8 Ide Usaha di Bulan Ramadan yang Menguntungkan

Bulan suci Ramadan sangat identik dengan jajanan takjil dan juga beragam menu untuk berbuka puasa. Hal ini bisa menjadi ide usaha sekaligus peluang untuk mendulang keuntungan.

Ide usaha di bulan Ramadan memiliki potensi yang cukup bagus. Apalagi momen seperti ini cenderung mendorong masyarakat untuk selalu konsumtif.

Meski demikian ide usaha di bulan Ramadan tidak melulu soal makanan dan takjil saja. Ada beberapa barang yang sering diburu masyarakat saat berpuasa, contohnya seperti busana muslim, perlengkapan salat dan lainnya.

Berikut ini kami sudah merangkum sejumlah ide usaha di bulan Ramadan yang dijamin menguntungkan. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Peluang Usaha di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Sebab, selama satu bulan penuh mereka akan berpuasa sembari menahan diri dari godaan hawa nafsu.

Dibandingkan dengan negara lainnya, umat muslim di Indonesia mempunyai kebiasan unik. Bahkan di sejumlah daerah terdapat tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu untuk menyambut serta merayakan datangnya bulan puasa.

Salah satu kebiasan unik yang umumnya dilakukan oleh masyarakat adalah melakukan “ngabuburit”. Secara istilah, ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Di beberapa daerah, aktivitas ngabuburit ini seringkali dimanfaatkan untuk mencari takjil hingga minuman segar untuk membatalkan puasa.

Pada momen ngabuburit inilah biasanya banyak didapati sejumlah pedagang yang menjajakan aneka takjil dan menu untuk berbuka puasa. Menjelang azan magrib, pedagang tersebut akan didatangi banyak pembeli. Fenomena seperti ini bisa menjadi ide usaha di bulan Ramadan yang dijamin menguntungkan. Alasannya karena saat bulan puasa, masyarakat selalu berburu takjil hingga busana muslim terbaru.

Contoh di atas sangat relevan, karena saat bulan puasa perilaku masyarakat di Indonesia cenderung menjadi konsumtif. Merujuk databooks, berdasarkan hasil survei Populix pengeluaran konsumen Indonesia melonjak hingga 50% saat Ramadan.

Hasil survei tersebut menunjukan mayoritas responden memiliki pengeluaran berkisar 25-50% lebih besar saat Ramadan daripada anggaran bulanan biasanya. Persentasenya sebanyak 43%.

Melihat data tersebut peluang usaha selama bulan Ramadan cukup menjanjikan. Artinya, seseorang yang ingin mencari penghasilan tambahan, bisa membuka usaha sampingan pada momen seperti ini.

Lantas apa saja jenis dan ide usaha di bulan Ramadan? Pembahasan berikutnya akan mengulas sejumlah contoh usaha yang cocok dijalankan saat bulan puasa.

Bulan Puasa Cocoknya Jualan Apa?

Bulan puasa tidak hanya menjadi sarana untuk menambah pahala, lebih dari itu di bulan suci ini sudah membuka kesempatan bagi sebagian orang untuk mendapat rezeki tambahan.

Ide usaha di bulan Ramadan sangatlah beragam. Mulai dari makanan hingga busana muslim, memiliki prospek yang bagus jika dijual pada momen ini.

Penasaran dengan ide usaha di bulan Ramadan yang sangat menguntungkan? Berikut daftarnya:

1. Menjual Takjil

Secara umum, takjil adalah istilah yang disematkan untuk kudapan yang disantap saat berbuka puasa. Di Indonesia terdapat berbagai macam aneka takjil yang banyak diburu oleh masyarakat selama bulan puasa.

Contoh takjil seperti kolak, sop buah, es campur dan lainnya sering kali habis dibeli oleh pelanggan. Ini bisa menjadi ide usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan.

Pada dasarnya modal yang dibutuhkan untuk menjual takjil sangat bervariasi, tergantung jenis takjil apa yang ingin diajajakan. Ambil contoh, takjil seperti kolak pisang  umumnya bisa menghabiskan dana sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Ini berlaku kalau seluruh peralatan untuk membuat kolak pisang belum tersedia.

Apabila sudah memiliki peralatannya, maka modal usaha untuk menjual kolak pisang bisa ditekan. Dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk keperluan lain.

