Bisnis Otomotif - Peluang Usaha dan Kiat Suksesnya

Mengikuti tren dunia otomoif bagi sebagian besar orang terasa sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, tren otomotif tak pernah membosankan dan menjadi semakin menarik diikuti karena terus mengalami perubahan. Setiap hari industri otomotif melakukan inovasi baik dari sisi desain maupun teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau bahkan sekedar untuk memenuhi hasrat para pecinta otomotif. Lihat saja di berbagai media, setiap tahun akan ada saja keluaran motor atau mobil dengan desain baru dan teknologi yang makin canggih. Berbagai merek muncul dan berlomba-lomba menghadirkan produk otomotifnya dengan tujuan untuk meraih konsumen sebanyak-banyaknya.

Apakah pernah merasakan juga, dimana baru satu bulan membeli mobil, namun beberapa bulan berikutnya sudah berniat untuk melakukan tukar tambah atau membeli mobil baru? Wah.. selamat ya, Anda menjadi salah satu dari sekian banyak target empuk dunia industri otomotif.  Prospek industri otomoif ini memang sangat menggiurkan dan menguntungkan bagi banyak industri otomotif di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Mengapa Prospek Bisnis Otomotif Begitu Menggiurkan?


Bisnis otomotif di Indonesia seperti kendaraan bermotor berupa mobil dan sepeda motor memiliki prospek yang begitu menggiurkan dengan peluang keuntungan yang tidak tanggung-tanggung. Mengapa bisa demikian? Hal ini tidak lain dikarenakan oleh adanya beberapa faktor, seperti:

Pangsa Pasar Luas

Saat ini sangatlah sulit dijumpai orang yang bepergian ke tempat kerja, bebelanja, berwisata dan bepergian ke berbagai tempat lainnya dengan menggunakan kendaraan yang tidak bermotor seperti sepeda kayuh atau becak, apalagi berjalan kaki. Aktivitas mobilitas saat ini, baik di kota maupun desa sudah beralih pada penggunaan kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor karena dianggap lebih praktis, cepat dan hemat. Bahkan untuk menempuh jarak yang dekat saja banyak masyarakat Indonesia yang enggan berjalan kaki dan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor, salah satu penyebabnya adalah iklim tropis dengan terik matahari yang terasa sangat tidak nyaman jika harus berlama-lama berkatifitas fisik terutama di siang hari, sehingga kendaraan bermotor semakin menjadi primadona, dan jumlah pemilik kendaraan bermotor di Indonesia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Menjadi Kebutuhan Sekaligus Keinginan

Kendaraan bermotor tak hanya dibeli untuk memenuhi kebutuhan, namun juga untuk memenuhi keinginan. Dari sisi kebutuhan, kendaraan bermotor biasanya difungsikan sebagai alat transportasi pribadi maupun umum. Di sisi lain, kendaraan bemotor menjadi bagian dari gaya hidup untuk menunjukkan status sosial, atau bahkan hanya sekedar hobi untuk memenuhi keinginan atau kepuasan pemiliknya.

Selalu Berinovasi

Banyak yang tidak bisa menahan godaaan untuk tidak melakukan tukar tambah atau membeli kendaraan bermotor keluaran terbaru. Berbagai merek kendaraan bermotor selalu mengeluarkan model terbaru dengan sentuhan teknologi otomotif yang lebih canggih. Sehingga, meskipun sebenarnya sebuah kendaraan bermotor memiliki masa pakai yang tidak pendek, namun permintaan dan penjualan terus ada.

Kemudahan dalam Memiliki

Kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil memiliki banyak jenis dengan harga yang bervariasi. Namun, meskipun pada kendaraan bermotor yang tidak berjenis mewah sekalipun tetap saja harganya juga tidak murah. Meskipun demikian, kendaraan bermotor sangat mudah untuk dimiliki karena tidak harus membelinya secara cash, tapi juga bisa dengan sistem pembayaran diangsur atau kredit. Bahkan kini semakin banyak saja jasa keuangan yang menawarkan kepemilikan kendaraan bermotor sistem kredit dengan syarat dan DP ringan.

