Ini Bosku! 50 Jenis Usaha Penyewaan yang Menjanjikan Saat Ini

Kamu tertarik memulai sebuah usaha penyewaan yang bisa berpeluang menghasilkan uang dengan mudah? Mungkin list dibawah ini ada yang tertarik kamu coba.

Usaha penyewaan merupakan jenis usaha jasa yang paling mudah untuk kamu jalankan dan pasti menguntungkan.  Cara kerjanya pun terbilang sangat simpel, kamu tinggal membeli barang / peralatan lalu di sewakan pada pelanggan yang membutuhkan.

Banyaknya orang yang cenderung lebih memilih untuk menyewa sebuah barang ketimbang membelinya membuat peluang bisnis ini semakin banyak digeluti dan diklaim merupakanbisnis yang paling laris dan mempunyai prospek yang bagus dimasa mendatang.

Namum, untuk memulai usaha dibidang sewa menyewa, kamu tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Semakin banyak barang yang kamu sewakan, semakin besar juga keuntungan yang bisa kamu raih.

Lantas, apa saja kah jenis usaha penyewaan yang memiliki peluang berkembang dimasa yang akan datang? berikut 50 Jenis Usaha Penyewaan yang menjanjikan untuk dimulai saat ini.
50 Jenis Usaha Penyewaan

  1. Rental mobil (Rent Car)
  2. Rental motor
  3. Rental pick up / jasa pindahan
  4. Rental sepeda gowes
  5. Rental peralatan extreme sport
  6. Rental perlengkapan surfing, diving (menyelam)
  7. Rental alat camping, hiking, panjat tebing dan sejenisnya
  8. Rental paralayang, balon udara, parasut dan alat sky sport lain
  9. Rental alat musik (studio musik untuk latihan nge-band)
  10. Rental perangkat konser
  11. Rental property pameran / bazaar
  12. Rental perlengkapan pentas kesenian (wayang, lenong, ludruk, ketoprak dll)
  13. Rental alat shooting film
  14. Rental alat mancing
  15. Rental alat komunikasi (handie talkie)
  16. Rental molen pengaduk cor dan alat pertukangan
  17. Rental genset dan alat listrik
  18. Rental alat teknik (las listrik, diesel, blower, bor, gerindra dll)
  19. Rental air compressor + gun spray untuk pengecatan
  20. Rental Chainsaw (pemotong kayu / pohon)
  21. Rental traktor,
  22. Rental alat perontok padi
  23. Rental alat penyemprot hama dan alat pertanian lain
  24. Rental mesin pompa penyedot air
  25. Rental mesin pemecah batu
  26. Rental Play Stasion / PS3
  27. Rental buku / perpustakaan komik
  28. Rental DVD film original
  29. Rental alat salon
  30. Sewa Laptop dan Komputer
  31. Persewaan tenda / terop dan alat pesta
  32. Persewaan gedung pertemuan / resepsi
  33. Persewaan sound system
  34. Persewaan alat photografi dan video shooting
  35. Persewaan piring, gelas dan peralatan masak
  36. Persewaan baju pengantin, baju wisuda dan pakaian adat
  37. Persewaan kostum superhero / action figure
  38. Persewaan LCD dan perlengkapan seminar
  39. Persewaan mesin fotocopy, fax, printer, scanner dan peralatan kantor
  40. Persewaan mesin potong rumput
  41. Persewaan alat penghisap debu dan alat rumah tangga
  42. Persewaan mesin cuci laundry
  43. Menyewakan spot iklan di blog / website
  44. Menyewakan spot iklan reklame
  45. Menyewakan background untuk selfie
  46. Menyewakan spot wifi
  47. Menyewakan drone
  48. Penyewaan perlengkapan bayi/balita
  49. Penyewaan kamera
  50. Penyewaan alat mancing


Nah, itulah beberapa jenis usaha penyewaan yang bisa kamu coba baik di desa maupun di perkotaan. Sebelum memulai sebuah usaha, alangkah baiknya cermati beberapa tips dibawah ini.

