Terbukti 8 Tips Sukses Memulai Usaha Jajanan Pasar Tradisional. Pasti Untung!


Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata ‘jajanan pasar’? Pasti langsung terpikirkan jajanan murah dan enak, bukan?

Sobat BFI, tahukah Anda jika jajanan pasar tradisional dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan? Terlebih, modal yang dibutuhkan tidak harus banyak. Peminatnya pun dari berbagai lapisan masyarakat.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis dengan modal rendah, artikel berikut ini sangat cocok untuk Anda! yuk, kenali apa itu jajanan pasar tradisional dan tips sukses memulai usahanya di artikel berikut.

Apa Itu Jajanan Pasar Tradisional
Ragam Jenis Jajanan Pasar Tradisional
Surabi
Kue Pancong
Donat Kentang
Kelebihan Jajanan Pasar Tradisional
1. Modal Terjangkau
2. Mudah Dikembangkan
3. Tidak Pernah Sepi Peminat
8. Tips Sukses Usaha Jajanan Pasar Tradisional
1. Melakukan Analisa Pasar
2. Target Konsumen
3. Menentukan Modal Usaha
4. Menggunakan Bahan Baku Berkualitas
5. Inovasi
6. Pilih Lokasi Strategis
7. Sistem Promosi yang Terencana
8. Pelayanan yang Ramah dan Sopan
Melakukan Pembukuan
Estimasi Modal Awal Usaha Jajanan Pasar
Modal Untuk Peralatan
Modal Untuk Bahan Baku
Estimasi Keuntungan yang Diperoleh
Cara Alternatif Memperoleh Modal Usaha

Apa Itu Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan pasar tradisional merupakan jenis makanan yang sudah lama ada di Indonesia. Kudapan yang satu ini memiliki segmen pasar yang luas. Mulai dari individu, bisnis, sampai dengan kelompok untuk acara tertentu. Dari berbagai kalangan dengan rentan usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa maupun lansia, semua bisa menikmati ragam variasi jajanan pasar. Apalagi harganya yang terjangkau, membuat makanan yang satu ini rasanya tidak pernah hilang dari pasaran.

Peluang bisnisnya pun sangat menjanjikan. Jajanan pasar tradisional kerap dijadikan sajian atau suguhan wajib untuk berbagai acara. Contohnya yaitu meeting, arisan, kajian, seminar, dan masih banyak lagi. Hal ini semakin menekankan sebuah fakta bahwa kebutuhan akan jajanan pasar tidak bisa diremehkan.
Ragam Jenis Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan pasar tradisional memiliki ragam jenis dan varian yang beragam. Mulai dari kue tradisional, jajanan pasar kekinian, sampai dengan makanan ringan dengan beragam bentuk dan rasa. Berikut ini beberapa jajanan pasar populer yang dapat Anda coba, lengkap dengan resep dan cara membuatnya.
Surabi

Jajanan Pasar

Image Source: infobdg.com

Bahan Pembuatan Surabi

250 gr tepung terigu

1 butir telur

1 gelas santan kental

1 sdm ragi instan

1/2 sdm baking powder

Garam secukupnya

500 gr santan

150 gr gula merah

2 lembar daun pandan

Garam secukupnya

Cara Membuat Surabi

Campur semua bahan, adonkan lalu diamkan selama 30 menit.

Panaskan cetakan lalu masukkan adonan, tunggu matang hingga muncul gelembung di bagian atas dan warna kecokelatan di bagian bawah.

Buat kuah dengan mencampur semua bahan kuah lalu aduk santan agar tak pecah, angkat setelah mendidih.

Sajikan surabi dengan kuahnya.

Kue Pancong

Jajanan Pasar

Image Source: Jessica Bakery

Kue Pancong merupakan jajanan pasar tradisional yang cukup populer. Jika Anda tertarik untuk coba menjualnya, resep di bawah ini bisa menjadi panduan Anda.