2. Menjual Jus dan Minuman Segar Lainnya


Sama seperti takjil, aneka minuman segar banyak dicari pelanggan yang merasa haus setelah seharian berpuasa. Jenis bisnis ini dapat menjadi ide usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan.

Jus buah, cendol, sampai boba adalah jenis minuman segar yang populer di tengah masyarakat untuk diminum saat berbuka puasa. Menurut hasil survei Populix, jenis minuman yang paling sering dibeli masyarakat Indonesia di bulan puasa adalah aneka jus buah, dengan persentase mencapai 53% responden.

3. Usaha Katering untuk Sahur dan Berbuka

Ide usaha di bulan Ramadan berikutnya adalah bisnis katering makanan. Jenis usaha ini sangat potensial dijalankan pada bulan puasa. Sebab, selama Ramadan biasanya banyak sekali acara buka bersama (bukber) yang dilakukan oleh masyarakat dan mereka akan membutuhkan porsi makanan dalam jumlah besar.

Usaha katering juga sangat cocok dilakukan di wilayah perkotaan, karena bisa membantu orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa.Jika dijalankan dengan konsisten, maka bisnis ini bisa mendatangkan penghasilan tambahan yang lumayan.

4. Kurma dan Buah-buahan Segar

Kurma adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk disantap saat berbuka puasa. Menurut Healtline, buah ini kaya akan kandungan serat, beberapa vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Selain kurma, buah-buahan segar banyak dicari selama Ramadan. Misalnya seperti timun suri yang umumnya akan diolah menjadi sup buah.

Bisnis menjual kurma dan buah-buah segar dapat menjadi pilihan ide usaha selama Ramadan. Dengan banyaknya masyarakat yang membeli komoditas ini pada bulan puasa, jenis usaha tersebut dijamin akan mendatangkan pendapatan cukup besar.

5. Bisnis Custom Toples dan Tempat Makan

Menjelang akhir bulan puasa atau mendekati perayaan lebaran, biasanya banyak masyarakat yang membeli toples dan tempat makan baru. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang untuk memulai usaha sampingan.

Meski terdengar cukup sederhana, bisnis custom toples dan tempat makan memiliki prospek yang cukup baik di bulan Ramadan. Apalagi, jika usaha ini dikerjakan oleh orang kreatif yang bisa menyesuaikan desain toples serta tempat makan itu berdasarkan permintaan dari pelanggan.

6. Bisnis Busana Muslim dan Perlengkapan Salat

Ide usaha di bulan Ramadan berikutnya adalah bisnis pakaian muslim dan perlengkapan salat. Selama bulan puasa, masyarakat di Indonesia seringkali membeli busana tersebut.

Menjelang perayaan lebaran, potensi bisnis ini akan bertambah besar. Sebab, saat Idul Fitri umumnya ada kecenderungan kalau masyarakat akan membeli busana muslim terbaru.

Intinya model usaha ini bisa membawa penghasilan besar dan sangat cocok dijalankan selama bulan Ramadan.

7. Usaha Custom Amplop Lebaran

Saat mendekati lebaran, masyarakat di daerah perkotaan akan mencari tempat yang menyediakan jasa penukaran uang. Hal ini bertujuan agar ketika Idul Fitri tiba, mereka bisa memberikan uang dengan pecahan tertentu kepada sanak saudaranya.

Sembari mencari tempat penukaran uang itu, masyarakat juga sering mencari amplop dengan bentuk dan desain menarik. Hal ini bisa menjadi peluang untuk usaha custom amplop lebaran. Amplop lebaran dengan desain lucu dan menarik banyak dicari orang untuk digunakan saat memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) kepada keluarganya. Khususnya anak-anak.

8. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Saat musim mudik tiba, biasanya masyarakat yang memiliki hewan peliharaan akan menitipkannya ke tempat penitipan hewan. Ini bertujuan agar hewan peliharaan mereka tetap terjaga baik kondisi kesehatannya maupun keamanannya.

Jasa penitipan hewan peliharaan  dapat menjadi ide usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Contohnya seperti tempat yang luas, kandang hewan, pasokan makanan, dan sebagainya.

Demikian pembahasan tentang beberapa contoh bisnis di bulan puasa. Ide usaha selama Ramadan itu dapat menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bulan suci Ramadan sangat identik dengan jajanan takjil dan juga beragam menu untuk berbuka puasa. Hal ini bisa menjadi ide usaha sekaligus peluang un