Intip Bisnis Kaca Film Mobil, Cara Memulai dan Tips Sukses

MEDIAINI.COM – Bisnis kaca film mobil bisa jadi peluang untuk mencari cuan. Ada pun bisnis ini akan terus hadir karena memang penggunaannya punya waktu sehingga setiap pemilik mobil pasti akan mengganti kaca film mobilnya. Secara berkala pemilik kendaraan akan mengganti kaca film mobil untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan.

Ada beberapa tanda yang mengharuskan Anda mengganti kaca film mobil. Salah satunya adalah jika kaca film mulai terlihat kusam. Selain itu, jika warna kaca film sudah tidak senada lagi juga menjadi tanda bahwa Anda harus mengganti kaca film. Perhatikan juga jika ada bagian yang terkelupas atau muncul gelembung udara, itu berarti Anda harus segera menggantinya.

Cara Memulai Bisnis Kaca Film Mobil

1. Pahami Hal-hal Seputar Aksesoris Mobil

Langkah pertama dalam memulai bisnis kaca film mobil adalah memahami hal-hal seputar aksesoris mobil. Dengan memahami hal-hal seputar aksesoris, Anda pun tidak akan kebingungan menentukan kaca film, bagaimana perawatannya, kisaran harga, dan lain sebagainya. Jadi ketika pembeli bertanya-tanya Anda pun akan paham rekomendasi seperti apa yang harus diberikan.

2. Tentukan Lokasi Usaha

Langkah kedua adalah menentukan lokasi usaha. Dalam penentuan lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap akan laku tidaknya usaha. Lokasi usaha yang baik adalah yang strategis di mana dekat dengan target market Anda. Selain strategis, akses jalan menuju lokasi usaha Anda pun juga harus mudah.

3. Cari Karyawan

Anda membutuhkan karyawan atau seseorang yang membantu dalam memulai bisnis kaca film ini. Anda bisa mempekerjakan beberapa orang yang menurut Anda loyal dna pastinya memahami hal-hal seputar aksesoris. Pastikan juga karyawan Anda ramah dan sabar dalam menghadapi konsumen.

4. Suplai Barang

Selanjutnya, langkah keempat yang harus diambil adalah menyuplai barang usaha. Untuk melakukan suplai barang ini harus dilakukan dan dimulai dengan melakukan survei pasar. Dengan survei pasar, Anda jadi tahu harus kaca film seperti apa yang Anda beli dan di mana tempat menyuplai untuk mendapatkan harga yang murah tetapi berkualitas.

5. Branding Promosi

Branding dan promosi menjadi poin penting dalam memulai suatu usaha. Dengan promosi, bisnis kaca film Anda ini akan lebih survive dan mampu bertahan dalam persaingan usaha. Buatlah promosi melalui jalur online. Anda bisa membuatkan akun media sosial untuk mempromosikan usaha.

Tips Sukses Bisnis Kaca Film Mobil

Gencarkan Promosi Online

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk bisnis kaca film adalah dengan menggencarkan promosi online. Adapun promosi online ini gratis tidak berbayar. Untuk itu, manfaatkan media sosial dengan sebaik mungkin untuk melakukan promosi. Anda bisa menggencarkan promosi melalui online.

Harga Bersaing

Tidak dipungkiri jika harga menjadi salah satu penentu dalam laku tidaknya suatu usaha. Kebanyakan usaha akan laku jika membanderol harga yang murah. Namun, jangan hanya murahan saja. Anda pun harus mengedepankan kualitas. Dengan harga yang murah dan kualitas terjamin, Anda pun dapat bersaing.

Ramah Terhadap Pelanggan

Tentunya pelanggan akan menyenangi pelayanan yang ramah. Untuk itu, perlakukan secara ramah pelanggan Anda. Bisa jadi pelanggan sangat rewel dan kebanyakan bertanya. Namun, pastikan karyawan yang Anda pekerjakan dapat sabar dan ramah dalam menghadapinya.

