DETIK.COM 12 Usaha Kerajinan Tangan Rumahan yang Menjanjikan


Pernahkah Anda ingin memulai usaha kecil-kecilan, tetapi sulit menentukan usaha seperti apa yang dapat dijalankan dan menjanjikan? Nyatanya, ada berbagai usaha kerajinan tangan yang dapat Anda lakukan.

Kerajinan tangan berikut ini mungkin terlihat sederhana, tetapi keberadaannya diminati berbagai kalangan. Ingin mengetahui apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

Berikut adalah 12 usaha kerajinan tangan rumahan yang menjanjikan dan dapat dilakukan secara pribadi. Usaha berikut ini memiliki tingkat kesulitan dan perolehan keuntungan yang beragam.
1. Produk Rajut

Usaha kerajinan tangan rumahan pertama yang dapat dijalankan adalah produk rajut. Bisnis satu ini memiliki modal yang minimal dan membutuhkan bahan serta peralatan yang sedikit, cukup benang dan jarum rajut. Namun, hal yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan yang kuat karena proses merajut dapat dikatakan cukup sulit.

Ada banyak produk rajut yang dapat dibuat, mulai dari tas, sepatu, sweater, topi, selimut, dan masih banyak lagi. Semakin sulit dan unik model produk yang dibuat, semakin tinggi pula harga jual yang bisa diterapkan.
2. Aksesoris

Aksesoris seperti kalung, cincin, hingga gelang merupakan salah satu hal yang banyak digemari orang. Dengan berbagai material, usaha aksesoris ini dapat dicoba sesuai dengan kreativitas dan ciri khas masing-masing. Banyak orang suka membeli aksesoris handmade karena keunikan desain yang dimiliki penjual. Usaha ini juga menjanjikan jika menyediakan jasa custom.

Bahan yang digunakan dapat beragam, mulai dari manik-manik hingga tali yang dikepang, dan masih banyak lagi. Penting untuk memperhatikan kemasan juga agar menjadi nilai tambah dari suatu produk dan merek yang dibuat.
3. Bingkisan Parcel

Usaha satu ini dapat ditargetkan untuk orang-orang yang ingin memberi hadiah, tetapi sulit untuk mengemas dan menatanya dalam cara yang apik dan indah dilihat. Bingkisan parcel dapat digunakan untuk berbagai acara, mulai dari pernikahan, ulang tahun, hari raya, momen kelahiran, hingga menjenguk orang sakit.

Secara umum, bingkisan parcel dibuat dengan buah-buahan atau makanan ringan. Namun, Anda juga dapat membuat parcel yang sesuai dengan ciri khas atau keunikan masing-masing, bisa juga menyediakan jasa custom sesuai dengan pilihan pelanggan.
4. Lukisan

Jika memiliki hobi dan kemampuan melukis yang baik, usaha kerajinan tangan lukisan dapat menjadi peluang bisnis yang patut dicoba. Lukisan tentunya memiliki target pasarnya sendiri karena banyak pemilik tempat yang menginginkan lukisan untuk dipajang di tempatnya, seperti restoran dan perkantoran, tetapi lukisan yang dipajang merupakan hasil orisinal. Selain menghias tempat-tempat, lukisan juga dapat digunakan untuk hadiah orang terdekat.

Harga lukisan bervariasi sesuai dengan ukurannya. Semakin sulit, bervariasi, hingga ukurannya besar, semakin mahal juga harga yang dapat ditetapkan untuk sebuah lukisan.
5. Fotografi

Usaha kerajinan tangan rumahan selanjutnya adalah fotografi. Usaha ini dapat dijalankan jika Anda gemar mengambil foto dan kerap menerima pujian terkait foto yang diambil atau singkatnya memiliki bakat fotografi handal.

Ada sejumlah cara agar fotografi menjadi bisnis yang menguntungkan, yaitu dengan menawarkan layanan potret personal atau mengambil gambar untuk acara-acara seperti pernikahan dan ulang tahun. Hasil fotografi Anda juga bisa dijual di situs-situs fotografi, lho!
6. Desain Grafis

Berikutnya, anda dapat membuka usaha desain grafis untuk memperoleh keuntungan. Usaha satu ini merupakan salah satu usaha yang dibutuhkan, terlebih di era serba digital. Usaha kecil menengah seringkali membutuhkan jasa untuk membuat logo, banner promo, hingga konsep media sosial karena tidak semua orang mengerti atau mempelajari cara melakukan desain grafis.

Untuk menjalankan usaha ini, buatlah akun media sosial, situs, atau dokumen khusus portofolio agar orang-orang dapat melihat karya yang telah dibuat sebelumnya dengan mudah. Anda juga dapat mendaftarkan diri ke situs freelance untuk desain grafis.
7. Menjual Tulisan

Tulisan menjadi salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memperoleh uang tambahan juga. Menjual tulisan ini dapat dilakukan sebagai pekerjaan freelance, menawarkan jasa copywriting, hingga menulis karya fiksi yang kemudian dapat dijadikan buku dan dijual. Tak jarang, karya fiksi juga dijual dalam bentuk e-book.