Bahan Pembuatan Kue Pancong

125 gr tepung terigu

2 butir telur

100 gr gula pasir

150 ml santan

50 gr margarin

1 sdt baking powder

1/2 sdt soda kue

1 sdt garam

1/2 sdt ragi

Meses, keju, dan susu kental manis untuk topping

Cara Membuat Kue Pancong

Panaskan dulu santan dan lelehkan margarin

Kocok telur dan gula sampai mengembang berjejak.

Campurkan tepung, soda kue, baking powder, ragi dan vanilla. Kemudian masukkan margarin leleh dan santan secara berurutan.

Kocok dengan mixer kecepatan kecil, lalu diamkan 30 menit.

Panaskan loyang, olesi mentega dan masukkan adonan, Setelah terlihat matang, angkat.

Sajikan bersama topping sesuai selera

Donat Kentang

Jajanan Pasar

Image Source: Kumparan

Bahan Pembuatan Donat Kentang

500 gram tepung terigu

50 gram susu bubuk

11 gram ragi

4 butir kuning telur

200 gram kentang

100 gram gula pasir

75 gram margarine

Air secukupnya

Garam secukupnya

Gula halus dan meses coklat

Cara Pembuatan Donat Kentang

Campur tepung, gula, susu, kentang, dan ragi. Aduk dengan mixer dan tambahkan air sedikit demi sedikit.

Tambahkan telur, margarin, dan garam.

Masukkan adonan ke wadah yg sudah dioles mentega dan tepung, tutup dengan kain lap basah dan diamkan 30 menit.

Jika adonan sudah terlihat mengembang, bentuk adonan menjadi bulat. Diamkan selama 15 menit.

Goreng donat dengan api sedang hingga kelihatan kecokelatan.

Sajikan donat dengan gula halus atau mentega dan meses.

Contoh Jajanan Pasar Lainnya dengan harga murah, bisa dijual mulai Seribuan!

Pisang Coklat/Pisang Aroma

Kue Lapis

Arem-arem

Jenang

Mendut

Kue Putu

Pie Susu

Onde-onde

Aneka Gorengan (Bala-bala, Mendoan, Tahu Isi Pedas, dan lain-lain)

Lumpia

Nagasari

Kelebihan Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan pasar memiliki kelebihannya tersendiri. Berikut 3 kelebihan jajanan pasar yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuka usaha yang satu ini.
1. Modal Terjangkau

Dalam pembuatan jajanan pasar tidak dibutuhkan modal yang banyak, bergantung dari jenis kue pasar yang Anda pilih. Umumnya, Anda hanya memerlukan modal berkisar Rp1 juta untuk membuat beberapa jenis kue pasar.

Modal tersebut sudah bisa mengcover kebutuhan lainnya seperti alat masak dan kemasan.
2. Mudah Dikembangkan

Beberapa dari kita saat mendengar kata ‘jajanan pasar’ akan langsung teringat ‘kue tradisional’. Hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun, perlu kita ketahui bahwasannya jajanan pasar tidak hanya terdiri dari kue tradisonal saja, ada banyak ragam jenisnya.

Secara teknis, cemilan murah yang dijual di pasaran, baik itu dijual secara satuan atau pun per-kotak sudah bisa dikatakan sebagai jajanan pasar.
3. Tidak Pernah Sepi Peminat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jajanan pasar sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Beragam kegiatan kerap kali melibatkan kudapan yang satu ini sebagai pelengkap. Baik itu untuk pembuka maupun penutup. Tak ayal, keberadaan jajanan pasar dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk mengetahui tips sukses membuka usaha jajanan pasar dapat kita lihat melalui uraian di bawah ini.
8 Tips Sukses Usaha Jajanan Pasar Tradisional

Tertarik untuk memulai usaha jajanan pasar? 8 tips berikut ini patut Anda terapkan demi kelancaran usaha Anda.
1. Melakukan Analisa Pasar

Memulai usaha dapat dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, kita dituntut  untuk peka terhadap kondisi sekitar, termasuk memahami selera pasar..

