PELUANG USAHA POMPA AIR POMPA SIBEL SUMUR BOR DLL

Persaingan Ketat Dalam Bisnis Pompa Air
Berniat untuk menjalankan sebuah bisnis dalam bidang tertentu, maka anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola dan melihat perkembangan di bidang yang akan anda pilih nantinya. Hal seperti ini akan menjadikan anda memiliki kemampuan dasar dan juga keyakinan untuk bisa mengelola dan menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan sesuai dengan harapan anda sejak awal. Jadi suatu saat nanti, ketika sebuah masalah tiba-tiba timbul dan menyerang lini bisnis anda, maka anda akan memiliki kemampuan yang baik untuk bisa bertahan dan juga tetap berkomitmen dalam menjalankan dan melanjutkan bisnis tersebut.

Namun, jika sejak awal anda tidak menguasai produk bisnis yang akan anda jalankan, maka bisa dipastikan anda akan mengalami kendala dalam menangani berbagai hal atau masalah yang mungkin saja terjadi dan anda hadapi di dalam perkembangan bisnis tersebut ke depannya. Anda mungkin saja akan segera menyerah dan meninggalkan bisnis tersebut dengan alasan tidak mampu atau kurang tertarik dengan segala macam permasalahan yang tiba-tiba menghadang, sehingga pilihan “gulung tikar” adalah sebuah hal yang paling tepat untuk dilakukan.

Ketatnya persaingan bisnis seharusnya menjadi salah satu hal wajib yang anda antisipasi  sejak awal, di mana anda mencoba untuk memahami dan mengetahui dengan benar seberapa besar sebenarnya peluang yang anda miliki dalam bisnis tersebut. Jika anda mengerti dengan baik tentang hal tersebut, maka anda akan mamiliki kemampuan bersaing yang baik dan tahan banting terhadap kerasnya dunia bisnis yang akan anda jalani nantinya. Prinsip seperti ini sangat penting untuk anda miliki, terlepas dari apa dan bagaimana jenis bisnis yang akan anda jalankan nantinya.

Bisnis pompa air adalah salah satu jenis bisnis yang patut anda jadikan sebagai pertimbangan, sebab peluang sukses bisnis tersebut terbilang cukup besar di pasaran. Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller / distributor peralatan tersebut, sehingga semua akan lebih mudah dan juga simpel untuk anda jalankan. Jika ternyata berjalan dengan lancar, anda juga bisa mengembangkannya dengan menyediakan layanan reparasi pompa air dengan mengajak kerjasama beberapa tenaga ahli / teknisi di bidang tersebut. Pompa air menjadi sebuah kebutuhan yang terbilang banyak sekali digunakan oleh hampir semua keluarga, sehingga anda akan memiliki peluang yang sangat cerah ketika menjalankan bisnis tersebut.

air
Ketika memulai bisnis ini, ada baiknya anda hanya menyediakan merek pompa air tertentu saja sebagai permulaan, terutama keluaran perusahaan-perusahaan ternama yang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya di tengah-tengah masyarakat luas. Hal ini akan membantu anda untuk bisa menembus pasar dengan lebih mudah dan mendapatkan angka penjualan yang lebih mudah sejak awal-awal bisnis tersebut dijalankan. Jika bisnis telah berjalan lancar, maka anda bisa menambah jumlah merek pompa air yang anda sediakan, sehingga pasar yang bisa dipenuhi akan semakin luas dan menguntungkan.

Namun selalu pastikan jika anda hanya menjual merek-merek yang berkualitas baik saja, agar konsumen tidak merasa kecewa dan tertipu dengan membeli berbagai merek tidak berkualitas baik. Untuk melihat kualitas produk, anda bisa mengindikasikannya melalui layanan dan juga sparepart yang tersedia di pasaran, di mana konsumen dapat mendapatkannya dengan mudah jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada pompa air yang mereka beli tersebut. Pertimbangan garansi juga bisa dijadikan indikasi lainnya.
=== BISNIS POMPA AIR ===
Tren Bisnis Mesin Pompa Air,  Mengenali Jenis-Jenisnya yang Berpeluang Cuan

MEDIAINI.COM – Bisnis mesin pompa air masih terus dibutuhkan. Hal ini karena pompa air ini banyak menawarkan kelebihan. Bahkan banyak jenis pompa air yang bisa dipilih untuk dipasang pada rumah Anda. Meskipun fungsinya sama saja, yaitu menaikkan air dari bawah sumur ke atas, tapi perbedaannya terletak pada penempatan pompa air itu sendiri. Pompa air justru dipasang dengan dibenamkan pada kedalaman air.

