Peluang Usaha Bengkel Mobil dan Strategi Yang Harus Dilakukan

Strategi Yang Harus Dilakukan Dalam Peluang Usaha Bengkel Mobil
1. Mencari Lokasi Usaha
2. Strategi Mempromosikan Usaha
3. Menjaga Pelayanan dan Kualitas Kepada Pelanggan
4. Berikan Fasilitas Ruang Tunggu Yang Nyaman
5. Menerima Layanan Panggilan
6. Membuka Layanan GO-Mekanik
7. Membuka Layanan Booking Via Aplikasi
8. Memberikan Souvenir Kepada Pelanggan
9. Pahami Apa Yang Diinginkan Pelanggan Atau Konsumen
Tanya Jawab Seputar Peluang Usaha Bengkel Mobil

  1. Berapa modal buka usaha bengkel mobil?
  2. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha bengkel mobil?
  3. Apa jenis usaha bengkel?

Kesimpulan

Salah satu jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum adalah bengkel kendaraan salah satunya kendaraan roda empat yaitu mobil. Dengan begitu, peluang usaha bengkel mobil sangatlah menjanjikan. Selain itu, semakin berkembangnya zaman semakin meningkat pula jumlah pengguna mobil pribadi.

Bengkel mobil biasanya dapat untuk semua jenis dan merek mobil, contoh layanan yang ditawarkan ialah modifikasi eksterior dan interior mobil, sparepart mobil, salon mobil atau car spa, aksesoris mobil hingga reparasi panggilan.

Ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis bengkel mobil, seperti mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kerusakan pada mobil yaitu cara membongkar mobil. Peluang usaha bengkel mobil semakin terbuka lebar apalagi jika Anda lulusan dari sekolah teknik mesin atau perbengkelan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka usaha bengkel adalah mencari pemasok atau supplier kebutuhan bengkel yang menyediakan barang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

Jika sudah mempunyai modal usaha yang besar dan ingin mempekerjakan orang, carilah pekerja yang memiliki keterampilan memperbaiki mobil dengan baik serta ramah terhadap pelanggan. Kinerja dari montir sangat mempengaruhi pelanggan untuk datang kembali atau tidaknya ke bengkel mobil Anda. Maka dari itu pemilihan karyawan sangat penting untuk usaha jangka panjang bengkel.

Dalam peluang usaha bengkel mobil, ada banyak strategi yang dapat Anda lakukan agar usaha tetap berjalan dengan baik, berikut penjelasannya.

1. Mencari Lokasi Usaha

Dalam pemilihan lokasi usaha Anda perlu memperhatikan apakah lokasi tersebut strategis untuk membuka usaha, karena lokasi yang strategis bisa mempengaruhi ramai atau tidaknya pelanggan yang datang. Faktor mudah atau tidaknya akses menuju lokasi usaha juga harus Anda pertimbangkan. Semakin mudah untuk diakses dan banyak pilihan jalan tentu menjadi poin utama agar pelanggan datang ke tempat usaha Anda.

Dalam mencari lahan untuk sebuah usaha memang bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi jika kawasannya telah terkenal, maka nilai kontrak atau jual lahannya sudah dapat dipastikan akan sangat tinggi. Namun, jika masih memiliki modal usaha yang sedikit, Anda dapat melakukan sistem bagi hasil dengan bermitra bersama pemilik lahan, biasanya sebesar 40%-60% atau 50%-50%.

2. Strategi Mempromosikan Usaha

Salah satu cara dalam mempromosikan usaha bengkel Anda adalah dengan menawarkan servis bulanan dengan sistem pembayaran diskon. Selain itu Anda juga dapat memberikan kupon diskon untuk pelanggan yang melakukan service mobil dengan jumlah tertentu dalam jangka waktu tertentu pula.

Dengan memberikan berbagai promo yang menarik dinilai dapat membantu dalam meningkatkan jumlah pelanggan, sehingga pelanggan dapat datang kembali.
Peluang usaha bengkel mobil
Peluang usaha bengkel mobil

3. Menjaga Pelayanan dan Kualitas Kepada Pelanggan

Bangunlah hubungan yang baik dengan para pelanggan, seperti melakukan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Anda dapat melayani pelanggan dengan sikap yang ramah dan setia mendengarkan keluhan yang sedang dialami oleh kendaraan pelanggan.

Jaga juga kebersihan, kenyamanan dan kerapihan tempat dari usaha bengkel Anda. Hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang dapat membangun citra usaha. Minta juga kritik serta saran dari pelanggan agar dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan usaha bengkel Anda. Karena semakin baik kualitas serta pelayanan bengkel Anda, maka akan semakin banyak juga orang yang berlangganan di bengkel Anda.

4. Berikan Fasilitas Ruang Tunggu Yang Nyaman

Strategi dalam peluang usaha bengkel mobil yang keempat ialah menyediakan fasilitas ruang tunggu. Saat dilakukannya perbaikan mobil tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga diperlukan ruang tunggu untuk para pelanggan.

Anda dapat menyediakan ruang tunggu yang bersih dan rapi sehingga para pelanggan akan merasa nyaman saat menunggu mobilnya diperbaiki. Berikan juga fasilitas lain seperti pendingin ruangan, televisi dan berbagai camilan yang mana akan semakin membuat pelanggan betah dan tidak bosan menunggu.