Hal ini sangat penting untuk diperhitungkan karena tanpa adanya analisa pasar, besar kemungkinan bisnis yang kita jalani tidak bertahan lama, atau justru kita jadi kerepotan di tengah jalan. Usahakan untuk melakukan analisa pasar melalui riset pasar sedini mungkin sebelum benar-benar memulainya.
2. Target Konsumen

Setelah mengetahui selera pasar, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan jajanan pasar apa yang hendak dijual dan menargetkan konsumen, untuk siapa makanan tersebut dijual. Hal ini penting sebab nantinya bisa mempengaruhi kreasi yang kita buat. Tidak kalah penting, Anda juga perlu mencari tahu tentang kompetitor agar Anda selalu update dengan kebutuhan konsumen saat ini.
3. Menentukan Modal Usaha

Modal usaha menjadi salah satu tolak ukur yang penting diperhitungkan. Tanpa adanya modal, usahakan tidak akan berjalan. Tentukan modal sesuai dengan perencanaan usaha
4. Menggunakan Bahan Baku Berkualitas

Setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda. Enak atau tidaknya suatu makanan merupakan hal yang subjektif. Meskipun begitu, indra pengecap kita tetap bisa mendeteksi kualitas bahan dari suatu makanan, apakah makanan tersebut masih fresh atau sudah lama. Oleh karenanya, pastikan untuk membuat jajanan pasar dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas serta higienis.
5. Inovasi

Berinovasi dengan cara memodifikasi jajanan pasar dapat menjadi nilai plus untuk usaha kita. Hal ini dapat menjadi ciri khas atau keunikan tersendiri pada usaha milik Anda. Contohnya yaitu dengan cara mengubah bentuk, varian, maupun kemasan menjadi lebih menarik.
6. Pilih Lokasi Strategis

Sudah menentukan jajanan pasar apa yang akan dijual dan siapa target konsumennya? Selanjutnya Anda perlu menentukan lokasi! Pilihlah lokasi yang sesuai dengan keberadaan target konsumen. Sebagai contoh, jika Anda menargetkan karyawan kantor, Anda dapat membuka kios di area perkantoran.

Tidak hanya membuka kios, Anda juga bisa mulai menjajakannya di pasar kaget, pasar, dtitipkan ke kios maupun toko, atau pun berjualan dengan gerobak.
7. Sistem Promosi yang Terencana

Mempromosikan produk yang kita miliki pada awal peluncurannya sangatlah penting guna memperkenalkan jajanan pasar yang kita jual. Untuk awal pembukaan, Anda dapat menawarkan promosi berupa diskon harga jajanan pasar atau pun memberikan bonus seperi beli 5 gratis 1.

Selain itu, ke depannya Anda juga dapat menerapkan strategi promosi tertentu seperti sistem pre-order, terima pesanan paket, snack box, dan memanfaatkan sosial media.
8. Pelayanan yang Ramah dan Sopan

Menerapkan pelayanan yang ramah dan sopan merupakan salah satu kunci kesuksesan suatu bisnis. Sebab, perlakuan yang baik dapat membuat konsumen merasa nyaman dan memungkinkan mereka untuk kembali membeli produk jajanan pasar milik kita.
Melakukan Pembukuan

Sudah seyogyanya kita melakukan pembukuan, yaitu mencatatat secara terperinci pengeluaran serta pemasukan yang ada dari usaha kita. Hal ini tidak hanya penting untuk melihat laba yang diperoleh, namun kita juga dapat memperhitungkan cost mana yang bisa dipangkas untuk memaksimalkan budget yang ada.
Estimasi Modal Awal Usaha Jajanan Pasar

Bila Anda merasa tertarik untuk menerapkan ide usaha ini, ada baiknya Anda mengetahui estimasi modal yang perlu dikeluarkan seperti di bawah ini.
Modal Untuk Peralatan