Kelebihan pompa air ini ada banyak, yang pertama adalah daya listrik yang digunakan ini cukup rendah sehingga pemakaiannya menguntungkan. Kedua, pompa air ini tidak berisik. Hal ini karena ditempatkan di dalam sumur, sehingga tidak timbul suara berisik seperti pompa pada umumnya. Ketiga, lebih efisien karena dibuat dari teknologi canggih yang tidak perlu energi besar untuk menarik air ke permukaan. Bahkan debit air yang dikeluarkan juga cukup besar. Keempat yaitu awet bahkan bisa digunakan selama 24 jam non-stop. 

Kelima, cara pemasangannya praktis karena tidak butuh pipa hisap dan tidak memakan banyak tempat, hanya tinggal direndam di dalam air. Keenam, pompa air juga tidak mudah rusak karena dilengkapi mesin kedap air. Perawatannya juga mudah dan murah, apalagi dibuat dari bahan stainless steel yang anti karat, kedap air dan lain-lain. Bisa bekerja maksimal dan optimal dengan perawatan khusus.

Mengenal Bisnis Mesin Pompa Air dan Jenis-Jenisnya
Mengenal Bisnis Pompa Air Rumah Tangga
Pompa air secara umum bekerja dengan memompa air dari sumber air untuk didistribusikan ke pipa saluran air yang ada di rumah atau pada tangki air. Dengan pompa air yang lebih modern dengan teknologi bertenaga listrik, kini tak perlu menimba air dengan susah payah dan menguras banyak tenaga. Maka bisnis pompa air ini bisa dicoba untuk membuat banyak orang mudah mendapatkan air bersih dengan lebih murah dan hemat. Pasalnya hanya membeli dan memasangnya pada kedalaman tertentu lalu bisa menikmati air melimpah tanpa memikirkan biaya tagihan air bulanan.

Jenis Pompa Air Sumur Dangkal
Jenis pompa air sumur dangkal ini mampu menghisap air hingga kedalaman 9 m. Jenis mesin pompa air ini cocok digunakan pada hunian lahan sempit dan dalam skala penggunaan ringan. Terdiri dari beberapa kategori yakni watt kecil (daya berkisar antara 75, 125, dan 200 watt), hingga jenis pompa sumur dangkal semi jet. Untuk pompa sumur air dangkal dengan daya kecil bisa menghisap air hingga kedalaman 6 m. maksimal debit airnya untuk 200 watt bisa mencapai 50liter/menit.

Jenis Pompa Air Sumur Dalam
Jenis mesin pompa air ini mampu menghisap air hingga kedalaman lebih dari 9 m. Pompa ini biasa disebut jet pump dan biasanya digunakan pada rumah tangga. Mesin injector yang ada didalamnya ini fungsinya untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap. Terdapat dua tipe jenis pmpa ini yaitu semi jet pump dan jet pump. Jet pump terdapat tabung, sedangkan semi jet pump tidak ada tabung yang bisa menambah kekuatan daya hisap dan daya pancar pompa.

Pompa Air Celup
Jenis mesin pompa air ini dipasang dengan cara dicelup atau dibenamkan ke dalam air. Jenis ini berfungsi untuk menyedot air dan mengalirkan ke dalam alat penyaring air dan lebih sering ditemukan sebagai mesin pompa air akuarium karena daya pancarnya hanya lebih dari 5 meter.

