Ini Bosku! Peluang usaha lulusan teknik elektro 2023

Peluang usaha lulusan teknik elektro – Teknik elektro banyak diambil oleh laki-laki terutama yang memiliki minat dan passion yang berhubungan dengan listrik. Di perguruan tinggi jurusan yang membahas tentang kelistrikan ini disebut sebagai teknik elektro. Saat membicarakan teknik elektro pikiran akan langsung ke arah listrik arus kuat arus lemah atau ada juga listrik searah atau bolak balik. Dalam dunia kelistrikan sudah semakin berkembang membuat teori dan praktiknya tidak sesederhana dengan di masa lalu.

Prospek kerja lulusan teknik elektro ini sangat luas dan sangat terbuka dengan lebar. Hal itu dikarenakan banyak yang membutuhkannya. Beberapa posisi penting pun hanya bisa diisi oleh lulusan teknik elektro misalnya saja adalah teknisi radar, sonar, navigasi, teknisi selular, dan masih banyak lagi lainnya. Yang ingin membuka bisnis atau usaha pun peluangnya juga sama lebarnya. Ada beberapa peluang usaha lulusan teknik elektro yang menggiurkan untuk digeluti contohnya seperti berikut ini:

Kursus Elektro

Peluang usaha yang pertama adalah membuka kursus teknik elektro. Banyak masyarakat yang tertarik untuk menggeluti kursus ini dikarenakan berharap setelah lulus memiliki keahlian atau keterampilan dalam teknik elektro yang mana bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan untuk mereka. Untuk mendirikan kursus elektro sifatnya bisa rumahan atau resmi yang memiliki legalitas. Jika peminatnya semakin banyak bisa mengubah kursus skala rumahan ke kursus resmi sehingga memiliki struktur organisasi yang lebih lengkap dan memiliki surat izin untuk mendirikan kursus tersebut.

Servis Alat Elektronik

Usaha yang cocok untuk lulusan teknik elektro selanjutnya adalah servis alat elektronik. Bagi yang hobi elektronika dan mahir di dalamnya bisa membuka bisnis atau usaha servis alat elektronik ini. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika lulusan teknik elektronika mahir memperbaiki berbagai macam alat elektronik. Di dalam alat elektronik terdapat aliran arus listrik yang akan bisa membuatnya menyala dan bisa digunakan.  Untuk membuka usaha ini mudah dan peluangnya terbuka dengan lebar karena banyak yang membutuhkan jasa ini. Selain itu modal yang harus dikeluarkan pun tidak terlalu besar, hanya membutuhkan peralatan yang bisa menunjang kegiatannya dalam memperbaiki alat elektronik tersebut.

Supaya laris manis lulusan elektro harus memiliki skill yang mumpuni dalam mengatasi berbagai macam kerusakan alat elektronik tersebut. Tidak hanya itu saja supaya konsumen puas dengan servis yang diberikan berikanlah masa garansi maksimal seminggu, sehingga jika masih ada kerusakan pada barang yang diserviskan konsumen bisa menyerviskannya kembali tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Komponen Elektronika

Peluang usaha lulusan teknik elektro yang bisa digeluti adalah membuka toko komponen elektronika. Mendirikan toko ini cocok dengan lulusan elektro yang memiliki passion berjualan. Komponen elektro ini banyak dibutuhkan dalam servis alat elektronik namun ada juga yang membutuhkannya saat praktikum. Selama barang-barang elektronika masih dijual bebas di pasaran, peluang untuk mendirikan toko penjualan komponen elektronika ini masih memiliki prospek yang bagus.

Jasa Pembuatan Rangkaian

Bagi lulusan elektronika yang memiliki kemampuan dalam merakit komponen elektronika dengan baik dan benar bisa memberikan layanan jasa pembuatan rangkaian ini. Saat ini masyarakat banyak yang mencari rangkaian elektronika. Contoh rangkaian yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat adalah rangkaian power bank, charger pengisi aki otomatis, dan masih banyak lagi lainnya.

Service Smartphone

Selain servis alat elektronik peluang usaha lulusan teknik elektro yang menggiurkan adalah memberikan servis smartphone. Servis ini akan banyak dibutuhkan mengingat pengguna smartphone yang semakin banyak.  Penjualan smartphone yang mengalami peningkatan membuat prospek untuk servis smartphone ini cerah dan menggiurkan. Smartphone yang rusak pada umumnya memiliki kerusakan yang sama misalnya sering terlalu dipakai dan tidak tahu bagaimana penggunaan smartphone yang tepat. Omzet dari service smartphone ini begitu menggiurkan, jika sudah memiliki nama dalam sehari bisa meraup omzet sampai 3 juta rupiah. Dibandingkan dengan bisnis jual beli smartphone baru dan bekas, service smartphone ini lebih menguntungkan karena risiko kerugian kecil selain itu hanya mengandalkan keahlian saja.

Perakitan Komputer

Usaha untuk lulusan elektronika yang bisa digeluti selanjutnya adalah perakitan komputer. Peluang usaha ini cocok bagi yang memiliki hobi bongkar pasang komputer. Tidak hanya lulusan teknik komputer dan jaringan saja yang bisa bongkar pasang komputer atau laptop, tapi anak elektro pun bisa melakukannya. Target pasar dari perakitan komputer ini luas mengingat saat ini banyak yang memiliki PC atau laptop untuk mengerjakan tugas sekolah atau kantor. Selama laptop dijual bebas di pasaran, maka peluang bisnis perakitan komputer dan laptop ini masih terbuka dengan lebar.

Teknik elektro memiliki bidang kerja yang luas, sehingga tidak mengherankan jika lulusannya memiliki prospek yang bagus. Tidak hanya dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja saja, namun lulusan teknik elektro disiapkan untuk menjadi wirausaha atau pebisnis yang tangguh dan  kompeten. Tidak jarang banyak lulusan teknik elektro yang menekuni dunia bisnis. Beberapa contoh peluang usaha lulusan teknik elektro sudah disebutkan di atas menjadi bukti bahwa dunia bisnis yang bisa digeluti oleh teknik elektro ini begitu luas dan tentunya menggiurkan karena bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit.
 

daftar Peluang usaha lulusan teknik elektro Peluang usaha lulusan teknik elektro Peluang usaha lulusan teknik elektro 2023 Peluang usaha lulusan teknik elektro terbaru

daftar Peluang usaha lulusan teknik elektro Peluang usaha lulusan teknik elektro Peluang usaha lulusan teknik elektro 2023 Peluang usaha lulusan tekni