Jika Anda ahli dalam bidang tertentu seperti makeup, memasak, dan merajut, ilmu yang Anda miliki juga dapat dibukukan dan dijual.
8. Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi cukup eksis di pasaran saat ini untuk mengharumkan ruangan serta relaksasi. Selain untuk penggunaan pribadi, lilin aromaterapi banyak dijadikan ide bingkisan seperti souvenir pernikahan atau hampers untuk momen tertentu.

Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat lilin aromaterapi alami meliputi soy wax, palm wax, dan beeswax. Bahan-bahan ini kemudian digabungkan dengan berbagai komponen pengaruh atau aroma yang dapat disesuaikan dengan tema aromanya, entah segar, manis, atau menenangkan.
9. Sabun Organik

Ide kerajinan tangan berikutnya adalah sabun organik. Bentuknya dapat dikreasikan seunik mungkin dengan warna dan aroma yang berbeda pula. Semakin banyak pilihan yang ditawarkan, semakin besar juga minat pelanggan terhadap produk.

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha ini, Anda akan membutuhkan sejumlah eksperimen untuk mengetahui apakah sabun layak dijual atau tidak. Cobalah tanyakan kepada orang terdekat seperti teman dan keluarga untuk memperoleh penilaian yang jujur.
10. Vas Bunga

Vas bunga dapat dijadikan tempat untuk menanam bunga dan tanaman hias lainnya, tetapi dapat juga dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah yang cantik dan menarik. Berbagai jenis vas bunga dapat Anda buat, mulai dari tanah liat atau memanfaatkan barang bekas.

Buatlah vas bunga dengan berbagai ukuran dan hiasan. Dalam usaha ini, kreativitas tentunya sangat dibutuhkan agar vas bunga terlihat indah dan menarik perhatian pembeli.
11. Kartu Ucapan

Tahukah, Anda? Kartu ucapan dapat dijadikan sebagai usaha kerajinan tangan yang berpotensial. Usaha satu ini memungkinkan karena masyarakat Indonesia kerap kali melampirkan kartu ucapan ketika ingin mengirimkan bingkisan kepada orang tersayang.

Kartu ucapan handmade seringkali dianggap lebih bermakna oleh penerimanya. Anda dapat mengandalkan hand lettering untuk meningkatkan nilai estetika dan keunikannya. Kreativitas dalam membuat kartu ucapan dapat ditunjukkan dengan penggunaan bahan dan warna yang beragam juga, seperti karton warna-warni, keramik dari tanah liat, dan kanvas.
12. Sablon Kaos

Ide bisnis kerajinan tangan terakhir adalah sablon kaos. Jasa satu ini seringkali diminati, terutama untuk orang-orang yang membutuhkan kaos seragam. Untuk memulai usaha ini, Anda perlu berinvestasi pada peralatan sablon, entah secara manual atau menggunakan mesin press.

Harga dari satu kaos dapat divariasikan sesuai dengan tingkat kesulitan gambar yang dicetak.
Mengapa Usaha Kerajinan Dapat Menjadi Suatu Peluang Usaha yang Menjanjikan?

Mungkin Anda bertanya-tanya dengan kesuksesan dari usaha kerajinan. Faktanya, usaha kerajinan tangan dapat menjadi peluang yang menjanjikan karena hal-hal berikut ini:

Pengetahuan tentang desak yang unik dan menarik mendorong pembuatan produk yang bervariasi. Alhasil, konsumen memiliki banyak pilihan yang mampu menarik perhatiannya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam usaha kerajinan cenderung mudah diperoleh dan murah.
Masyarakat membutuhkan produk yang ramah lingkungan dan usaha kerajinan tangan rumahan seringkali dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan, bahkan berasal dari barang bekas yang diolah kembali.
Produksi yang dapat dihasilkan bervariasi sehingga masyarakat tidak mudah jenuh.

Itulah berbagai ide usaha kerajinan tangan yang dapat dilakukan untuk memperoleh keuntungan. Ide-ide yang bisa dijalankan dapat berupa usaha aksesoris, rajutan, lukisan, fotografi, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Usaha kerajinan tangan rumahan memiliki potensi yang cukup menjanjikan karena adanya keunikan dan ciri khas tersendiri dari setiap penjual dan bahan yang dibutuhkan seringkali murah, bahkan mudah dicari.

Pernahkah Anda ingin memulai usaha kecil-kecilan, tetapi sulit menentukan usaha seperti apa yang dapat dijalankan dan menjanjikan? Nyatanya, ada berb