Miliki Ruang Tunggu

Saat pemasangan kaca film kendaraan tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pelanggan pun harus menunggu. Dibutuhkan suatu ruang tunggu yang nyaman untuk pelanggan agar mereka betah. Anda bisa menyediakan ruang tunggu yang sejuk dengan hiburan seperti buku, majalah, atau tv lengkap dengan wifi.

Pelayanan Berkualitas

Tidak dipungkiri jika Anda harus memberikan pelayanan yang berkualitas. Pelayanan ini berupa penyediaan kaca film yang oke, pemasangan yang profesional, pelayanan yang ramah, lengkap dengan harga yang bersaing. Dengan pelayanan yang berkualitas ini, pelanggan pun akan ketagihan untuk kembali ke usaha Anda. (Tri Puspitasari)

Menangkap Peluang Emas Bisnis Kaca Film

Usaha jasa pemasangan dan pengadaan kaca film mobil semakin terbuka lebar. Pasalnya, penjualan mobil dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Melakoninya pun tidaklah rumit, tetapi keuntungannya sangat besar.

Ya, usaha kaca film mobil memang tidaklah seribet bisnis otomotif lain. Meski demikian, jangan salah persepsi, karena pangsa pasar usaha kaca film mobil ini cukup seksi. Tak heran jika banyak yang mencoba menggarap bisnis ini.

Alasannya, membuka bisnis di bidang ini tidaklah rumit, dengan kata lain bisnis ini tidak membutuhkan skill khusus agar bisa sukses. Dengan keahlian seadanya serta kemampuan membaca kondisi pasar sukses di bisnis ini bisa didapatkan.

“Kalau kita perhatikan saat ini penjualan mobil terus meningkat, dalam hal ini bukan hanya bisnis penjualan mobil saja yang bagus, tetapi bisnis yang berhubungan dengan mobil seperti bisnis kaca film ini juga ikut meningkat,” jawab Boby pemilik bengkel pemasangan kaca mobil di bilangan Jakarta Selatan.

Berdasarkan data Gaikindo, tahun lalu saja penjualan mobil dapat mencapai sekitar 950.000 unit. Sementara itu, tahun ini penjualan mobil didukung faktor pertumbuhan ekonomi yang stabil pada 6-7% dan pertumbuhan kelas menengah sehingga meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, juga ada faktor suku bunga murah yang mendukung penjualan mobil secara kredit.

Tentu saja, kondisi itu akan membuat usaha lain yang berhubungan seperti usaha pemasangan kaca mobil turut panen. Pasalnya, yang sangat dibutuhkan oleh pengguna mobil, utamanya di kota-kota besar adalah faktor keamanan. Dan kaca film turut memberikannya bagi para pemilik kendaran roda empat.

Ya, semakin tak terjaminnya rasa aman di jalan membuat bisnis ini kian subur. Selain itu, umumnya pengguna mobil tak ingin isi dalam mobilnya terlihat dengan jelas dari luar. Maklum, selain tidak enak dilihat orang lain, transparannya kaca mobil bisa memicu para pelaku kejahatan untuk beraksi karena melihat barang-barang yang ada di dalam mobil.

Itu sebabnya pemilik mobil pribadi biasanya akan memasang kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu. Dulu ada aturan yang mengatur tingkat kegelapan. Tetapi, belakangan ini, tak ada yang mau ambil pusing.

Tanpa Modal Besar

Biasanya, yang menjadi kendala dalam memulai usaha adalah faktor modal. Banyak yang berfikiran kalau mau sukses buka usaha maka modal yang harus dimiliki harus besar. Jangan salah, meski logika tersebut benar, tetapi untuk memulai usaha kaca film ini bisa dilakoni dengan modal seadanya. Jadi bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan tak perlu takut memulai bisnis  ini, karena kesuksesan juga bisa Anda peroleh.

Dengan uang Rp20 juta, usaha ini sudah bisa digarap. Tentu, yang Anda siapkan untuk kelas menengah ke bawah. Nah kalau untuk kelas mengah ke atas, tentu modal yang harus dikeluarkan juga semakin besar, karena kaca film yang yang harus Anda siapkan juga lebih mahal lagi.