Wadah nampan Rp200.000
Serbet Rp50.000
Toples atau wadah kue Rp150.000
Biaya sewa tempat selama 1 tahun Rp4.000.000
Banner Rp100.000
Meja jualan Rp300.000

Total Rp4.800.000 (harga yang tertera merupakan hitungan kasar, harga sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung dari lokasi serta kebutuhan)
Modal Untuk Bahan Baku

Bahan baku kue dan lainnya Rp500.000
Sabun cuci Rp20.000
Air dan listrik Rp100.000
Biaya lainnya Rp100.000

Total Rp720.000 (harga yang tertera merupakan hitungan kasar, harga sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung dari lokasi serta kebutuhan)
Estimasi Keuntungan yang Diperoleh

Untuk mengetahui estimasi keuntungan yang ada, dapat kita hitung dengan cara sebagai berikut.

Asumsikan harga satuan jajanan pasar Rp1000

Per-harinya berhasil menjual 300 pcs

Maka, omset yang berhasil diperoleh dalam waktu 30 hari atau sebulan adalah Rp1000 x 300 x 30 = Rp9.000.000

Sedangkan untuk menghitung keuntungan bersih caranya adalah omset dikurangi dengan biaya operasional, perhitungannya sebagi berikut:

Rp9.000.000 – Rp.5.525.000 = Rp3.475.000
Jadi, total keuntungan bersih yang didapatkan yaitu Rp3 juta lebih.
Cara Alternatif Memperoleh Modal Usaha

Butuh modal usaha cepat? BFI Finance siap membantu Anda!


Jajanan pasar merupakan jenis santapan yang seringkali dicari oleh banyak orang untuk disajikan dalam sebuah acara.

Aneka jajanan seperti kue tradisional, makanan ringan, dan kue jajanan pasar kekinian, sudah banyak yang menjualnya dengan berbagai macam bentuk dan rasa yang unik.

atur keuangan usaha

Jika Juragan tertarik juga untuk menjualnya, yuk simak pembahasan ini sampai habis!

Ide Usaha Jajanan Pasar
Potensi Usaha Jajan Pasar Kekinian
Tips Menjajakan Jajan Pasar Agar Laku Keras
1. Kualitas
2. Ciri Khas
3. Pelayanan Terhadap Konsumen
4. Ciptakan Sesuatu yang Baru
Tips Menjalankan Usaha Jajanan Pasar Bagi Pemula
1. Eksplor Referensi
2. Riset Kompetitor
3. Tentukan Target Konsumen
4. Modifikasi Kue
5. Lakukan Promosi
6.  Buka Pre-Order
7. Pembukuan Laporan Keuangan

Apakah Juragan salah satu orang yang berpikir bahwa jajanan pasar itu berbentuk kue basah yang berwarna-warni?

Jika ya, sebenarnya nggak salah sih.

Tapi ada juga loh aneka jajanan kue pasar yang bentuknya unik dan tampilannya sangat kekinian sehingga terlihat seperti bukan jajanan kue pasar pada umumnya.

Hal yang membuat kue tradisional terlihat kekinian, tentu saja karena bahannya yang premium dan cara menghias tampilan kuenya.

Sayangnya, kebanyakan orang yang membuat kue jaman sekarang, terlalu terpaku dengan bentuk yang telah ada sedari dulu.

Sebenarnya nggak jadi masalah, hanya saja jika Juragan menciptakan suatu hal yang baru dijamin usaha jualan Juragan akan lebih banyak perhatian dari calon pelanggan.

atur keuangan usaha

Nah, jika Juragan baru pertama kali membuka usaha dan ingin berjualan aneka jajanan kekinian dan tradisional.

Ada baiknya untuk mempersiapkan pencatatan penjualan seperti catatan uang keluar, uang pemasukan atau keuntungan penjualan.

Daripada ribet mencatatnya di buku catatan, sekarang ada aplikasi yang namanya BukuWarung.