Sebelum memulai usaha tentukan dulu produk atau jasa apa yang ingin Anda jual kepada konsumen. Kamubisa menentukan ini dengan terlebih dahulu melakukan riset. Agar lebih menonjol dan berbeda dengan yang lainnya, Kamu bisa menjual barang atau jasa yang bermanfaat ataupun unik.

Setelah menentukan produk, maka persiapkan rencana yang matang serta visi dan misi yang jelas. Dengan menentukan rencana serta visi misi, kamu mempunyai gambaran serta tujuan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari target pasar, rencana pemasaran dan lain sebagainya.

Selanjutnya yaitu kamu harus menyiapkan modal. Jika kamu mempunyai kesulitan dalam menyiapkan modal, kamu bisa memulai dari usaha kecil-kecilan di rumah atau memanfaatkan media sosial yang gratis untuk melancarkan promosi.

Fokuslah pada satu bisnis yang telah kamu mulai. Memiliki banyak usaha memang mampu memberikan keuntungan yang berlipat. Namun di sisi lain bisa merusak fokus kamu yang justru berakibat pada kerugian.

Jangan lupa untuk mengelolah keuangan secara baik. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pengelolah keuangan agar mempermudah dalam memanajemen keuangan usaha kamu.

Tips yang terkhir yaitu jangan takut gagal dan teruslah belajar. Mengambil keputusan untuk memulai usaha memang mempunyai risiko yang cukup besar. Namun jika dari awal Anda sudah merasa takut gagal, bisa jadi usaha kedepannya pun akan gagal. Anda harus bisa meyakinkan diri sendiri dan buang jauh-jauh segala ketakutan mengenai kegagalan.

Mencari peluang usaha 2023 bisa dibilang gampang-gampang susah, tergantung kejelian mata kita dapat melihat peluang usaha. Salah satu peluang usaha 2023 yang kini sedang ramai-ramainya berkembang adalah peluang usaha jasa rental penyewaan kebutuhan. Usaha rental penyewaan ini sebenarnya terbilang peluang usaha lama, namun kini usaha jasa rental penyewaan ini mulai berkembang di tahun 2023. Bahkan ragam penyewaan kebutuhan semakin variasi.

Usaha Jasa rental persewaan ini termasuk ke dalam peluang usaha 2023 yang mudah dilakukan. Untuk permulaan, usaha ini tidak mudah perlu ekstra dalam mengembangkan usaha jasa ini. Namun, jika usaha jasa rental persewaan ini sudah berjalan, keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat dari modal awal yang dikeluarkan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang mulai mencoba peluang usaha 2023 di bidang jasa rental penyewaan kebutuhan.

Peluang usaha jasa rental ini, termasuk ke dalam tren peluang usaha 2023. Selain tren minuman dan makanan kekinian yang semakin menjamur, usaha jasa rental ini memiliki daya tarik sendiri di mata bisnis. Bahkan kehadirannya memudahkan banyak orang dalam memenuhi kebutuhannya. Kunci kesuksesan dari peluang usaha jasa rental ini adalah kepercayaan pelanggan terhadap kebutuhan yang kita sewakan. Jika, Anda sudah berhasil mendapatkan kepercayaan itu, peluang usaha jasa rental ini akan terus berkembang dan dibutuhkan banyak orang.

Beragam jenis jasa penyewaan kebutuhan yang berkembang saat ini. Mungkin dulu yang Anda ketahui hanyalah jasa penyewaan rental mobil atau motor. Namun, sekarang di tahun 2023 ini jenis-jenis jasa penyewaan semakin berkembang. Bahkan dapat terus memenuhi kebutuhan pasar para pelanggannya. Jadi, peluang usaha 2023 ini sangat patut Anda coba untuk memulai bisnis. Berikut ini, jenis-jenis peluang usaha jasa penyewaan yang perlu Anda ketahui:
1. Usaha Sewa Pakaian

Mungkin yang ada di benak Anda saat membaca sewa pakaian adalah pakaian adat atau kostum dan semacamnya. Kini peluang usaha 2023 ini tidak hanya menyewakan pakaian adat atau kostum khusus saja, tapi ada juga yang menyediakan pakaian-pakaian dengan brand tertentu. Contohnya sewa pakaian dari salah satu brand ternama yang dipakai untuk kebutuhan foto prewedding.

