BISNIS IKAN ASAP

BISNIS IKAN ASAP

Salah satu tehnik pngolahan ikan yang dapat maningkatkan nilai jual adalah pengsapan ikan. Pengasapan ikan adalah pros pnggabungan antara penggaraman dan pengeringan. Pengeringan berfungsi membunuh bakteri dan memudahkan menempelnya partikel asap saat pengasapan. Sedang pengasapan sendiri untuk mengawetkan dan menghasilkan rasa, aroma, dan warna daging yang khas. Hal ini sangat dipengaruhi jenis kayu yang digunakan. Gunakan kayu yang menghasilkan phenol dan asam organic tinggi seperti kayu yang keras dan tempurung kelapa. Ikan yang diasap harus ikan yang segar dan tidak cacat fisik. Ikan yang banyak digunakan dalam hal ini adalah tongkol, cucut, tenggiri, belanak, bandeng, cumi-cumi dan lele.
Pengasapan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu 1) pengasapan dingin yaitu pengasapan denganmeletakkan ikan agak jauh dari sumber asap dengan suhu 40-50°C maksimal dua minggu. 2) Pengasapan panas yaitu pengasapan dengan meletakkan ikan cukup dekat dengan sumber asap pada suhu 70-100°C selama 2-4 jam.
Berikut cara pembuatan ikan asap;
 Siapkan ikan lele segar 3 kg, 1 kg garam, dan air secukupnya
 Ikan dibelah jadi dua, bersihkan isi perutnya, cuci bersih, tiriskan
 Buat larutan garam 20-25% (untuk 8 kg ikan siapkan 5 lt air dan tambahkan 1-1 ¼ kg)
 Rendam ikan dalam larutan garam tersebut 30-60 menit dan beri pemberat di atasnya agar ikan tidak terapung
 Cuci ikan, tiriskan sembari diangin-angin sampai nampak kering. Penirisan dengan menggantung ikan, mengait anus dan posii mulut dibawah
 Nyalakan kayu baker dalam rumah asap, sampai didapat asap dengan temoeratur ruang 60-70°C
 Atur ikan di atas rak pengasapan. Lalu lakukan proses pengasapan sampai ikan matang, berwarna kuning kecokelatan mengkilap
 Keluarka ikan dari rumah aspa dan biarkan dingin.
Adapun modal awal usaha ikan asap dari 3 kg ikan basah, yang menghasilkan 1 kg ikan asap dengan bahan baku ikan segar, garam dan kayu bakar, yaitu sebesar Rp.49.000,00. mengenai modal maksimal tentu tergantung uang yang kita miliki dan sesuaikan dengan permintaan pasar.