Mantab! 7 Pengusaha Sukses Wanita di Dunia yang Pantas Jadi Idola

Menjadi wanita karier kadang sangat berat untuk sebagian orang. Selain sering dipandang sebelah mata, banyak wanita karier yang sulit meraih apa yang mereka cita-citakan karena banyak faktor. Namun, tidak untuk deretan pengusaha sukses wanita di dunia di bawah ini.

Mereka menjadi sosok yang mengubah pandangan tentang wanita karier yang bisa melakukan apa pun yang diinginkan. Beberapa dari wanita ini sukses membangun bisnisnya sendiri. Sebagian lainnya berhasil meniti karier hingga level tertinggi.

Para kaum Hawa Indonesia pun tidak boleh berhenti mengejar mimpi hingga titik yang diinginkan. Kamu pun bisa jadikan para wanita sukses ini sosok inspiratif sekaligus idola untuk terus bersemangat.

Baca juga: Daftar Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia yang Inspiratif
Pengusaha Sukses Wanita di Dunia

pengusaha sukses wanita di dunia

Mari berkenalan dengan sederet pengusaha sukses wanita dari seluruh dunia di bawah ini.
1. Cher Wang

Kesuksesan Cher Wang mungkin dipandang sebagai sesuatu yang luar bisa untuk seorang perempuan. Wanita Taiwan kelahiran 14 September 1958 adalah pendiri dari perusahaan teknologi HTC. Perusahaan yang didirikan pada 1997 ini awalnya hanya berfokus pada PC dan laptop. Kemudian berkembang ke produk lain, seperti smartphone, gaming, hingga perangkat rumahan.

Wang memang terlahir dari salah satu keluarga kaya di Taiwan. Namun, dirinya selalu bersuaha keras dalam melakukan sesuatu. Wang pun tidak pernah diajarkan untuk memanfaatkan kekayaan orang tuanya dalam hal konsumtif.

Pada 2021 lalu, Cher Wang dinobatkan sebagai orang terkaya di Taiwan. Nilai kekayaannya tersebut ditaksir mencapai $8,8 miliar Dolar Amerika. Kekayaan tersebut meningkat sangat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar $2,1 miliar.
2. Yang Lan

Pengusaha penyiaran asal Cina ini juga bisa dikatakan sangat sukses dalam meniti kariernya. Yang Lan memulai kariernya sebagai host di televisi pada awal 1990. Hanya beberapa tahun saja dirinya sudah mendapatkan penghargaan tertinggi untuk host televisi nasional.

Belum berhenti sampai di sana, Yang Lan pun melanjutkan studi untuk makin memperdalam ilmu yang dia miliki. Penghujung era 90-an, perempuan ini sudah menjadi salah satu petinggi di salah satu stasiun televisi nasional.

Puncak kariernya adalah mendirikan Sun TV di Cina. Stasiun televisi ini menjadi yang terbesar di negara asalnya. Selain itu, Yang Lin juga membangun yayasan untuk membantu masyarakat dalam pendidikan, kesejahteraan, dan peningkatan kebudayaan.

Baca juga: 13 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Menerapkan Mindset Entrepreneur
3. J. K. Rowling

Mendengar nama J. K. Rowling pasti langsung terbayang seorang penulis dengan karya besarnya. Rowling merupakan penulis cerita Harry Potter yang tersohor tersebut. Karya tersebut sekarang menjadi salah satu waralaba besar yang dikenal di seluruh dunia.

Namun, kegigihan penulis yang satu ini bisa dijadikan panutan oleh seluruh perempuan di dunia. J. K. Rowling sedang menggendong anaknya yang masih bayi dalam perjalanan di kereta. Ketika itu, dia juga baru saja bercerai dengan mantan suaminya.

Belum selesai sampai di situ, cerita awal Harry Potter juga ditolak oleh banyak penerbit kala itu. Namun, dia tidak menyerah hingga sekarang menjadi salah satu penulis terkaya di dunia. Kekayaannya ditaksir mencapai $60 juta pada 2020.
4. Kiran Mazumdar-Shaw

Pengusaha asal India ini juga bisa jadi panutan dan idola para kaum Hawa. Sosoknya merupakan salah satu pendiri perusahaan Biocon Biochemicals Limited. Perusahaan ini menjadi salah satu produsen pembuat bir, tekstil, pengemasan barang jadi.

Namun, Kiran tidak sukses begitu saja. Dirinya harus berjuang menghadapi banyak stigma tentang perempuan di dunia bisnis. Kiran sempat belajar di banyak negara tentang cara pembuatan bir hingga dia mendapatkan predikat master.

Sekarang dirinya sudah mendapatkan banyak penghargaan atas kerja keras dan karyanya di dunia bioteknologi. Biocon pun menjadi salah satu perusahaan besar yang produknya dipakai oleh banyak negara.
5. Whitney Wolfe-Herd

Perempuan ini sudah cukup populer di perusahaan teknologi. Dirinya adalah salah satu sosok yang membangun aplikasi kencan, Tinder. Sayangnya, dia memutuskan untuk keluar dari perusahan tersebut. Wolfe-Herd mendapatkan pelecehan seksual dari bos perusahaan tersebut.