Jadi, BukuWarung adalah aplikasi pencatatan keuangan untuk usaha seperti UMKM.

Seperti yang diketahui bahwa setiap bisnis pasti membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui informasi mengenai keuntungan, kinerja keuangan dan hal lain sebagainya.

Maka dari itu, BukuWarung adalah solusi yang tepat bagi usaha bisnis Juragan!
Potensi Usaha Jajan Pasar Kekinian

Tahukah Juragan, bahwa jajanan pasar merupakan santapan tradisional tertua di dalam sejarah Indonesia?

Artinya, kue jajanan pasar ini sudah terkenal dari dahulu dan bisa bertahan sampai sekarang dengan mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan zaman yang semakin modern, membuat jajanan kue pasar semakin yang diciptakan oleh para penggemar masak.

Salah satunya adalah Chef Ragil dari Nusa Gastronomi, dia berhasil mengubah kue klepon menjadi dessert yang sangat cantik.

Tanpa mengurangi ciri khas rasa klepon, Chef Ragil berhasil membuat takjub banyak orang.

Hal tersebutlah yang menjadi bukti, bahwa jajanan pasar akan selalu menjadi santapan potensial yang tak mengenal waktu.

Ditambah lagi masyarakat Indonesia yang masih kental dengan budaya zaman dahulu.

Masyarakat seperti nggak mau meninggalkan makanan ciri khas tradisional ini.

Walaupun banyak chef atau pembuat kue banyak menyulap kue jajanan tradisional menjadi lebih modern, namun citra rasa dan bahan utama nggak pernah terlupakan.

Hanya saja bentuk dan tampilannya lebih menarik dan rasanya lebih enak.
Tips Menjajakan Jajan Pasar Agar Laku Keras

Agar jajanan pasar Juragan laku keras di kalangan masyarakat, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Kualitas

Kualitas jajanan kue pasar dapat diukur dari rasa, tampilan, aroma, tekstur, bahkan kemasan.

Maka dari itu, agar usaha Juragan dapat bersaing dengan kompetitor, berikanlah kualitas terbaik.
2. Ciri Khas

Setiap bisnis makanan seharusnya mempunyai ciri khas yang membedakan dari kompetitor lain.

Pada dasarnya, target konsumen usaha Juragan pasti akan melakukan perbandingan dari segala aspek.
3. Pelayanan Terhadap Konsumen

Salah satu citra usaha bisnis jajanan pasar akan dinilai berdasarkan bagaimana Juragan memperlakukan konsumen.

Ingat, tanpa adanya konsumen usaha Juragan nggak akan bisa sukses.

Maka berikanlah pelayanan terbaik, jangan sampai mengecewakan konsumen yang sudah menaruh kepercayaannya terhadap usaha bisnis Juragan!
4. Ciptakan Sesuatu yang Baru

Tantangan berjualan diantaranya adalah menciptakan sesuatu hal yang baru.

Bukan hanya tentang tampilan atau bentuk jajanan kue pasarnya saja.

Namun cobalah sesekali berikan diskon, bonus, atau giveaway agar konsumen selalu melirik usaha Juragan!

Merintis usaha bisnis bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi kalau Juragan nggak mengikuti zaman yang sudah modern ini.

Bukannya menyalahkan usaha yang masih konvensional, tetapi jika usaha bisnis Juragan ingin dikenal banyak orang cobalah untuk memanfaatkan media sosial dan aplikasi modern.

Dengan begitu, semuanya akan berjalan lebih mudah.

Yuk, mulai usaha!
Tips Menjalankan Usaha Jajanan Pasar Bagi Pemula

Usaha jajanan kue pasar adalah ide bisnis yang nggak akan pernah mati lho.

Pasalnya semua orang di Indonesia, rata-rata membutuhkan jenis makanan ini ketika mengadakan suatu acara atau sebagian cemilan harian.

