15 Ide Bisnis Rumahan di Bulan Ramadan, Berpotensi Untung 2023

Bisnis.com, JAKARTA - Dikarenakan di masa ramadan hampir dirayakan oleh banyak masyarakat seperti puasa dan lebaran, tak jarang momen ini bisa dijadikan sebagai membuka ide bisnis Anda.

Kemudian jika dijalankan dengan baik, bukan hanya mendapatkan keuntungan yang menjanjikan di bulan Ramadan, namun bisnis ini masih tetap dapat dijalankan.

Lantas, bisnis apa saja yang dapat Anda jalankan di bulan Ramadan secara rumahan?
Berikut 15 daftar ide dan inspirasi yang dapat Anda simak.
 

1. Katering
Di bulan puasa, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka bisnis katering buka puasa ataupun untuk sahur. Hal ini cocok bagi mereka yang ingin praktis, sibuk bekerja, ataupun bagi mahasiswa.

Anda dapat menanyakan pelanggan ide menu yang mereka inginkan dan menawarkan jasa untuk mengirimkan makanan ke depan rumah mereka.
 

2. Menjual Makanan Sudah Jadi
Jika Anda kurang cocok dengan opsi katering, Anda dapat mencoba menjual makanan yang sudah jadi. Anda dapat menjualnya ala prasmanan ataupun sudah dibagi per porsinya dengan kantong plastik.

Jualah makanan yang beragam agar pelanggan tidak mudah bosan.
 

3. Jualan Takjil
Takjil dapat menjadi makanan yang dinanti-nantikan. Bahkan takjil diburu menjelang jam berbuka puasa. Anda dapat menjualnya di pinggir jalan atau di depan rumah Anda. Anda juga dapat menjual berbagai ragam minuman yang segar.
 

4. Jualan Kurma
Kurm sering dikonsumsi terutama saat berbuka puasa. Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk mencari supplier dengan kualitas yang terbaik dan terjamin yang kemudian untuk dijual kembali.
 

5. Jualan Perlengkapan Ibadah
Di masa Ramadan, tak jarang banyak yang membeli perlengkapan ibadah yang baru. Untuk itu, cobalah untuk menjual perlengkapan ibadah dan pajang di depan rumah Anda atau bahkan dapat menjualnya secara online.
 

6. Jualan Kue Kering
Rasanya tidak lengkap jika di bulan Ramadan tidak memiliki kue kering. Untuk itu, jika Anda memiliki hobi atau keahlian dalam membuat kue kering, tidak ada salahnya untuk menjual kue kering.

Pastikan Anda memberikan hal yang berbeda, seperti dalam kemasan ataupun dalam rasa. Hal ini lantaran dapat membuat Anda menjadi lebih menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.
 

7. Jualan Toples untuk Kue Kering
Toples unik dan juga menarik menjadi incaran, terutama agar kue kering lebih terlihat lebih menarik. Selain itu, toples juga dapat membantu memberikan kesan kesegaran. Jika Anda suka mencari hiasan rumah yang unik, tidak ada salahnya untuk mencoba menjual toples untuk kue kering.
 

8. Jasa Parcel Lebaran
Jasa parcel menjadi incaran mengingat di bulan Ramadan, banyak orang yang akan mengirimkan parsel untuk teman, kerabat, tetangga ataupun untuk partner bisnis. Jika Anda suka mendekor, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis ini.

Anda juga dapat bekerja sama dengan supplier kue kering agar harga yang Anda tawarkan dapat menjadi lebih murah.


9. Menjual Baju Muslim
Baju muslim sering diincar baik bagi para wanita ataupun pria. Jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba mencari supplier atau bahkan melakukan sistem jualan dengan dropship, untuk harga yang lebih terjangkau.


10. Membuka Jasa Jahit
Selain membeli baju muslim yang baru, banyak juga dari mereka yang ingin memakai baju sesuai dengan desain keinginan mereka sendiri. Untuk itu, jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit, cobalah untuk membuka jasa di bidang ini.


11. Jasa Rental Kendaraan
Tidak ada salahnya jika Anda ingin menyewakan mobil Anda untuk disewakan. Hal ini lantaran banyak keluarga yang meninggalkan kendaraan mereka atau lebih memilih menggunakan mobil sewaan agar lebih praktis.


12. Jasa Cuci Kendaraan
Sebelum berpergian, di bulan Ramadan banyak orang yang mencuci kendaraannya sebelum berpergian atau ditinggal di rumah. Hal ini dikarenakan banyak orang yang pergi ke kampung halamannya dengan menggunakan kendaraan umum, pesawat, atau menggunakan mobil sewaan.

Bahkan, tak jarang orang yang telah melewati jalan yang jauh juga membutuhkan jasa cuci kendaraan agar mobil menjadi lebih bersih.


13. Penitipan Kendaraan
Masih berhubungan dengan sebelumnya, jika Anda memiliki lahan yang luas Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut dalam membuka bisnis penitipan kendaraan. Bahkan, Anda juga bisa menawarkan jasa cuci mobil, selama mobil tersebut dititip.


14. Menjual Makanan Khas Daerah
Selain kue kering, banyak dari para keluarga yang membeli makanan khas daerahnya untuk diberikan kepada sanak-saudaranya atau bahkan sebagai oleh-oleh. Carilah supplier terpercaya agar produk yang Anda jual juga berkualitas.


15. Perlengkapan Kesehatan
Perlengkapan kesehatan sendiri meliputi masker, hand sanitizer, atau berbagai obat dan vitamin yang praktis baik untuk perlengkapan di rumah atau untuk berpergian saat lebaran. Di masa pandemi, perlengkapan kesehatan juga menjadi prioritas bagi banyak orang.

Dikarenakan di masa ramadan hampir dirayakan oleh banyak masyarakat seperti puasa dan lebaran, tak jarang momen ini bisa dijadikan sebagai membuka ide