BISNIS MENGOLAH BUAH SUKUN

BISNIS MENGOLAH BUAH SUKUN

Kebanyakan orng memandang sebelah mata buah sukun. Buah sukun dibiarkan begitu saja terjatuh dari pohonnya dan membusuk. Seakan tak ada manfaatnya sama sekali. padahal buah sukun mengandung banyak vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak. Bahkan kandungan mineralnya mencapai 69,3%. Tentu sangat baik jika dikosumsi. Buah sukun sangat mudah didapatkan dipasar-pasar tradisional dan harganyapun murah. Buah sukun bisa diolah menjadi berbagai macam aneka makanan yang lezat. Seperti tepung sukun, bolu sukun dan donat sukun serta kue tart sukun. Jika anda ingin mencoba bisnis pengolahan buah sukun ini, tentu akan sangat menguntungkan karena persaingan pasar masih sedikit.
A. Pengolaha sukun menjadi tepung sukun
- Pilih sukun tyang sudah tua
- Kupas dan potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil
- Lakukan pemblansiran 5-10 menit
- Jemur hingga kering
- Tumbuk
- Saring dan bersihkan
- Jemur sampai menjadi tepung yang bersih
Untuk pengolahan buah sukun menjadi bolu sukun, kue tart sukun, dan donat sukun, hamper sama dengan pembuatan kue bolu, donat dan kue tart pada umumnya, hanya saja tepungnya menggunakan tepung buah sukun.
B. Pemasaran dan modal awal
- Bisa melalui brosur-brosur yang kita buat dan disebarkan ke warung-warung, jalanan, kos-kosan dan lain-lain.
- Bekerja sama dengan took roti atau catering untuk menambahkan jenis produknya
- Bekerja sama sengan warung-warung atau instansi lain untuk memasarka produk kita dan bagi hasil.
- Menggunakan teori marketing.
Mengenai modal tidak perlu takut, karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Namun yang terpenting adalah disesuaikan dengan uang yang kita miliki.