Berikut kami berikan tips usaha jajanan kue pasar bagi pemula :
1. Eksplor Referensi

Cobalah untuk eksplor berbagai macam kue jajanan khas Nusantara di banyak platform, seperti Blog, Youtube, Instagram atau Pinterest.

Di platform tersebut Juragan bisa menemukan banyak referensi berbagai kue kekinian maupun tradisional.

Kalau sudah menemukan satu ide kue yang menurut Juragan menarik, carilah bahan dasarnya di internet, lalu cobalah membuatnya.
2. Riset Kompetitor

Setelah Juragan eksplor referensi untuk ide jajanan kue pasar, ketahuilah siapa saja kompetitornya.

Hal ini penting dalam dunia bisnis, salah satunya untuk memperkirakan harga, jenis kue, dan ide marketing.

Juragan bisa lihat apa yang menjadi keunikan dari si kompetitor, sehingga bisa diambil untuk ide bisnis jajanan kue Juragan.

Satu yang perlu diingat, riset kompetitor bukan untuk menjiplak atau mengikuti semua hal tentang bisnis mereka, namun Juragan jadikan kompetitor sebagai inovasi agar lebih baik.
3. Tentukan Target Konsumen

Penting bagi Juragan untuk mengetahui siapa saja target konsumen.

Dengan memastikannya, Juragan bisa kreasikan kue jajanan sesuai dengan target pasar.

Misal, target konsumen Juragan adalah ibu-ibu muda, maka hal yang harus Juragan lakukan adalah mengkreasikan jajanan kue dengan bentuk yang lebih kreatif dan kekinian.

Biasanya mereka menyukai sesuatu yang unik, Juragan bisa menambahkan kreasi melalui kemasan dengan copywriting atau tulisan  yang lebih santai.
4. Modifikasi Kue

Kue tradisional yang ada dipasaran, kebanyakan memiliki rasa yang sama.

Agar kue Juragan beda dari yang lain, cobalah modifikasi dengan  cara memilih bahan yang lebih premium, maka rasa jajanan kue pasar akan jauh lebih enak.

Jika bahannya yang lebih premium, Juragan bisa menaikkan harganya sesuai kualitas, bahan dan rasa.

Sekali lagi, hal ini tergantung dengan target konsumen Juragan ya!
5. Lakukan Promosi

Kalau target bisnis Juragan adalah ibu-ibu muda alias kaum milenial, cobalah lakukan pemasaran melalui media sosial.

Sekarang, kebanyakan ibu muda seringkali menggunakan Facebook, Instagram, bahkan TikTok untuk mencari kue jajanan pasar.

Gunakan media sosial sebaik mungkin, lakukan dengan cara mengambil gambar kue yang terlihat berkualitas dan enak.

Jangan lupa pakai jasa photographer atau videographer untuk mendukung bisnis Juragan.
6.  Buka Pre-Order

Pre-order atau PO merupakan sistem penjualan yang sangat efektif, hal ini membantu Juragan ketika kehabisan stok bahan setiap hari.

Selain itu, sistem Pre-Order menciptakan kesan eksklusif dan memperkecil kerugian produk.

Nah, di aplikasi BukuWarung Juragan bisa menggunakan pengingat pencatatan ketika waktunya pembayaran untuk DP atau Pelunasan.
7. Pembukuan Laporan Keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Juragan harus mempunyai catatan transaksi dalam berbisnis.

Apalagi jika usaha ini merupakan bisnis pertama Juragan.

Dengan menggunakan BukuWarung, kami yakin usaha Juragan akan lebih terorganisir.

Selain efektif dalam masalah laporan keuangan, BukuWarung juga dapat membantu strategi bisnis Juragan.

Nah, kira-kira setelah baca tips diatas, Juragan udah tertarik belum untuk jualan jajanan pasar?

Untuk membantu Juragan dalam pembukuan harian usaha, yuk segera download aplikasi BukuWarung sekarang juga!