Pompa Air Booster
Pompa air booster ini biasanya dipasang di dekat bahkan di dalam sumber air. Pompa ini justru dipasang di tengah instalasi pipa air. Pompa ini berfungsi untuk memperkuat daya pancar aliran air di dalam instalasi pipa air dalam rumah. Pada umumnya, mesin pompa air jenis ini banyak digunakan pada rumah yang dipasangi alat pemanas air atau water heater.

Memilih Pompa Air Berkualitas
Mesin ompa air banyak jenisnya, maka perlu memilih pompa air yang berkualitas sebelum dipasang. Salah satu caranya adalah dengan memahami kedalaman permukaan air pada rumah Anda. Sehingga Anda bisa menentukan jenis mesin pompa air yang cocok untuk dipasang di rumah. Selanjutnya, sesuaikan besaran tenaga listrik di rumah, pilihlah yang dayanya dibawah besaran tenaga listrik di rumah Anda. Pilih jenis pompa air berdasarkan kebutuhan penggunaan air.

Cara Pasang Otomatis pada Pompa Air
Cara memasang pompa listrik otomatis di rumah cukup mudah. Meskipun tidak terlalu terlalu sulit, tapi Anda harus memperhatikan betul beberapa langkah-langkahnya supaya tidak terjadi kesalahan. Pertama sambungkan kabel listrik positif ke salah satu terminal otomatis dan sambungkan terminal kabel saklar otomatis yang lain ke salah satu kabel pompa air. Sambungkan juga kabel listrik negatif ke arah kabel pompa air sisi lain. Berikan isolasi khusus agar tidak korsleting. Pasang kabel grounding pada salah satu sekrup mesin pompa air menuju ke tanah. Cek pompa air hingga menyala. (Gusti Bintang K.)

=== PELUANG USAHA JUAL POMPA AIR ===
Modal Keberanian “Nyemplung” ke Usaha Pengolahan Air dan Perlengkapan Kolam

Air adalah salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan sehingga sumber daya ini dikelola sebaik-baiknya. Di Bali keberadaan air tidak hanya vital untuk kehidupan di tingkat rumah tangga, pun sangat diperlukan dalam kegiatan pariwisata. Demi menjaga ketersediaan air bersih maka diperlukan berbagai perlengkapan pengolahan air. Inilah yang ditawarkan di UD. Damai Sejahtera yang merupakan spesialis pompa dan filter air sejak 20 tahun silam. Perintis usaha ini, Adi Utama, merupakan pengusaha yang jeli melihat peluang yang awalnya tidak dilirik kebanyakan orang. Pria yang bermodal nekat “nyemplung” ke dunia usaha yang tidak ia kuasai sebelumnya, masih aktif mengurus usaha meski kini menginjak usia 60 tahun.

Jika melewati jalan Imam Bonjol Denpasar kita akan mudah menemukan toko Damai Sejahtera lantarannya tempatnya bersisian dengan jalan raya. Toko berlantai tiga ini terletak tepat di pintu masuk Imam Bonjol Square, Denpasar. Di sinilah kita dapat menemukan produk-produk pengolahan air seperti pompa air, filter air, dan perlengkapan kolam renang yang terjamin dan bergaransi. Perusahaan ini menangani permasalahan sistem air untuk rumah tangga maupun usaha di industri pariwisata seperti hotel, villa, restoran, dan lainnya.


“Produk kami meliputi pompa sumur, pompa dorong, pompa kolam, filter air, sistem Reverse Osmosis atau RO, dan kebutuhan kolam renang. Segala pembelian dan pemasangan kami jamin dengan garansi purna jual,” ujar Adi Utama, perintis usaha UD. Damai Sejahtera.

Tidak hanya berfokus pada penjualan dan instalasi produk saja, UD. Damai Sejahtera juga menyediakan jasa pelayanan yang siap membantu mengatasi permasalahan air para konsumen. Tenaga teknisi yang berpengalaman siap menerima konsultasi dari konsumen perihal masalah atau malfungsi sistem air konsumen tanpa dipungut biaya. Pengalaman bertahun-tahun bidang pengolahan air menjadikan SDM UD. Damai Sejahtera dapat dipercaya untuk melayani dan menangani masalah-masalah air.

