BISNIS TELUR DENGAN CITA RASA BERBEDA

BISNIS TELUR DENGAN CITA RASA BERBEDA

Telur adalah salah satu makanan yang banyak dikenal orang. Setiap warung nasi pasti mwnyajikan telur. Cita rasa yang enaklah yang dicari orang. Karena itu wajib hukumnya bagi setiap pengusaha telur untuk membuat rasa telurnya enak. Dengan Rp.1.000.000,00-Rp.3.000.000,00 seseorang sudah bias menjalankan usaha ini. Dan focus usaha terletak pada cara kita memasarkannya.
A. Telur ayam
Telur ayam diprioritaskan dalam bisnis ini, karena telur ayamlah yang paling banyak dikosumsi masyarakat. Karena itu penting untuk mempertahankan kualitas telur dalam proses pengawetannya. Kebanyakan pengawetan telur beserta kulitnya dengan menjadikannya telur asin. Kini ada cara lain, yakni dengan mengubahnya menjadi telur pindang.
B. Proses Pengawetan Telur
Pemindangan merupakan pengolahan kombinasi penggaraman dan perebusan dengan bahan baku berupa ikan atau telur. Telur pindang merupakan produk olahan telur tradisional yang menggunakan bahan penyamak protein. Protein akan terdenaturasi jika kontak dengan bahan penyamak misalnya tannin. Bahan-bahan yang bias digunakan untuk menyamak antara lain kulit daun bawang merah, daun jambu biji dan air teh.
C. Memberikan cita rasa yang khas pada telur
Dalam proses pemindangan telur digunakan kulit bawang merah atau daun jambu biji. Dengn dua bahan ini, warna kulit telur akan berubah menjadi cokelat dan memberikan cita rasa yang khas. Selain itu daun jambu biji diduga mengandung tannin yang bersifat menyamak kulit telur sehingga memperpanjang umur simpan telur. Tannin tersebut akan menyababkan protein yang ada di permukaan kulit telur menggumpal dan menutupi pori-pori telur, sehingga telur menjadi lebih awet.