BISNIS MENYULAP KERTAS BEKAS MENJADI RUPIAH

BISNIS MENYULAP KERTAS BEKAS MENJADI RUPIAH

Apakah ditempat kita bekerja atau rumah tempat berkumpunya keluarga terdapat kertas-kertas atau Koran bekas yang membuat pening kepala karena sekin bertumpuk? Pernahkah kita berpikir bahwa bahan-bahan itu bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Kertas-kertas tersebut sebenarnya dapat di buat menjadi pernak-pernik yang cantik dan bernilai tinggi.
A. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kerajinan kertas
Dalam hal ini setidaknya kita harus menarget Rp.500.000,00 sebagai modal awal utuk membeli bahan dan alat sebagai berikut;
1. Alat;
- blender
- screen berkasa
- ember
- alat penyaring
- busa
- kain basah
2. Bahan;
- kertas atau Koran bekas
- pewarna
- pengharum
- batang atau kelopak bunga yang kering
B. Cara pembuatan kerajinan kertas
- kerta bekas disobek atau dipotong kecil-kecil
- rendam dalam air beberapa saat, remas-remas sampai hancur
- hancurkan kembali dengan cara diblender dengan air 1:1
- masukkan bubur kertas kedalam ember isi air bersih (tiap 250 gr bubur kertas membutuhkan 5 liter air bersih, kebutuhan air disesuaikan dengan kebutuhan, tergantung ketebalan kertas yang didinginkan)
- camburan bubur ker6tas tersebut dicampur dengan lem kanji untuk menghasilkan kertas yang tidak mudah sobek (setiap 250 gr bubur kertas dicampur dengan 10-15 gr lem kanji)
- penambahan warna bias dilakukan untuk menghasilkan kertas warna. Untuk kertas daur ulang yang bermotif bisa dilakukan dengan menambahkan mahkota bunga kering. Untuk menambah keharuman kertas bisa ditambahkan pengharum
- setelah selesai disiapkan, masukkan semua screen kedalam adonan. Angkat screen dan biarkan air menetes beberapa waktu, lepaslah creen tanpa kasa dan letakkan diatas papan atau meja. Hilangkan air pada kasa dengan busa.
- Angkat screen setelah tidak mengndung air. Sediakan kain untuk meletakkan adonan yang telah pipih
- Jemur kertas dibawah sinar matahari, segera setrika hingga kering dan permukaannya halus.