10 Tips Marketing yang Wajib Bisnis Terapkan

 


 Begini Tips Marketing Sederhana Patut Bisnis Anda Coba!

Tips marketing mudah Anda temui di internet atau sosial media. Tapi apakan semua tips tersebut efektif meningkatkan penjualan? tentu saja tidak. Bisnis harus meramu berulang kali strategi pemasaran yang tepat sehingga menemukan cara yang tepat.

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui apa tips marketing, keuntungan dan bagaimana tips marketing yang akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

10 tips marketing yang menambah penjualan bisnis sebagai berikut:

Menyusun rencana marketing
Buatlah target pasar yang jelas
Perkirakan anggaran yang dibutuhkan
Meminta testimoni pelanggan
Membangun branding
Memaksimalkan penggunaan website dan sosial media
Kirimkan email marketing
Promosikan produk melalui iklan
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Pantau aktivitas marketing secara teratur

Mengapa Tips Marketing Penting untuk Bisnis?

Tips marketing bermanfaat sebagai acuan agar aktivitas pemasaran sesuai diinginkan. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, bisnis justru bisa mengalami kerugian karena tidak berhasil menjual produknya.
Fungsi bisnis menerapkan tips marketing antara lain:

Setiap tips marketing menganjurkan agar bisnis memiliki target KPI jelas yang ingin dicapai. Target ini dapat dijadikan acuan untuk memantau performa tim marketing.
Strategi pemasaran juga memiliki rentang waktu tujuan untuk mencapai sebuah target. Hal ini mendorong Anda mencapai target tepat waktu.Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
Sebagai dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan pemasaran.
Mendorong peningkatan kolaborasi antar tim marketing.

Baca juga: 10 Aplikasi Pemasaran Produk Terbaik, No. 1 Wajib
10 Tips Marketing efektif Meningkatkan Sales yang Mudah Diterapkan

Ada 10 tips marketing yang mudah Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis, seperti berikut:
1. Tips marketing pertama menyusun rencana marketing

Plan-Tips Marketing

Tips marketing online yang paling penting adalah perencanaan. Buatlah rencana strategi pemasaran yang matang sehingga dapat mendatangkan banyak pelanggan. Rencana yang Anda buat harus sedetail mungkin seperti besarnya anggaran yang dibutuhkan selama proses pemasaran, konten marketing seperti apa yang akan dibuat, media apa yang akan digunakan dan lainnya supaya bisnis Anda lebih mudah berkembang.
2. Buatlah target pasar yang jelas

Target-Tips Marketing

Carilah target pasar yang ingin dituju dan sesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan. Cobalah untuk memilih beberapa segmen pasar yang mungkin bisa produk Anda masuki. Hal ini memperlebar peluang Anda mendapatkan pelanggan dan fokus menarik hati mereka.
3. Perkirakan anggaran yang dibutuhkan

Anggaran-Tips Marketing

Buatlah perkiraan besaran anggaran yang akurat untuk setiap kegiatan pemasaran. Hal ini bisa menghemat biaya operasional bisnis Anda. Selain itu, juga bisa jadi acuan untuk strategi pemasaran berkelanjutan.
4. Meminta testimoni pelanggan

Testemoni-Tips Marketing

Sebuah testimoni dari pelanggan akan meningkatkan kredibilitas brand Anda di mata prospek. Terlebih testimoni tersebut disampaikan oleh orang terdekat atau terkenal (influencer). Untuk mendorong pelanggan memberikan testimoni dan rekomendasi, berikan mereka intensif atau reward berupa produk gratis atau potongan harga.
5. Membangun branding

Strategi Pemasaran Membangun Branding

Membangun branding sangat penting bagi bisnis karena bagian dari identitas bisnis Anda. Dengan brand, pelanggan setia Anda lebih mudah mengenali produk yang Anda tawarkan. Biasanya bisnis membangun branding dengan membuat logo, gambar dan juga menentukan produk unggulan yang mencerminkan bisnis Anda.
6. Memaksimalkan penggunaan website dan sosial media

Website-Tips Marketing

Di era digital saat ini, memasarkan produk lewat website dan sosial media menjadi keharusan. Website biasanya digunakan pelanggan untuk mendapatkan informasi detail tentang produk yang Anda tawarkan. Sementara sosial media dapat meningkatkan brand awareness.
7. Kirimkan email marketing