Dengan modal tersebut saja, Anda sudah bisa meraup keuntungan hingga 40% untuk setiap mobil. Menarik bukan? Kalau ingin menarik pelanggan yang lebih luas lagi, turunkan saja sedikit keuntungannya. Sehingga banyak pelanggan lain tersedot ke bengkel Anda.

Dengan harga Rp800 ribu per mobil. besarnya keuntungan tentu sudah terbayang jika dalam satu hari saja ada tiga pelanggan yang mampir menggunakan jasa Anda. Dan dalam satu bulan berap keuntungan yang akan Anda peroleh.

Saat ini terdapat beberapa merek terkenal yang menjadi pilihan pasar, diantaranya V-Kool, Solar Guard, dan Llunmar. Tetapi, banyak pula kalangan menengah yang memilih kaca film yang tidak branded. yang jelas semua itu sangatlah menguntungkan. 


Peluang Usaha Jasa Pemasangan Kaca Film Mobil. ini tidak seribet usaha bengkel otomotif lain. Namun, pangsa pasarnya tetap masih bagus. Peluang Usaha Jasa pemasangan dan pengadaan kaca film mobil. Target pasar jasa ini tentunya pengguna mobil, utamanya di kota-kota besar. Semakin Langka angka rasa aman di jalanan membuat usaha makin mekar. Selain itu umumnya pengguna mobil tak ingin dalam mobilnya tampak transparan. Maklum, selain tidak enak dilihatl iihat orang lain, transparansi itu bisa juga mengundang pelaku kejahatan untuk beraksi. Pelaku kejahatan bisa melihat dengan jelas barang berharga apa yang ada di dalam mobil.
Itu sebabnya yang sudah memiliki mobil pnbadi biasanya akan memasang kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu. Dulu ada aturan yang mengatur tingkat kegelapan itu. Belakangan tak ada yang mau ambli pusing. Makium, tlngkat kejahatan semakin menjadi-jadi. Penjahat makin jeli mematam mata? isi dalam kendaraan beroda empat. Pobsi pun sudah tidak ambil pusing dengan aturan itu.
Enaknya, usaha ini bisa dilakoni dengan modal seadanya hingga bermodal besar. Dengan modal Rp 20 juta, usaha ini sudah bisa jalan. Dengan catatan, Anda siapkan kaca film untuk kelas menengah ke bawah. Kalau Anda mau menyedlakan kaca film yang yang lebih mahal, siapkan modal Rp50juta.
Menurut informasi pelaku bisnis ini , dengan modal menengah ke bawah, Anda bisa meraup keuntungan hingga 40% untuk setiap mobil. Kalau Anda ingin menarik pelanggan lain silakan turunkan sedikit keuntungannya. Tujuannya, agar pelanggan lain tersedot ke bengkel Anda. Sedangkan harga kaca film per mobil Rp800 ribu. itu untuk modal menengah. Untuk modal kelas atas minimal Rp100juta. berarti Anda harus menjadi agen. Di kelas atas ada beberapa merek yang bermain. Ada V-Kool, Solar Guard, dan Lunmar.
Sebagal contoh agen Lunmar menyediakan stok buat usaha Anda. Dengan Rp100juta, Anda sudah bisa mendapat persediaan kaca film senilai itti. Dengan asumsi 50 mobil per bulan dikalikan harga kaca film Rp100 juta dikalikan persentasi untung 30%, Rp15 juta akan menjadi omzet Anda per bulan. Dipotong rupa-rupa pengeluaran, termasuk gaji karyawan dan sewa tempat, bersihnya Anda mengantongi Rp4,5 juta per bulan. Perkiraan balik modal bisa mencapai dua empat tahunan.

Bisnis kaca film mobil bisa jadi peluang untuk mencari cuan. Ada pun bisnis ini akan terus hadir karena memang penggunaannya punya waktu sehingga seti