Membeli pakaian dengan brand kenamaan pastinya tidaklah murah. Oleh karena itu, muncullah gagasan penyewaan pakaian ini untuk memenuhi kebutuhan pasar untuk memakai pakaian tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Dengan memenuhi kebutuhan pasar, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit pastinya. Bermodalkan koleksi pakaian brand ternama, keuntungan yang didapat bisa melebihi modal yang Anda miliki.

Selain itu, peluang usaha sewa pakaian ini juga belum memiliki begitu banyak pesaing. Karena, untuk mempercayakan orang lain yang menyewa pakaian Anda butuh keberanian dan keyakinan yang kuat. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha 2023 yang menjanjikan. Selain itu juga, target pasar untuk usaha sewa pakaian ini cukup luas dan tinggi permintaan. Ada beberapa brand lokal dengan kualitas terbaik, yang sudah mulai usaha sewa pakaian ini. Jadi, tidak perlu modal banyak untuk menjalani usaha sewa pakaian ini. Anda juga bisa bekerjasama dengan sebuah brand pakaian, untuk menyewakan koleksi pakaian terbaiknya.
2. Usaha Sewa Perlengkapan Bayi dan Balita

Peluang usaha 2023 selanjutnya adalah jasa sewa perlengkapan dan peralatan bayi, balita, dan lansia. Usaha sewa perlengkapan dan peralatan ini terbilang jarang di Indonesia sendiri. Padahal, permintaan pasar yang lumayan besar membuat beberapa usaha sewa peralatan dan perlengkapan bayi ini yang lebih dulu memulai kebanjiran keuntungan. Permintaan pasar yang tinggi dengan persaingan yang longgar, otomatis perjalanan usaha sewa perlengkapan dan peralatan bayi balita ini terkesan mudah.

Peralatan dan perlengkapan bayi dan balita merupakan kebutuhan yan sangat banyak dicari. Namun, dengan hadirnya penyewaan kebutuhan tersebut, memudahkan para orang tua memenuhi kebutuhan peralatan dan perlengkapan yang dipakai tidak terlalu lama tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya besar dengan membelinya. Contohnya seperti, alat pumping ASI, car seat, box bayi, bouncer, baby walker, mainan bayi dan balita, dsb. Dengan begitu orang tua merasa tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan bayi atau balitanya, cukup dengan menyewa kebutuhan tersebut dengan kurun waktu yang disesuaikan, dapat meminimalisir biaya dan tempat juga.

Pertimbangan orang tua membeli peralatan dan perlengkapan bayi atau balitanya, selain karena ketidakmampuan mengeluarkan uang yang cukup besar untuk memenuhi itu, penyewaan kebutuhan tersebut menjadi alternative para orang tua. Oleh sebab itu, usaha penyewaan ini termasuk memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi. Untuk Anda yang memiliki modal besar, silahkan mencoba peluang usaha 2023 di bidang sewa mainan dan kebutuhan bayi atau balita.
3. Usaha Sewa Perlengkapan Outdoor

Tren kegiatan outdoor atau contohnya mendaki gunung masih digemari hingga saat ini. Dengan adanya tren tersebut, peluang usaha sewa perlengkapan outdoor menjadi salah satu peluang usaha 2023 yang menjanjikan. Apalagi peralatan dan perlengkapan kegiatan outdoor semakin hari semakin melambung harganya. Sementara itu, peminat dunia outdoor semakin tahun semakin meningkat.

Kegiatan outdoor seperti, camping dan mendaki gunung menjadi kegiatan yang membutuhkan peralatan dan perlengkapan khusus. Demi menjaga keselamatan berkegiatan di luar, peralatan dan perlengkapan kegiatan outdoor tersebut tidaklah murah. Perlengkapan dan peralatan kegiatan outdoor tersebut seperti, tenda camping, tas carrier, sepatu hiking, trekking pole, sleeping bag, hingga flysheet menjadi perlengkapan dan peralatan yang banyak dicari.