Email-Tips Marketing

Email marketing salah satu cara efektif menarik minat pelanggan. Maka kirimkan email marketing yang bersifat persuasif dan di personalisasi ke pelanggan secara rutin. Akan tetapi, jangan berlebihan untuk menjelaskan keunggulan produk. Sisipkan juga form newsletter atau subscription untuk mempermudah pelanggan menuliskan alamat surel apabila tertarik dengan tawaran bisnis.
8. Promosikan produk melalui iklan

Promosikan produk melalui iklan

Tips marketing termudah untuk meningkatkan brand awareness adalah melakukan promosi dengan beriklan. Saat ini banyak platform yang menyediakan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat meningkatkan konversi dan jumlah prospek yang tertarik dengan produk Anda.
9. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan diperlukan untuk membangung customer royality. Sebab mereka secara rutin memberikan masukkan untuk bisnis Anda. Jadi jangan ragu memberikan reward untuk mereka untuk tetap menjaga hubungan baik.
10. Pantau aktivitas marketing secara teratur

Pantau aktivitas marketing secara teratur

Tips marketing terakhir adalah Anda harus terus memantau aktivitas pemasaran yang Anda jalankan. Hal ini untuk memastikan apakah berjalan sesuai dengan rencana atau malah melenceng.
Apakah bisa Meningkatkan Penjualan dengan aplikasi marketing?

Implementasi aplikasi marketing mampu mempermudah pemasaran bisnis Anda. Aplikasi ini mampu menyederhanakan tugas pemasaran.  Misalnya proses memantau akan lebih mudah apabila Anda menggunakan tools atau aplikasi marketing dari Qontak.com. aplikasi Qontak.com didukung fitur canggih yang memudahkan Anda dalam memantau aktivitas sales, marketing dan customer service secara real time dalam satu dashboard marketing.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi CRM marketing Qontak.com adalah sebagai berikut:

Integrasi dengan sistem email marketing dan dapat dipersonalisasi.
Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
Pelaporan dan analisis yang lengkap untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
Memiliki fitur pelacakan KPI marketing maupun sales dan task management yang dapat dikostumisasi. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan.
Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel marketing lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
WhatsApp blast yang mampu mengirimkan pesan promosi ke banyak kontak dalam waktu bersamaan.

Baca Juga: Marketing Automation: Pengertian, Manfaat, Contohnya
Sukseskan Tips Marketing Efektif dengan Qontak.com

CRM Qontak.com

Terdapat 10 tips marketing yang bsia Anda terapkan pada bisnis Anda. Dari berbagai tips pemasaran diatas, Anda dapat mengetahui beberapa hal dibawah ini:

Bagaimana cara menyusun strategi pemasaran yang efektif?
Bagaimana membangun branding yang tepat?
Bagamana cara mempromosikan produk baik melalui iklan, sosial media maupun email marketing?
Bagaimana cara menjalin hubungan baik dengan pelanggan?

Strategi tersebut tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk mempermudah Anda untuk menjalankan strategi marketing bisa dibantu dengan aplikasi pendukung seperti aplikasi marketing dari Qontak.com.

Aplikasi sales marketing Qontak.com terintegrasi dengan WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
Terdapat langkah-langkah strategi pemasaran yang perlu JULOvers lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi pemasaran juga selalu berubah mengikuti tren dan perkembangan yang baru.

Salah satu perubahan yang terjadi adalah penggunaan video durasi singkat di media sosial yang mampu menghasilkan engagement tinggi. Agar dapat bertahan dengan perubahan yang datang dengan cepat ini, kamu perlu beradaptasi.

Demi memudahkan kamu menghadapi ketidakpastian yang dapat terjadi, maka beberapa informasi mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat strategi pemasaran yang efektif berikut ini bisa berguna untuk kamu.

Simak informasinya untuk menghasilkan strategi pemasaran terbaik dan efektif bagi bisnis kamu!.

sekumpulan orang sedang merayakan sesuatu di meja kerja

Produk dan jasa yang sudah dirancang dengan baik membutuhkan pemasaran. Ini diperlukan agar bisnis bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu bisnis juga bisa menyampaikan pesannya melalui pemasaran yang dirancang dengan baik.

Pemasaran yang baik harus dibuat berdasarkan perancangan yang baik juga. Untuk bisa melakukan hal tersebut, diperlukan langkah-langkah penting. Menghasilkan pemasaran efektif tidak semudah membalik telapak tangan.

