10 Cara Memasarkan Produk Sendiri Paling Efektif dan Jitu


10 Cara Memasarkan Produk Sendiri Paling Efektif dan Jitu

Seperti yang kita tahu bahwa pemasaran merupakan salah satu cara agar produk yang di produksi dapat terjual di pasaran seperti juga cara membuka usaha dengan modal kecil . Dalam sebuah usaha faktor pemasaran memegang kunci dalam kesuksesan sebuah usaha. Suksesnya sebuah pemasaran akan sangat berpengaruh pada jumlah produk yang terjual. Dan setelahnya akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh. Bisa dianalogikan bahwa semakin sukses pemasaran maka akan semakin memberikan keuntungan yang besar. Memasarkan produk sendiri menjadi pilihan yang paling tetap terutama bagi anda yang ingin memghemat biaya promosi.

Sebagaimana kita tahu bahwa biaya promosi yang di keluarkan untuk sebuah produk relatif cukup besar. Dengan memasarkan produk sendiri anda akan bisa menekan biaya promosi yang harus dikeluarkan seperti bisnis yang cepat menghasilkan uang. Memasarkan produk sendiri juga bisa menjadi cara paling efektif untuk bisa menghasilkan tingkat penjualan produk yang tinggi. Dengan memasarkan sendiri anda akan bisa mengetahui bagaimana tingkat persepsi pasar dan pembeli terhadap produk anda. Berikut 10 cara memasarkan produk sendiri paling efektif dan jitu. Simak selengkapnya.

1. Memajang Di Medsos

Salah satu cara memasarkan produk sendiri yang terbukti efektif dalam promosi dan penjualan produk seperti juga cara memasarkan produk nasa . Banyak produk yang bisa terjual dengan hanya memajang foto di situs atau jejaring sosial. Cara ini juga merupakan promosi yang minim biaya dan terbilang gratis. Karena anda cukup menggunakan jaringan internet atau kuota internet. Cara ini juga menjadi teknik pemasaran yang paling tepat dan sesuai dengan perkembangan era digital seperti sekarang.

2. Mencetak Banner dan Brosur

Brosur dan banner mungkin menjadi cara memasarkan produk yang paling old time atau lawas. Namun, tahukan anda bahwa biaya mencetak brosur dan banner tidaklah semahal memasang iklan di media cetak ataupun elektronik simak juga cara memulai bisnis beras . Karenanya dalam upaya memasarkan produk maka tidak ada salahnya mencoba cara lama ini. Strategi ini pernah sangat memberikan dampak baik bagi penjualan produk terutama pada era emasnya. Sehingga, why not jika harus mencoba ulang.

3. Memberikan Promo Menarik

Promo menarik merupakan salah satu cara dan upaya yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk anda sendiri. Dengan promo ini tentu akan dapat menarik perhatian pembeli. Karena itu, tugas anda adalah memberikan promo yang benar-benar menarik dan membuat calon pelanggan tidak dapat menolak promo tersebut seperti pada tips usaha kuliner pinggir jalan . Promo yang di berikan biasanya disesuaikan dengan jenis usaha yang di geluti. Promo produk fashion akan berbeda dengan promo yang di berikan untuk produk kuliner. Tentunya sesuaikan antara promo dan produk yang anda jual agar masuk akal di mata para konsumen.

4. Memasang Iklan pada E-Commerce

Indonesia merupakan negara dengan pengguna dan peminat belanja online terbanyak di dunia. Oleh karena itu, melihat peluang ini maka cara paling efektif untuk memasarkan produk sendiri adalah dengan memasang iklan produk pada berbagai situs e-commerce. Ada berbagai situs e-commerce yang ternama dan terpercaya seperti lazada, olx, bukalapak, shoppe dan masih banyak yang lainnya. E-commerce tersebut juga tidak mematok biaya untuk pemasangan iklan seperti juga cara memasarkan kue buatan sendiri . Bisa di katakan ini merupakan cara pemasaram gratis yang paling menguntungkan bagi usaha anda.