Merdeka.com - Ada 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan diminati. Seperti diketahui, dengan harga kompetitif serta kualitas beraneka ragam, usaha kuliner memang banyak didominasi. Mulai dari makanan ringan, berat hingga aneka ragam jenis minuman dijual kepada masyarakat.

Selain tengah digemari, usaha kuliner juga tidak membutuhkan modal terlalu besar. Selain itu, usaha ini bisa dilakukan atau dijalankan di rumah. Apalagi saat ini sudah ada teknologi media sosial yang sangat bagus untuk ajang promosi. Dengan tekad dan ide kreatif, usaha kuliner bisa berkembang serta mampu mendatangkan keuntungan yang tak terduga.

taboola mid article

Lantas apa saja 10 jenis usaha kuliner yang paling laku? Simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 6 halaman
Jajanan Pasar

10 jenis usaha kuliner yang paling laku pertama adalah jajanan pasar. Jajanan pasar biasanya menjual aneka kue basah. Umumnya jajanan ini akan selalu dicari, khususnya saat pagi dan sore hari.

Di pagi hari, aneka jajanan pasar ini umumnya dikonsumsi untuk sarapan atau bekal bekerja. Sedangkan di sore hari, jajanan pasar dicari sebagai teman minum teh serta bercengkrama usai berkegiatan yang cukup melelahkan.

Jenis usaha kuliner ini tidak menuntut harus membuat semua kue-kue sendiri. Kalian cukup hanya mencari pemasok aneka jajanan pasar tersebut. Yang perlu disiapkan yaitu tempat berjualan dan tentu saja sedikit promosi. Terutama jika tempat usaha berada di lingkungan sekitar tempat tinggal.

spring roll

©2020 Merdeka.com

Healthy Snack


10 jenis usaha kuliner yang paling laku kedua adalah healthy snack. Healthy snack yang dimaksud bisa berupa salad sayur, smoothie buah dan sayur, Vietnam spring roll, vegan oat bowl hingga aneka makanan vegan lainnya.

Untuk menjalankan usaha ini, kalian dapat menerapkan sistem pre order atau PO. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran bahan yang digunakan.

Vegetarian telah menjadi gaya hidup kekinian yang banyak dianut oleh masyarakat luas. Baik itu remaja hingga orang dewasa. Selain untuk vegetarian, healthy food juga banyak dicari oleh masyarakat yang tengah berdiet. Terlebih bagi seseorang yang sedang diet menurunkan berat badan, namun tetap ingin ngemil tanpa risiko. Karenanya, usaha kuliner healthy snack sangat cocok untuk dicoba.

3 dari 6 halaman
Risol Aneka Isi

Risol merupakan salah satu dari 10 jenis usaha kuliner paling laku yang bisa dicoba. Popularitas risol hingga saat ini belum ada matinya. Seiringnya waktu risol justru semakin banyak variasinya. Dari semula didominasi oleh rasa gurih, kini risol hadir dengan rasa manis seperti risol cokelat.

Cara membuat risol aneka isi juga tergolong mudah. Resepnya pun banyak ditemukan di internet. Dengan peluang pasar yang cukup menjanjikan, tidak ada salahnya kalian mencoba usaha berjualan risol aneka isi.


001 tantri setyorini©Wikimedia Commons/Sakurai Midori


Gorengan


10 jenis usaha kuliner yang paling laku dengan modal kecil yakni gorengan. Tak bisa dipungkiri, gorengan adalah salah satu kuliner yang paling banyak diburu dan tidak akan ada matinya.

Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi gorengan tidak perlu diragukan lagi. Selain disantap sebagai cemilan, aneka gorengan juga dapat dijadikan lauk pauk. Misalnya tahu isi goreng, tempe mendoan goreng hingga bakwan sayur. Usaha kuliner juga tidak membutuhkan modal yang begitu banyak.