Faktor-faktor inilah yang membuat industri otomotif semakin meningkat. Tapi jangan berfikir bahwa prospek keuntungan bisnis otomotif hanya bisa dinikmati oleh para pelaku besar saja seperti pabrik atau perusahaan otomotif ya.. karena ada banyak sekali peluang usaha otomotif yang berskala kecil atau sedang dengan prospek besar yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Peluang Bisnis Otomotif


Peluang bisnis atau usaha bidang otomotif di Indonesia sangatlah banyak. Berikut beberapa jenis peluang bisnis otomotif yang menjanjikan dan bisa dipertimbangkan untuk dicoba:

  1. Bengkel servis mesin dan kelistrikan mobil atau sepeda motor
  2. Montir atau mekanik panggilan
  3. Bengkel perbaikan bodi mobil (body repair)
  4. Bengkel cat mobil
  5. Bengkel modifikasi mobil dan motor
  6. Air brush, cutting sticker & branding
  7. Jasa salon mobil (polish & coating)
  8. Jasa cuci mobil dan sepeda motor (steam)
  9. Jasa pemasangan audio dan video (sound system) mobil
  10. Jasa pemasangan alat pengaman otomatis (CCTV, GPS, auto lock, detector, alarm)
  11. Jasa pemasangan dan perawatan AC mobil
  12. Jasa pemasangan kaca film mobil
  13. Menjual spare part mobil dan motor, dan masih banyak lagi.


Kiat Sukses Bisnis Otomotif


Banyaknya peluang usaha di bidang otomotif yang tak melulu membutuhkan modal besar membuat siapapun bisa menjajalnya. Tapi, sebelum mulai terjun di bisnis otomotif ini ada baiknya untuk mengetahui kiat-kiat sukses berbisnis otomotif agar potensi keberhasilannya bisa lebih tinggi dan bisa meraup cuan maksimal.

Berikut beberapa kiat sukses sebagai bekal memulai usaha atau bisnis di bidang otomotif:

Passion

Jangan sekali-kali memulai bisnis hanya karena ikut-ikutan tren atau euphoria sesaat karena hal seperti ini tidak akan membuat bisnis bertahan lama. Sama halnya ketika akan membangun bisnis otomotif, sebaiknya didasari oleh adanya passion sehingga bisa lebih memahami bisnis yang sedang digeluti secara menyeluruh. Dengan memiliki ketertarikan pada bidang otomotif maka kamu bisa menjadi seorang pebisnis yang aktif, update dengan berbagai perkembangan dunia otomotif, mau belajar dan terjun langsung sehingga jika karyawan tidak bisa bekerja maka sebagai owner bisa turun tangan untuk melayani para pelanggan yang datang. Pentingnya passion dalam memulai bisnis otomotif pun pernah disampaikan oleh salah satu pebisnis sukses di dunia otomotif yakni Lung Lung, Founder Dokter Mobil, yang mengatakan “ketika bisnis berjalan, artinya Anda menjalankan passion”.

Riset Market

Lakukan riset market untuk mengetahui segmen mana yang mau disasar, siapa target pasarnya dan apa keunikan menonjol yang dimiliki jika dibandingkan dari kompetitor. Menurut Riyanto, Head of After Sales Business Process Improvement Auto 2000, sebuah bisnis otomotif harus memiliki Unique Selling Preposition (USP) yaitu keunikan yang menonjol dari kompetitor.

Perhitungan yang Tepat

Perhitungan yang tepat merupakan salah satu persiapan penting sebelum membangun bisnis otomotif. Lakukan mappig area atau survey lokasi, hingga perhitungan estimasi pembelanjaan modal dengan sebaik mungkin.