Biasanya di tingkat usaha hotel atau villa UD. Damai Sejahtera kerap mengerjakan sistem air pool (kolam) beserta pemasangan pool equipment. Sedangkan untuk lingkup rumah tangga tidak jarang datang pesanan untuk pemasangan pompa dan mengatasi permasalahan air dengan filtrasi air bersih sampai layak minum. Uniknya bagi konsumen yang ingin mendapatkan layanan pemasangan filter air dapat melakukan pengetesan air secara gartis. Demi memastikan solusi pemasangan filter yang tepat untuk permasalahan air, konsumen cukup membawa sampel air rumah dalam bentuk botol atau kontainer kecil langsung ke toko. Setelah itu barulah dilaksanakan pemasangan filter air yang sesuai dan tepat dengan kondisi air di rumah konsumen.


“Pastikan air rumah anda bersih dengan pemasangan filter air dari kami, karena dengan air yang bersih maka hidup kita pun pastinya lebih sehat,” kata Adi Utama memaparkan.

The Power of Kepepet

Adi mengisahkan hal ihwal bagaimana bisa terjun ke bisnis penjualan pompa dan jasa pengolahan air, yaitu pada saat terjadi kerusuhan di daerah asalnya yaitu di Lombok. Pada waktu itu dirinya telah menginjak usia 40 tahun dan memiliki empat orang anak. Ia beserta keluarganya terpaksa pindah ke Bali dengan membawa barang-barang yang sekiranya dapat diangkut ke perantauan.

Sesampainya di Bali ia diizinkan oleh salah seorang relasinya untuk menyewa sebuah tempat tinggal dengan harga sewa yang terjangkau. Saat itu sudah ada pemikiran untuk membuka sebuah usaha demi bisa memulai hidup baru. Memang sebelumnya Adi memiliki pengalaman sebagai fotografer dan teknisi kamera di kota asalnya. Namun ia tidak yakin dapat melanjutkan usaha itu di Bali. Sehingga ia melakukan survei terlebih dahulu, mana peluang usaha yang sekiranya dapat ia jalankan.

Setelah waktu berlalu selama enam bulan, akhirnya Adi memantapkan diri menekuni usaha penjualan pompa dan perlengkapan kolam untuk hotel maupun villa. Ide itu didapatnya lantaran melihat kebutuhan air yang sangat tinggi di tingkat usaha pariwisata namun sangat sedikit pemain yang berkecimpung di bisnis peralatan pengolahan air. Akhirnya dengan modal yang tersisa, ia nekat membeli satu pompa yang ia gunakan untuk memulai usaha.

“Bisa dikatakan masa tiga tahun sejak memulai usaha adalah masa-masa belajar mengenai seluk beluk usaha ini. Saya sendiri tidak memiliki dasar pengalaman di bidang air, jadi harus berani mencoba karena the power of kepepet,” kenangnya.

Setelah memasuki tahun ketiga barulah Adi dapat merasakan perkembangan usahanya. Ia pun sudah mampu menyewa satu toko yang ia tempati hingga saat ini. Kunci kesuksesan Adi Utama dalam mengembangkan bisnis yang tidak ia kuasai sebelumnya adalah kekuatan doa dan kerja yang dilaksanakan secara seimbang. Menurutnya, keberhasilan usahanya saat ini tidak terlepas dari campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ia menambahkan bahwa semangat entrepreneur yang dimilikinya tidak lain merupakan penempaan hidup yang dilalui sejak kecil. Putra pasangan pedagang ini sejak usia sekolah sudah bisa mengumpulkan pundi-pudi rupiah. Di luar waktu sekolahnya ia berkeliling menjajakan makanan dan minuman untuk mendapatkan uang bekal.

Semangat berjuang meraih asa itu terus bergelora hingga saat ini, bahkan di saat dirinya telah memasuki usia 60 tahun. Ia membuktikan bahwa usia bukanlah faktor penentu seseorang apakah mampu meraih kesuksesan atau tidak. Seperti halnya ia yang masih optimis bekerja sehingga memotivasi para insan muda untuk tidak kalah dalam hal giat berusaha.