Ada tujuh langkah kunci untuk menyusun strategi pemasaran yang sukses. Dimulai dari membangun rencana pemasaran, membuat persona pembeli, identifikasi tujuan bisnis, pilih alat yang diperlukan, tinjau sumber daya yang ada, analisis kompetitor, dan terakhir  jalankan strateginya.

Jika dilakukan dengan benar, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis. Agar pemahamanmu lebih jelas mengenai langkah-langkah di atas, simak penjelasannya berikut ini.
1. Memahami Kondisi dan Kebutuhan Pasar

Memahami Kondisi dan Kebutuhan Pasar

Tujuan utama dari strategi marketing adalah untuk membuat produk kamu dikenali serta digunakan oleh banyak orang. Maka, langkah utama yang paling masuk akal adalah mengenali kondisi dan kebutuhan pasar.

Untuk memahami keduanya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan baik dari segi produk serta konsumen.

Dari segi produk atau jasa yang akan kamu jual, kamu harus memperhatikan harga, tren, serta kompetitor bisnismu. Dari segi konsumen, kamu harus mencari tahu apa yang dicari oleh konsumen ketika menggunakan jasa atau produk terkait. Kamu juga bisa menggali lebih dalam tentang fitur atau hal-hal apa saja yang dicari konsumen namun masih belum ada pada produk atau jasa kompetitor yang telah kamu identifikasi sebelumnya.

Bagaimana cara kamu dapat melakukannya?

Kamu dapat memahami kondisi serta kebutuhan pasar dengan melakukan pencarian di internet. Untuk mempelajari perilaku konsumen, kamu juga dapat melakukan wawancara dengan beberapa konsumen dari target pasar kamu.
2. Merencanakan Strategi

sekumpulan orang sedang merencanakan strategi di meja kerja

Dasar dari pemasaran yang baik adalah strategi. Hal ini secara garis besar berisi mengenai alasan mengapa kamu memerlukan langkah tertentu, sumber daya yang dibutuhkan, serta tujuan untuk dicapai melalui strategi ini.

Memulai sesuatu tanpa tahu tujuan akhir dan langkah apa yang diperlukan agar dapat mencapainya sangat tidak efektif. Waktu kamu terbuang begitu saja dan sumber daya akan habis tanpa memberikan hasil memuaskan.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Buat rencana pemasaran berdasarkan data dan analisis yang tepat. Sehingga nantinya kamu bisa mencapai tujuan akhir sesuai keinginan bahkan melebihinya.
3. Buat Buyer Persona/Persona Pembeli

seorang wanita tersenyum sambil menenteng banyak tas belanja

Menentukan siapa yang yang nantinya akan membeli atau menggunakan jasa bisnis kamu menjadi langkah penting selanjutnya. Buyer persona menjadi sebuah cara bagi kamu menemukan pelanggan ideal.

Persona dari pembeli ini memiliki informasi demografis dan psikografis yang penting. Contohnya seperti usia, jabatan, pendapatan, lokasi, minat, dan tantangan. Gunakan hal tersebut untuk menentukan apakah calon pelanggan memiliki semua atribut tersebut. Sehingga bisa mengenali apakah mereka merupakan pelanggan ideal yang kamu inginkan.
4. Menentukan Goals/Tujuan Akhir

sebuah kertas bertuliskan goals di mesin ketik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kehadiran goals atau tujuan akhir membantu bisnis dalam merencanakan pemasaran. Hal ini menjadi pemandu bagi bisnis agar bisa melakukan langkah yang tepat untuk mencapainya.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Contohnya ketika bisnis kamu ingin meningkatkan brand awareness maka pemasaran yang dilakukan harus bisa membantumu mencapai goals tersebut. Salah satu cara terbaik menciptakan tujuan akhir untuk pemasaran bisnis yaitu menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time oriented.)

Tujuan akhirmu harus spesifik serta jelas, bisa diukur menggunakan variabelnya, bisa dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu.

kredit digital Julo
5. Pilih Tools

layar handphone menunjukkan tulisan online marketing

Gunakan beragam alat/tools untuk bisa mewujudkan rencana pemasaran yang sudah dirumuskan. Ada banyak tersedia tools di luar sana. Dari yang gratis hingga berbayar bisa kamu gunakan.

