BISNIS BUDI DAYA PERKUTUT

BISNIS BUDI DAYA PERKUTUT



Budi daya perkutut adalah hobi yang dapat mendatangkan keuntungan yang lur biasa disbanding budi daya unggas lainnya. Hanya saja tidak banyak orang tahu hal ini. Perkutut dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi, tidak mudah stress, jarang terkena panyakit, serta pannya melimpah dan murah. Biji-bijian, rumput-rumputan, dan padi-padian merupakan makanan utama perkutut. Tak jarang pula diberi beras merah, millet, butiran jagung, campura makanan pabrik dengan kandungan protein tinggi, ditambah mineral dan vitamin pada minumannya.
Perkutut memiliki musim kawin pada bulan April-Juni. Setelah menghasilkan telur, akan dierami jantan maupun betina selama ± 14 hari. Dalam sebulan sepasang perkutut dapat menghasilkan maksimal 8 ekor anak. Untuk meningkatkan produktivitas perkutut, titipkan telur atau anak ke burung puter sebagai induk semang yang baru. Dengan cara tersebut, perkutut dapat berkembang sampai tiga kali lipat tiap bualannya. Bahkan bisa menjadi seminggu asalkan induknya diberi vitamin dan pakan yang berkualitas.
Dalam membeli perkutut ada beberapa pertimbangan yang harus kita lakukan;
- sehat, aktifitas lincah, fisik baik, tegas, gagah, bulunya halus dan teratur rapi
- mata tajan dan bulat, paruh agak lurus normal dan warna kakinya terang
- nafsu makannya normal dan aktif
- suaranya minimal normal atau suara yang memenuhi criteria yang biasa disukai penggemar
- mengetahui silsilah keturunan untuk mengetahui kulitas mutu nenek moyang perkutut yang akan diternak.
A. Pemasaran perkutut
Pecinta perkutut mengkategorikan segmentasi padar menjadi beberapa macam;
- segmen pasar perkutut untuk kepentingan lomba. Harganya bisa ratusan juta
- untuk peternakan. Jika produksi anakan optimal dan suara iram baik, bisa tinggi harganya
- segmen yang mungkin dijangkau untuk penggemar perkutut. Segmen ini menekankan unsure gengsi. Bisa puluhan juta harganya
- orientasinya pada katuranggan. Pemilik meyakini bahwa perkutut dapat membuat pemiliknya memperoleh kebahagiaan, ketentraman hidup, rezeki melimpah atau tanda baik lainnya. Berapapun harganya akan dibeli.
- Banyak orang yang memilih perkutut dengan pertimbangan unik dan eksotik. Mereka yang termasuk golongan ini akan mampu menghargai hingga jutaan rupiah.
B. Modal awal
- pembuatan kandang Rp.500.000,00
- induk 5 pasang Rp.1.000.000,00
- pakan 5x 2000,00 Rp.10.000,00
- obt dan vitamin Rp.5000,00
- total Rp.1.015.000,00.