggir jalan yang ramai dilalui oleh motor dan mobil.

3. Jasa Kursus Keterampilan

Jasa kursus keterampilan kelihatannya seperti sebuah usaha yang sederhana, namun kursus jenis ini memiliki cukup banyak peminat, terbukti dengan menjamurnya kursus keterampilan di kota-kota besar. Apabila Anda memiliki keterampilan dalam menjahit, Anda dapat membuka usaha kursus menjahit. Kursus menjahit saat ini banyak diminati oleh para ibu rumah tangga yang ingin meningkatkan kemampuan menjahitnya atau ingin membuka usaha sebagai penjahit. Kemampuan menjahit merupakan kemampuan yang akan terus dibutuhkan selama manusia masih menggunakan pakaian, sehingga kursus menjahit bisa menjadi salah satu jenis usaha yang patut dicoba. Selain kursus menjahit, masih ada banyak lagi kursus keterampilan lainnya, seperti kursus memasak, menyanyi, menggambar dll.

4. Bisnis Jasa Event Organizer

Event organizer merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa penyelenggaraan suatu kegiatan atau acara. Meliputi, pembukaan kantor baru, festival musik, peluncuran produk baru dll. Kebutuhan akan jasa event organizer dewasa ini meningkat sedemikian pesat, terbukti dengan banyak bermunculannya jasa event organizer dan hampir semua acara terutama di perkotaan membutuhkan jasa ini. Bagi Anda yang mempunyai jiwa kreatifitas yang tinggi dan menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan kegiatan, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini.

5. Bisnis Jasa Fotografi

Bisnis fotografi mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan berkembangnya dunia digital. Jika Anda mempunyai hobi mengoleksi foto-foto dari hasil jepretan kamera, hobi tersebut dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Karena banyak institusi sampai dengan event atau acara-acara tertentu yang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk kebutuhan dokumentasi, maupun promosi. Anda bisa bekerja sama atau bahkan diminta oleh sebuah brand restoran untuk mengambil gambar dari menu makanan baru mereka, atau bisa jadi, sebuah travel agent akan membayar tiket perjalanan Anda keluar negeri asalkan Anda mengirimkan foto-foto untuk kebutuhan promosi mereka.

Itulah 5 peluang usaha jasa yang paling diminati untuk saat ini. Dalam menjalankan usaha yang bergerak di bidang jasa, pelayanan yang baik dan memuaskan merupakan faktor penting yang dapat membuat usaha semakin maju dan berkembang pesat. Lihat juga bagaimana aplikasi akuntansi seperti misalnya aplikasi Jurnal mempermudah pekerjaan bisnis Anda.

Ketika pelayanan jasa yang anda berikan memuaskan maka kemungkinan besar konsumen akan menggunakan jasa anda kembali, akan tetapi ketika pelayanan jasa yang anda berikan kurang memuaskan maka konsumen tidak akan menggunakan jasa anda kembali. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. 

Sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/contoh-kegiatan-usaha-dibidang-jasa-yaitu-adalah/

 

Usaha bidang jasa merupakan sebuah bisnis yang menggunakan tenaga, ilmu dan juga keahlian dalam bidang tertentu, yang mana Anda akan di bayar sesuai d