Peluang usaha sewa perlengkapan dan peralatan outdoor ini cukup menjanjikan. Bahkan ada beberapa pengusaha penyewaan peralatan dan perlengkapan outdoor ini mendapatkan omzet hingga 5-7 juta perbulan. Namun, omset tersebut bergantung dengan musim kegiatan outdoor tersebut. Usaha sewa perlengkapan outdoor ini termasuk ke dalam peluang usaha 2023 yang menjanjikan.
4. Usaha Sewa Kamera

Hobi fotografi atau memotret menjadi tren yang populer dan banyak digemari dikalangan anak muda. Bahkan dalam kegiatan dan kondisi apapun, memotret merupakan hal wajib hadir disetiap moment tersebut. Hal tersebut yang menjadi dasar meningkatnya kebutuhan untuk menyewa sebuah kamera dengan kualitas terbaik. Seperti diketahui bahwa harga kamera profesional dengan kualitas foto terbaik tidaklah murah.

Dengan begitu, memanfaatkan peluang usaha di bidang sewa kamera ini penyewa yang membutuhkan jasa ini akan sangat terbantu untuk memenuhi kebutuhan memotretnya. Keuntungan yang bisa diraup dari peluang usaha 2023 ini juga terbilang besar dan sebanding dengan perawatan di setiap kamera profesional yang disewakan. Di samping peluang usaha sewa kamera ini, Anda juga bisa mencoba untuk menyewakan perlengkapan pendukung dari kamera tersebut. Seperti, penyewaan lampu, backdrop, dan perlengkapan pendukung kamera lainnya.

Kunci kesuksesan dari usaha sewa kamera ini adalah Anda harus menentukan target pasar untuk pelanggan penyewaan kamera di tempat Anda. Selain itu, Anda juga harus menyediakan peralatan dan perlengkapan sewa kamera yang lengkap agar pelanggan merasa puas dengan perlengkapan yang ada. Untuk meminimalisir kerugian yang berisiko, Anda harus menentukan peraturan terhadap setiap pelanggan yang menyewa di tempat Anda. Hal itu bertujuan agar kamera yang disewa terjamin kerusakan dan lain halnya.
5. Usaha Sewa Studio Photo

Peluang usaha 2023 yang menjanjikan lainnya adalah usaha sewa studio photo. Seiring berkembangnya zaman, penyewaan studio photo ini turut berkembang juga. Kalau dulu kita kenalnya studio photo yang hanya menggunakan backdrop saja, kini peluang usaha studio photo lebih banyak menawarkan konsep yang berbeda. Peluang usaha 2023 yang satu ini membutuhkan rumah atau gedung yang didesain untuk kebutuhan photo atau shooting dsb. Hal tersebutlah yang merupakan daya tarik lebih untuk peluang usaha 2023 ini.

Konsep studio photo yang disediakan bisa disesuaikan dengan tema kebutuhan. Anda bisa menjadikan ruangan dengan tema scandinavian, atau bisa juga menggunakan interior bagian luar ruang rumah atau gedung. Peluang usaha 2023 ini juga banyak diminati oleh beberapa hotel dan café dengan konsep unik lainnya. Jadi, ada beberapa hotel dan café yang menyewakan spot-spot yang mereka miliki untuk kebutuhan photo atau shooting.

Hal tersebutlah yang bisa dibilang peluang usaha sewa studio atau spot ini menjanjikan. Karena tren menggunakan studio atau spot-spot dengan konsep unik ini sedang digemari dan populer di kalangan milenial. Keuntungan yang diambil dari usaha sewa ruangan ini terbilang cukup besar. Hanya bermodalkan konsep-konsep ruangan yang bisa dijadikan tempat foto atau shooting, Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Oleh sebab itu, peluang usaha 2023 di bidang sewa studio ini termasuk ke dalam peluang bisnis yang menjanjikan. Namun setiap peluang usaha pasti memiliki risiko, begitupun dengan usaha penyewaan ini.

Kamu tertarik memulai sebuah usaha penyewaan yang bisa berpeluang menghasilkan uang dengan mudah? Mungkin list dibawah ini ada yang tertarik kamu cob