Strategi Marketing

Aktivitas marketing atau pemasaran merupakan hal wajib dalam menjalankan bisnis di bidang otomotif. Buatlah strategi marketing di awal sebelum membuka bisnis dan saat bisnis sudah berjalan, karena kondisi masyarakat yang berubah-ubah maka akan selalu dibutuhkan strategi marketing yang inovatif dan terus berkembang. Aktivitas marketing secara konvensional maupun strategi digital marketing bisa diterapkan keduanya untuk saling melengkapi dan memaksimalkan upaya menjaring lebih banyak pelanggan.

Pemilihan supplier yang Profesional

Tidak hanya bisnis otomotif yang bergerak di bidang penjualan produk saja yang membutuhkan pihak lain seperti distributor atau supplier dalam menjalankan bisnisnya. Jenis bisnis otomotif yang menawarkan jasa pun pastinya juga memerlukan media, peralatan atau barang-barang yang disediakan oleh distributor atau supplier.  Cari tahu dan pilihlah hanya distributor atau supplier yang profesional dan terpercaya, sehingga tidak perlu khawatir dengan kualitas produknya, mudah untuk berkonsultasi jika menemui kendala, serta bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi selama kerja sama bisnis berlangsung.

SDM yang Andal

Dari keseluruhan kiat-kiat seperti pada kelima poin yang telah dijelaskan di atas, tidak akan ada artinya jika tidak didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Belajar dari Jack Ma, pendiri toko online raksasa Asia, Alibaba: “Karyawan yang Anda rekrut harus mempunyai skill teknik yang lebih baik dari Anda, jika tidak, berarti Anda telah merekrut orang yang salah”. Nilai dari pesan ini bisa diterapkan dalam meng-hire atau merekrut karyawan untuk bekerja di perusahaan otomotif yang akan dibangun. Pastikan untuk merekrut karyawan yang memiliki keahlian di bidang teknis otomotif dan memiliki disiplin yang tinggi. Untuk mengetahui tingkat skill atau keahlian teknisnya bisa dilihat dari sertifikat pelatihan atau pendidikan yang dimilikinya serta tes praktik langsung. Sedangkan untuk memastikan kedisiplinannya dalam bekerja bisa dengan menggunakan sistem absensi yang akurat seperti pencatatan kehadiran kerja dengan mesin absensi. Perlu diperhatikan, mayoritas pekerjaan di bidang otomotif membutuhkan keterlibatan teknis atau aktivitas fisik langsung, sehingga karyawan membutuhkan alat absensi yang mudah dipakai dalam kondisi apapun, seperti Absensi Tanpa Sentuh (ATS) pakai telapak tangan (vein scanning) dan alat absensi wajah (face recognition).
 
Selalu ada peluang yang datang setiap hari termasuk peluang usaha. Peluang usaha industri Otomotif pun menjadi salah satu pilihan bisnis yang diminati calon pengusaha.

Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan.

Peluang bisnis otomotif senantiasa berkembang dengan perkembangan dunia otomotif. Di Indonesia perkembangan dunia otomotif mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan kendaraan bermotor dan aksesories pendukungnya. Maka peluang bisnis otomotif pun terbuka lebar dan semakin diminati. Artikel ini akan membahas beberapa peluang bisnis automotif yang ada.
1.Bisnis jual beli kendaraan (mobil dan motor)
Salah satu bisnis otomotif sudah dikenal adalah membuka jasa jual beli kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor,baru maupun bekas.
Bisnis ini memang membutuhkan modal usaha namun jika modal usaha tidak memungkinkan, bisnis ini masih bisa dijalani dengan seorang broker (makelar) yang mengubungkan calon konsumen dengan produsen maupun distributor kendaraan bermotor.
2.Bisnis Penjualan Sparepart Mobil dan Motor
Sparepart merupakan bagian dari mobil dan motor. Jika mobil atau motor Anda mengalami kerusakan, pasti yang Anda cari adalah sparepart mana yang rusak.
Dan Anda hanya perlu mengganti sparepartnya. Bisnis penjualan sparepart ini cukup mengguntungkan. Karena tidak terpengaruh trend, resikonya terbilang kecil, harga dan permintaannya cenderung stabil dan nilai asetnya hanya mengalami sedikit perubahan.
3.Bisnis Perawatan Mobil dan Motor
Jika Anda memiliki kendaraan mobil maupun motor pasti Anda ingin kendaraan Anda terlihat bersih atau tampil kinclong.
Namun diantara mereka tidak memiliki waktu untuk merawat kendaraannya tersebut.
Maka peluang bisnis otomotif dibidang layanan perawaran dan servis kendaraan bermotor terbuka, seperti usaha bengkel atau bisnis salon.
4.Bisnis Aksesoris dan Modifikasi Kendaraan Bermotor
Tak kalah dengan peluang bisnis otomotif lainnya, bisnis aksesoris dan modifikasi kendaraan bermotor juga menjanjikan keuntungan cukup besar.
Diantara aksesoris dan jasa modifikasi kendaraan bermotor yang senantiasa dicari konsumen adalah alat penghemat BBM dan aksesoris untuk memodifikasi kendaraan mereka dan sebagainya.
5.Bisnis perlengkapan bagi para pengendara
Selain memodifikasi penampilan mobil dan motor, perlengkapan pendukung untuk pengendara pun harus diperhatikan seperti helm, jaket, sarung tangan, tissue, car pillow, sarung setir dan lainnya. Bisnis ini juga awal yang bagus jika Anda ingin memulai dari yang sederhana.
6.Bisnis Jasa Rental Mobil