5. Menawarkan Kepada Orang Terdekat

Menawarkan langsung pada orang terdekat menjadi langkah memasarkan produk anda sendiri. Hal ini biasanya dilakukan pada saat awal membuka usaha seperti juga pada cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil . Menawarkan pada orang terdekat merupakan cara tercepat untuk memasarkan produk anda. Selain mereka lebih mengenal anda maka kepercayaan calon konsumen pada anda juga akan meningkat. Dalam hal ini ketakutan akan  di tipu juga tidak menjadi kekhawatiran mereka. Mengingat mereka telah mengenal anda maka tingkat kepercayaan mereka pada anda juga akan meningkat.

6. Promosi Lewat Website dan blog

Website dan blog menjadi cara promosi paling efektif yang berikutnya. Banyak produk yang sukses dipasarkan melalui blog dan website seperti juga cara memulai usaha kue basah . Selain itu, pemasaran melalui blog dan website akan terkesan lebih profesional. Dan akan membuat usaha anda lebih terlihat mumpuni. Dalam hal ini juga pemasaran melalui web dan blog akan mendapatkan pangsa pasar yang luas. Sehingga tentunya produk anda tidak hanya akan dikenal di wilayah tertentu namun juga bisa dikenal di seluruh pelosok negeri. Karenanya buat blog dan web semenarik mungkin agar pemasaran anda semakin efektif dan efisien.

7. Membuka Toko Sendiri

Tidak semua orang percaya dan mau melakukan transaksi belanja online. Apalagi bagi mereka yang malas ribet dan takut di tipu. Tentu berkunjung ke toko langsung akan lebih aman dan terpercaya. Karenanya membuka sebuah toko fisik bisa menjadi salah satu cara memasarkan produk sendiri seperti juga cara mengembangkan usaha kuliner . Dengan memiliki toko fisik maka para calon pembeli akan lebih percaya dan tidak meragukan usaha yang anda geluti.

8. Memberi Layanan Free Ongkir dan Delivery

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk anda. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan delivery dan free ongkir bagi mereka yang berada pada radius 1-5 km dari toko seperti pada tips membuka usaha kuliner untuk pemula . Dengan memberikan layanan seperti ini maka konsumen akan merasa dimudahkan. Dan tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan usaha anda pada orang lain.

9. Menyediakan Kupon

Kupon juga merupakan salah satu cara memasarkan produk sendiri. Dengan memberikan kupon baik diskon ataupun undian maka calon pembeli akan lebih tertarik dengan produk anda. Banyak produk yang berhasil terjual dengan menggunakan teknik pemasaran ini. Tentu tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai mencobanya. Teknik pemasaran ini juga banyak dipakai pada department store dan pasar swalayan serta usaha penjualam produk skala besar lainnya simak juga cara bisnis ikan laut konsumsi .

10. Mengembangkan Pola Membership

Mengembangkan bisnis dengan pola membership atau kemitraan merupakan salah satu cara memasarkan produk usaha anda seperti pada cara berdagang pakaian . Cara ini juga menjadi cara paling tepat untuk bisa memperluas skala pasar. Apalagi jika anda telah lama menekuni bisnis tersebut. Maka hal ini bisa menjadi salah satu cara pemasaran yang sekaligus menjadi upaya dalam mengembangkan bisnis anda ke skala yang lebih besar.

10 cara memasarkan produk sendiri paling efektif dan jitu, bisa menjadi pilihan bagi para pengusaha yang baru membuka atau akan mengembangkan usahanya. Sangat cocok dipilih terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana dalam promosi. Cara ini juga bisa dipakai untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar yang bisa di raup oleh usaha anda. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sumber: https://dosenekonomi.com/bisnis/tips-bisnis/cara-memasarkan-produk-sendiri

Seperti yang kita tahu bahwa pemasaran merupakan salah satu cara agar produk yang di produksi dapat terjual di pasaran seperti juga cara membuka usaha