5. Menerima Layanan Panggilan

Karena banyaknya faktor yang membuat peluang usaha bengkel mobil sangat menjanjikan, maka banyak juga orang yang membuka usaha di bidang ini. Hal tersebut membuat persaingan semakin ketat sehingga menuntut Anda untuk kreatif agar tidak kalah dalam persaingan. Anda dapat membuka layanan panggilan dimana montir mendatangi rumah pelanggan atau lokasi yang mobilnya akan diperbaiki.

Layanan ini sangat membantu dan menjadi solusi bagi pelanggan yang mengalami kerusakan mobil di jalan sehingga tidak dapat datang langsung ke tempat bengkel. Jika layanan ini sedikit memberatkan Anda, Anda dapat membatasi jarak untuk dapat melakukan layanan panggilan service ini.
Peluang usaha bengkel mobil
Peluang usaha bengkel mobil

6. Membuka Layanan GO-Mekanik

Anda dapat membuka layanan go-mekanik, yang artinya montir usaha bengkel Anda akan menjemput mobil pelanggan untuk dibawa ke bengkel Anda saat pemilik mobil sedang tidak punya waktu untuk datang langsung. Hal ini tentu menjadi salah satu hal baru di industri bengkel dan akan sangat memudahkan pelanggan dalam melakukan service mobil.

7. Membuka Layanan Booking Via Aplikasi

Strategi dalam peluang usaha bengkel mobil yang berikutnya adalah menyediakan layanan booking melalui aplikasi di smartphone. Membuka layanan booking melalui aplikasi tentunya sangat memudahkan para pelanggan, apalagi di zaman yang semakin canggih seperti saat ini sudah bisa dipastikan semua orang mempunyai smartphone.

Cara kerja fasilitas ini adalah dengan cara pelanggan memesan antrian di rumah dan datang saat sudah waktunya dilayani. Dengan fasilitas booking ini tidak akan membuat pelanggan menunggu terlalu lama.

8. Memberikan Souvenir Kepada Pelanggan

Anda dapat sesekali memberikan cenderamata atau souvenir kepada pelanggan sebagai bentuk terima kasih karena telah menggunakan jasa di bengkel Anda. Hal tersebut akan membuat pelanggan merasa dihargai dan kemungkinan besar akan datang kembali.

Tidak perlu yang terlalu mewah ataupun mahal, Anda dapat memberikan souvenir berupa kalender, gantungan kunci, kipas kecil, notes dan ballpoint. Barang-barang tersebut bisa ditambahkan stiker brand bengkel Anda yang bisa digunakan sebagai bentuk promosi.

9. Pahami Apa Yang Diinginkan Pelanggan Atau Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan suatu hal yang harus diutamakan oleh Anda selaku pebisnis. Untuk membuat pelanggan merasa puas, Anda harus dapat memahami apa yang diinginkan oleh mereka. Anda dapat meminta kritik beserta saran kepada pelanggan agar mengetahui apa saja yang mereka inginkan. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan bengkel Anda.

Tanya Jawab Seputar Peluang Usaha Bengkel Mobil

Berapa modal buka usaha bengkel mobil?

Membuka usaha bengkel mobil merupakan bisnis yang membutuhkan modal cukup banyak. Meski bervariasi antara satu dengan yang lain, paling gak kamu butuh modal sekitar Rp 100 juta untuk memulainya.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha bengkel mobil?

Cara Memulai Usaha Bengkel Mobil

1. Pencarian Lahan Usaha. Usaha bengkel mobil Anda memerlukan lahan usaha yang strategis.
2. Perlengkapan dan Peralatan Kerja.
3. Kualitas Pelayanan
4. Strategi Promosi
5. Layanan Panggilan
6. Mempersiapkan Manajemen dan Teknisi yang Baik
7. Memberikan Souvenir Untuk Pelanggan Setia
8. Pembukuan

Apa jenis usaha bengkel?

Bengkel merupakan salah satu jenis usaha otomotif yang paling banyak dipilih. Misalnya bengkel yang melayani servis ringan atau servis rutin pada kendaraan. Contohnya membersihkan karburator, ganti oli, membersihkan radiator atau servis yang lainnya.
Kesimpulan

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan, Anda dapat langsung menerapkannya dan lihat perubahan positif yang akan terjadi pada bengkel Anda. Analisa usaha bengkel mobil anda agar peluang usaha bengkel mobil anda dapat berjalan dengan baik. Akan semakin menjanjikan jika Anda dapat menuangkan ide kreatif dan inovatif dalam usaha bengkel Anda, baik dari hal pelayanan sampai promosi.

Hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya dapat membuat usaha bengkel Anda bertahan lama dan tidak kalah dalam persaingan. Teruslah belajar dan perdalam wawasan tentang mekanika mobil, sehingga Anda tidak hanya menjadi pemilik usaha bengkel namun juga memahami dengan baik mesin kendaraan.

Demikianlah artikel mengenai strategi yang dapat dilakukan dalam menjalankan usaha bengkel mobil. Peluang usaha bengkel mobil dapat menjadi peluang yang menjanjikan apabila Anda melakukan berbagai tips yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Sumber : https://seputarkerja.id/peluang-usaha-bengkel-mobil/

Bengkel mobil biasanya dapat untuk semua jenis dan merek mobil, contoh layanan yang ditawarkan ialah modifikasi eksterior dan interior mobil, sparepar