Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada

Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada
Dalam urusan berbelanja, sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengandalkan keberadaan toko kelontong. Biasanya, hal itu karena lebih praktis dan lokasinya dekat dengan rumah. Meski toko online terus menjamur, nyatanya warung kelontong tetap eksis di pasaran. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk merintis usaha rumahan ini, yuk simak barang apa saja yang wajib ada di warung.

Toko Kelontong
1. Sembako
Sembako yang merupakan singkatan dari sembilan bahan pokok adalah barang-barang yang paling dicari oleh pembeli setiap hari. Jadi, barang-barang ini wajib menjadi barang yang harus kamu jual di warung kelontong. Beberapa barang yang masuk dalam kategori sembako adalah beras, telur ayam, minyak goreng, gula, tepung terigu, dan barang pokok lainnya.

2. Makanan Ringan
Segmentasi toko kelontong tak berbeda jauh dengan minimarket yang menyasar semua pembeli dari berbagai kalangan usia. Khusus untuk menarik anak-anak, sediakan aneka jenis makanan ringan, dari yang rasanya manis hingga gurih. Agar lebih menarik, perhatikan cara menatanya. Biasanya makanan manis seperti permen atau cokelat diletakkan di dekat kasir. 

3. Minuman
Produk minuman di sini bisa berupa air mineral hingga minuman cepat saji, seperti teh seduh dan kopi sachet. Kamu juga bisa menyediakan air mineral dalam galon dari berbagai merek. Biasanya produk ini termasuk salah satu yang paling laris di berbagai warung kelontong. Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya; langsung sisihkan bila sudah kedaluwarsa.

4. Perlengkapan Mandi dan Mencuci
Mandi dan mencuci merupakan aktivitas yang rutin dilakukan oleh setiap orang. Nah, untuk bisa melakukan kegiatan tersebut, tentu dibutuhkan barang-barang pokok seperti sabun mandi, pasta gigi, sampo, dan detergen. Sebagai pedagang kelontong, wajib hukumnya untuk menyediakan barang-barang tersebut dari berbagai merek agar pembeli memiliki banyak pilihan.

5. Perlengkapan Rumah Tangga
Setiap rumah tangga tentunya harus memiliki beberapa perlengkapan penunjang kebersihan. Di antaranya seperti ember, kain pel, sapu ijuk, dan lain sebagainya. Nah, barang-barang ini bisa kamu sediakan di warung kelontong. Namun, pastikan kamu memiliki ruang yang cukup untuk meletakan perlengkapan tersebut, ya.

6. Obat-obatan
Obat-obatan di sini termasuk obat-obatan ringan yang dibutuhkan secara berkala. Contohnya seperti minyak kayu putih, obat batuk, obat luka ringan, obat sakit kepala, koyo, dan lain-lain. Sebagai catatan, pastikan kamu hanya menjual obat-obatan yang boleh diperjualbelikan tanpa resep dokter, ya.

7. Bumbu Dapur
Kamu pasti sudah pernah merasakan gimana rasanya kehabisan bumbu dapur seperti penyedap rasa atau kaldu instan saat sedang memasak.  Bahan-bahan ini termasuk yang paling cepat habis tanpa kamu sadari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa menyediakan bumbu-bumbu dapur di toko kelontong yang kamu kelola.