Kehadiran tools ini bisa semakin mempermudah kamu dalam mengeksekusi, menganalisis, mengukur, dan mengevaluasi beragam tindakan pemasaran yang sudah direncanakan.
6. Perhatikan Sumber Daya Kamu

seorang wanita sedang menulis di papan tulis

Kegiatan pemasaran tentu memerlukan sumber daya. Baik dalam bentuk budget hingga personel yang melaksanakannya. Untuk bisa melaksanakan pemasaran dengan lancar tentu hal ini harus bisa terpenuhi.

Baca Juga: 14 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Hitung berapa budget yang diperlukan dan sumber daya seperti apa saja yang dibutuhkan. Perhatikan juga apakah saat ini ada beberapa aset yang kamu miliki bisa digunakan untuk membantu kegiatan pemasaran.
7. Analisis Kompetitor

seseorang menunjuk grafik di kertas dengan pulpen

Belajar dari pesaing merupakan cara terbaik untuk bisa menemukan strategi pemasaran yang bagus untuk bisnis kamu. Adaptasi apa yang membuat rencana mereka berhasil. Kemudian pelajari apa yang membuat kegiatan pemasaran mereka tidak maksimal.

Sempurnakan dengan analisis dan perencanaanmu sehingga bisa menghasilkan strategi pemasaran terbaik bagi bisnismu. Gunakan SWOT untuk mempermudah proses ini.
8. Jalankan Strategi

seseorang melihat grafik di layar laptop

Agar bisa melihat hasil nyata dari rencana pemasaran yang sudah disusun, maka kamu harus mengeksekusinya. Jalankan rencanamu dan lihat bagaimana dampak yang dihasilkan. Jika sudah, lakukan evaluasi dari tindakan pemasaran yang sudah dilakukan.

Lihat apakah rencana tersebut mampu mendatangkan hasil yang diinginkan. Temukan titik di mana hal tersebut bisa ditingkatkan selanjutnya untuk merealisasikan goals dengan lebih baik lagi.
9. Terapkan Strategi Bauran Pemasaran

Terapkan Strategi Bauran Pemasaran

Setelah menjalankan strategi pemasaran, JULOvers pasti akan mendapatkan berbagai data yang dapat dijadikan bahan evaluasi. Data-data tersebut dapat kamu gunakan untuk melakukan strategi bauran pemasaran.

Dalam penerapan strategi pemasaran satu ini, ada beberapa hal yang harus JULOvers perhatikan lebih detil yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.

Tujuan utama dari strategi pemasaran satu ini adalah untuk memasarkan produk dengan harga yang tepat di tempat yang tepat melalui metode promosi yang tepat juga. Dengan seluruh data yang kamu punya dalam melakukan strategi pemasaran sebelumnya, kamu tentunya bisa merancang strategi bauran pemasaran dengan baik.
10. Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Dalam melakukan pemasaran, kamu harus tahu bahwa memelihara pelanggan lama akan lebih udah dibanding mencari pelanggan baru. Hal ini karena mencari pelanggan baru tidak jarang akan memakan biaya yang besar.

Pelanggan yang lama juga biasanya tidak akan sungkan untuk memberikan review secara organik tentang produk atau jasa kamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan testimoni positif secara natural yang tentunya akan memiliki kekuatan lebih kuat dibandingkan review dari influencer atau sumber berbayar lainnya.
Apa Pentingnya Strategi Pemasaran?

dua orang sedang membahas strategi pemasaran

Memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk bisnismu akan memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

 Memberi bisnis keunggulan dalam persaingan.
 Membantu dalam pengembangan barang dan jasa dengan potensi keuntungan yang tinggi.
 Membantu bisnis dalam memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik mungkin untuk menyampaikan pesan penjualan ke target audiens yang tepat.
 Mengakomodasi dan membantu pertumbuhan bisnis kamu.
 Menjadi studi kasus dan statistik yang bisa digunakan pada masa mendatang.

Itulah beberapa langkah-langkah strategi pemasaran yang bisa JULOvers gunakan untuk membantu bisnis memasarkan produk dan jasanya. Bila hal tersebut terlaksana, maka kamu bisa mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Tips marketing mudah Anda temui di internet atau sosial media. Tapi apakan semua tips tersebut efektif meningkatkan penjualan? tentu saja tidak. Bisni