Akhirnya, dia pun membangun perusahaan kencan lain bernama Bumble. Aplikasi ini dibuat sangat berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Kali ini, perempuan harus menyapa duluan hingga akhirnya komunikasi bisa dilanjutkan.

Dari perusahaan ini, Whitney Wolfe-Herd mendapatkan kekayaan hingga kekayaan sebesar $1,5 miliar. Bukan hanya itu, dia pun masuk ke dalam jajaran miliarder muda dari Bloomberg.

Baca juga: Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Buat Bisnis Langgeng
6. Zhong Huijuan

Sosok Zhong Huijuan merupakan penguasa farmasi di Cina sekaligus pendiri perusahaan Hansoh Pharmaceutical Group. Perusahaan ini merupakan produsen berbagai macam obat, khususnya tumor, diabetes, dan sistem saraf.

Dia memulai kariernya sebagai seorang guru mata pelajaran Kimia di sekolah. Suaminya bekerja di pabrik farmasi milik negara. Pada pertengahan 1995, Zhong memutuskan untuk membangun perusahaan farmasi dengan 10 orang karyawan.

Sekarang, perusahaan tersebut sudah go-public dan nilainya mencapai $10 miliar. Kabarnya, kekayaannya sekarang sudah mencapai $54 miliar dari penghasilannya di perusahaan.
7. Jennifer Hyman

Perusahaan Rent The Runway menjadi bisnis fashion yang didirikan oleh Jennifer Hyman. Dia merasa setiap orang berhak untuk tampil modis tanpa khawatir dengan harga busana yang sangat mahal. Karena itulah, dia mendirikan perusahaan penyewaan pakaian dan aksesori untuk berbagai keperluan.

Dirinya pernah masuk ke dalam 40 under 40 dari majalah Fortune pada 2012. Selain itu, Hyman juga pernah menjadi salah satu pebisnis sosok yang berpengaruh di dunia pada 2019. Kesuksesannya pun didapat dari cara dia memimpin di perusahaan.

Semua karyawan diperlakukan sama tanpa pandang divisi. Mereka berhak mengambil cuti untuk segala urusan menyangkut keluarga. Karena pada dasarnya, seluruh karyawan adalah manusia yang harus diperlakukan layaknya manusia.

Baca juga: Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Buat Bisnis Langgeng
Teladan yang Bisa Diambil dari Pengusaha Sukses Wanita di Dunia

teladan pengusaha sukses wanita

Mengetahui perjalanan karier dari pengusaha wanita sukses tentu bukan tanpa alasan. Kamu bisa mengambil teladan dari perjuangan dan ide-ide besar mereka. Berikut sederet teladan yang bisa kamu pelajari dari sosok-sosok di atas.
1. Bekerja keras

Kelebihan kamu dalam kehidupan mungkin akan membuat kamu lebih mudah mencapai mimpi. Namun, kamu tetap bisa menjadi lebih besar lagi dengan kerja keras dan kegigihan. Biarpun kamu mulai dari bawah, kerja keras akan membawa kamu mencapai titik tertinggi.
2. Pantang menyerah

Tidak sedikit perempuan di luar sana mendapatkan banyak penolakan. Mereka dipandang sebelah mata hingga sama sekali tidak mendapatkan kesempatan untuk berkembang. Namun, kamu tidak boleh menyerah dan terus mencari jalan keluar untuk masalah yang dihadapi. Pantang menyerah ini juga yang membuat banyak perempuan menjadi sukses di dunia mereka masing-masing.
3. Fokus kepada tujuan

Jika memang sudah punya tujuan, raihlah dengan sekuat tenaga. Sejumlah wanita sukses rela mundur satu langkah untuk bisa berlari seratus langkah ke depan. Hal ini bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki tujuan.
4. Selalu gali ide baru

 Bisnis bisa terus sukses dengan inovasi yang terus-menerus. Dengan kata lain, kamu sendiri yang harus mengeksplorasi kemampuan diri. Asah terus keahlian kamu untuk menciptakan ide-ide segar yang bisa diterima oleh banyak orang.
5. Memanusiakan manusia

Bagian ini yang tidak kalah penting. Orang bisa sukses bukan hanya kerja keras dari dirinya sendiri. Kesuksesan yang diraihnya tentunya didapat dari bantuan orang lain. Karena itu, kamu juga harus selalu memikirkan orang-orang di sekitar kamu yang percaya bahwa kamu bisa sukses.

Baca juga: Rekomendasi Film Motivasi Bisnis Biar Makin Semangat Usaha

Itu dia deretan pengusaha perempuan dunia yang sukses di bidangnya masing-masing. Kamu pun bisa seperti mereka dengan mulai sesuatu dari yang kecil. Salah satu contohnya adalah membangun bisnis sendiri dari sekarang.

Kamu bisa mencoba menjadi agen grosir, agen PPOB, hingga agen emas dan yang lainnya dengan bergabung di Mitra Bukalapak. Yuk, panjat sendiri kesuksesan kamu. Segera mulai bisnis online kamu dan dapatkan keuntungan berlipat

Menjadi wanita karier kadang sangat berat untuk sebagian orang. Selain sering dipandang sebelah mata, banyak wanita karier yang sulit meraih apa yang