Peluang Bisnis jasa rental mobil butuh modal usaha dikarenakan Anda harus mempunyai beberapa mobil yang dapat dijadikan untuk disewakan kepada konsumen.

Bisnis ini sangat ramai dan sangat dibutuhkan perusahaan atau keluarga yang ingin berpergian.
6 Cara Jitu mengembangkan Peluang Usaha Bisnis Otomotif

Berikut ada 6 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan peluang usaha Otomotif:
1.Buat nama Usaha Anda dengan nama yang unik

Nama Usaha merupakan awal yang perlu Anda pikirkan.Buatlah nama yang unik agar konsumen ingat mengenai Usaha Anda. Dan akan lebih bagus lagi jika nama Usaha Anda mengandung arti tertentu.
2.Bekerja sama dengan komunitas

Community marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama.

Peluang usaha yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas .

Jumlah anggota komunitas yang banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk/layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha Anda.
3.Promo di sosial media

Ada beberapa macam sosial media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan Usaha Anda.

Promo di sosial media tidak perlu mengeluarkan banyak modal namun Anda perlu rajin dalam membina hubungan dengan konsumen melalui platform sosial media yang Anda gunakan.
Klik Otomotif Rambah Media Online untuk Perluasan Bisnisnya
4.Iklan yang Unik

Anda dapat mempromosikan usaha Anda dengan membuat iklan yang di beberapa platform seperti Youtube.

Buatlah Iklan yang unik agar orang yang menonton jadi penasaran dan ingin melihat iklan Anda.
5.Bekerja sama dengan endorse

Anda bisa bekerja sama dengan orang terkenal. Ini merupakan salah satu cara promosi yang dapat Anda lakukan untuk Bisnis Anda.

Orang terkenal akan membantu memasarkan usaha Anda dengan cara mengupload di sosial media mereka namun Anda butuh biaya jika Anda berniat melakukan promosi endorse.
6.Pembukuan yang simple

Peluang Bisnis Automotif sangat menjanjikan jika Anda mengetahui dasar-dasarnya. Peluangan bisnis automotif juga mempunyai peluang besar dalam bisnis jual beli mobil bekas.

Selain mengerti produk otomotif yang Anda jual, Anda harus memerhatikan laporan keuangan untuk usaha showroom mobil baru maupun bekas dan lainnya agar Anda tidak mengalami kerugian.

Anda bisa mencoba menggunakkan software akuntansi yang ada agar lebih simple dibandingkan membuat pembukuan bisnis otomotif secara manual.

Mengapa Prospek Bisnis Otomotif Begitu Menggiurkan? Bisnis otomotif di Indonesia seperti kendaraan bermotor berupa mobil dan sepeda motor memiliki pr