4 dari 6 halaman
Snack Kering

Snack kering merupakan 10 jenis usaha kuliner yang paling laku berikutnya. Snack yang bisa bersifat tradisional maupun kekinian ini pun sedang marak di pasaran. Target pelanggannya sebagian besar anak-anak muda. Dari berbagai jenis, snack kering berbumbu pedas adalah yang paling banyak dicari dan diminati.

Selain menarik dan punya prospek pasaran yang bagus, kalian juga tidak perlu repot membuatnya sendiri. Cukup dengan mencari pemasok atau bekerja bersama pembuat makanan ringan tersebut. Dengan teknik promosi yang tepat, dijamin snack-snack seperti ini akan segera diserbu pelanggan.


ilustrasi bakso bakar©Tantri Setyorini


Makanan Ringan


Makanan ringan adalah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia. Makanan-makanan ini tengah digemari oleh masyarakat luas. Selain murah dan mengenyangkan, aneka jajanan ringan ini lezat di lidah. Seperti bakso bakar, sosis bakar, sempol, cilok dan cimol, cireng isi atau cilor.

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Berjualan makanan ringan di rumah bisa menjadi peluang usaha. Terlebih jika banyak anak kecil di sekitaran rumah kalian. Selain itu, usaha ini cocok bagi kalian yang mempunyai modal tidak terlalu banyak alias pas-pasan.

5 dari 6 halaman
Frozen Food

10 jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini yakni frozen food. Frozen food atau makanan beku seperti nugget, sosis, tempura, dimsum, bakso dan kentang sudah mulai digemari. Berbagai jenis makanan beku ini pun kerap dijadikan lauk maupun camilan sehari-hari. Harga yang ditawarkan bervariasi, dari yang paling murah hingga mahal juga telah tersedia.

Berjualan frozen food juga tidak memerlukan banyak kebutuhan lainnya. Kalian hanya butuh kotak freezer serta lemari es untuk menaruh stok barang. Ditambah dengan beberapa lembar spanduk, pamflet dan promosi melalui media sosial, usaha kuliner ini sudah bisa dijalankan.

ilustrasi seblak ceker©Sajian Sedap


Seblak


Seblak termasuk dalam daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Hal ini karena rasanya yang pedas serta tekstur makanan yang unik. Tak heran, seblak banyak digemari oleh anak-anak muda sebagai camilan yang mengenyangkan.

Untuk membuka usaha seblak, kalian tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu juga tidak membutuhkan keahlian memasak ala chef restoran berbintang. Sebab, seblak merupakan camilan yang mudah dibuat. Bahkan bahan-bahan utamanya seperti kerupuk, jamur, sosis, bakso hingga makaroni juga mudah ditemukan.

6 dari 6 halaman
Minuman Kekinian

Minuman kekinian juga termasuk dalam 10 jenis kuliner yang paling laku saat ini. Minuman seperti es cokelat, thai tea, green tea, red velvet hingga taro masih menjadi incaran banyak orang. Khususnya anak-anak dan remaja.

Untuk membuka usaha minuman kekinian ini, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Tergantung pada pemilihan bahan yang akan digunakan serta harga produk yang dipatok. Sebelum menjalankan usaha, paling penting yakni melakukan analisis lapangan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menentukan standar harga dan kualitas minuman yang akan dijual.


ilustrasi kopi©Unsplash/Nathan Dumlao


Kopi


Minuman kopi adalah 10 jenis usaha kuliner yang paling laku yang terakhir. Minum kopi saat ini seolah sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup anak muda. Tak heran, kedai-kedai kopi sangat banyak ditemui. Menariknya mereka saling menampilkan ciri khas yang unik dan mudah dikenal.

Aneka kreasi kopi juga mulai bermunculan dan berkembang dengan cukup pesat. Mulai dari kopi dengan gula aren, kopi rum, kopi regal hingga kopi buah.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis dengan modal rendah, artikel berikut ini sangat cocok untuk Anda! yuk, kenali apa itu jajanan pasar tradision