Selamat datang di www.news.oblo.co.id , situs berita peluang usaha dan bisnis terlengkap di indonesia. Kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara membuka usaha cleaning service lengkap cara memasarkanya. Oke lanjut saja di baca.
Khusus untuk anda yang sudah memiliki usaha cleaning service, berikut ini cara pemasaran paling jitu di tahun 2023, silahkan anda simah baik baik.
1. Lengkapi usaha anda dengan web landing page, buatan www.oblo.co.id , desain bagus, banyak fitur dan harga terjangkau.
2. Gunakan layanan iklan massal di sini www.iklanbaris.web.id, ini cara baru bagaimana menguasai google di area usaha anda. Silahkan anda pesan disana www.iklanbaris.web.id.
3. Untuk mempercepat sirkulasi keuangan, silahkan anda pakai iklan berbayar facebook + instagram dan google ads. Jika anda bingung bagaimana cara memulainya silahkan anda pesan disini www.iklan.oblo.co.id
4. Rutin update konten di website, cara ini bisa anda lakukan, jika website anda sudah di lengkapi dengan halaman posting artikel, dan menariknya lagi website buatan www.oblo.co.id sudah di lengkapi dengan fitur ini.
5. Praktekan cara di atas, karena cara ini bisa menghasilkan jika sudah dipraktekan, kalau cuma di baca dan dipikirkan apalagi dibuat bahan perdebatan maka gak akan membuahkan hasil apapun.
Itulah tips pemasaran cleaning service paling jitu. Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara memulai usaha cleaning service.
5 Cara Memulai Bisnis
Bisnis, Pengetahuan Umum,
#bisnis #cleaning service
Dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, memulai suatu bisnis cleaning service panggilan bisa jadi sebuah cara yang murah dan mudah untuk Anda mulai. Terlebih bila Anda tinggal disebuah kota besar yang sebagian besar penduduknya sangat sibuk. Tidak perlu diragukan lagi, pasar masih terbuka luas untuk membuat bisnis cleaning service.
Kehidupan di kota yang penuh dengan kesibukan membuat tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk bisa membersihkan rumahnya. Dan tidak semua orang nyaman untuk menyewa asisten rumah tangga yang menginap di rumah mereka. Hal ini yang membuat bisnis cleaning service yang bisa dipanggil kapan saja akan sangat menguntungkan.
Akan selalu ada rumah yang harus dibersihkan. Dan biaya investasi yang tidak terlalu besar di awal bisnis akan menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah bagaimana menjadikan bisnis Anda lebih menonjol sebagai penyedia jasa layanan cleaning service yang berkualitas dan dapat dipercaya. Berikut ini adalah 5 cara memulai bisnis cleaning service yang bisa Anda mulai dari sekarang.
1. Memulai dengan pemahaman bisnis yang matang
Mungkin Anda akan berfikir, untuk memulail bisnis ini hanya perlu ember dan alat pel saja. Tentu saja itu tidak benar. Untuk memulai bisnis, walau keliatannya sebuah bisnis yang sederhana, Anda tetap akan memulainya dengan sebuah perencanaan yang matang. Yang perlu Anda ingat adalah, Anda tidak akan bergerak pada bisnis bersih-bersih semata, Anda berada dalam bisnis yang mengutamakan pelayanan kepada pelanggan.
Tentu saja tidak semua pelanggan Anda akan memiliki pikiran yang sama tentang bagaimana Anda boleh membersihkan rumah mereka. Dan sudah menjadi tugas Anda untuk bisa memenuhi keinginan pelanggan Anda. Memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah hal terpenting yang harus Anda yakini benar bahwa Anda bisa melakukannya.
Memulai sesuatu bisnis dengan pemahaman yang matang terhadap apa yang menjadi kebutuhan setiap pelanggan adalah sebuah keharusan. Anda mungkin saja bisa menjual jasa yang seadanya, namun percayalah bisnis Anda tidak akan bertahan lama karena Anda tidak memberikan “nilai” berbeda yang bisa Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan Anda.
2. Menyiapkan produk dan metode yang mendukung jasa Anda
Mempersiapkan persediaan produk-produk pembersih yang berkualitas akan memberikan Anda nilai lebih dimata pelanggan. Hanya gunakan produk pembersih yang sudah dipercaya dan terbukti ampuh untuk membersihkan rumah dan segala perabotan yang ada di rumah pelanggan Anda. Anda harus bisa memberikan penjelasan kepada pelanggan bila mereka menanyakan perihal produk yang Anda gunakan.
Kemungkinan akan ada beberapa pelanggan yang lebih nyaman bila Anda menggunakan produk pembersih yang biasa mereka gunakan, karena mungkin saja perabot rumah mereka memang membutuhkan produk pembersih khusus. Anda pastinya harus familiar dengan aturan pakai dari produk tersebut. Luangkan waktu untuk mempelajari sejenak bagaimana aturan pakai produk tersebut sebelum Anda benar-benar menggunakannya.
Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana melindungi asset bisnis seperti persediaan pembersih yang Anda punyai. Karena bisa jadi, akan Anda temukan beberapa pekerja yang kurang jujur dan melakukan penggelapan persediaan barang-barang pembersih Anda. Pastikan Anda sudah menyiapkan metode yang tepat untuk bisa memantau persediaan stok bahan-bahan pembersih Anda.
Salah satu cara yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan selalu melakukan pencatatan dan memaksa pekerja Anda untuk membuat tanda terima setiap kali mereka mengambil persediaan bahan pembersih dari gudang. Dengan membuat catatan yang lengkap akan memberikan Anda gambaran yang jelas bagaimana menghitung keuntungan dan memperkirakan dari mana letak kerugian bisnis Anda.
3. Mempekerjakan staf yang mengerti nilai bisnis Anda
Pada awal berdirinya bisnis Anda, mungkin Anda bisa melakukannya seorang diri untuk menangani semua panggilan layanan yang Anda dapatkan. Namun dengan semakin berkembangnya bisnis Anda sudah pasti Anda perlu mempekerjakan beberapa staf. Walaupun terkesan mudah dan tidak membutuhkan pendidikan khusus untuk melakukan pekerjaan membersihkan rumah, namun tetap harus merekrut orang yang tepat.
Pastikan orang yang akan Anda rekrut adalah orang yang berkomitmen tinggi dan bisa Anda percayai. Karena sekali lagi, yang harus Anda perhatikan adalah, Anda tidak hanya sekedar menjual jasa bersih-bersih saja, tetap juga membeli kepercayaan pelanggan. Anda harus memastikan nilai ini juga dipahami oleh staf-staf Anda. Sehingga bisnis Anda akan terus berada pada arah yang Anda inginkan.
Kualitas staf yang Anda pekerjakan adalah komponen paling penting dari kesuksesan bisnis Anda. Karena mereka lah yang akan mewakili nama besar bisnis yang sedang Anda rintis saat ini. Keberhasilan Anda dalam menanamkan nilai bisnis Anda kedalam setiap staf Anda akan mempermudah jalan Anda menuju kesuksesan bisnis.
4. Mendesign metode pembayaran yang efektif
Karena bisnis Anda mengharuskan Anda atau staf Anda melakukan perjalanan ke rumah pelanggan, maka Anda harus bisa mendesign metode pembayaran yang efektif. Tentunya bila Anda masih bekerja sendirian, pembayaran secara cash setelah Anda selesai melakukan pekerjaan mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, bila bisnis Anda sudah berkembang, dan Anda tidak mungkin melakukan jasa ini seorang diri, maka metode pembayaran yang efektif dan bisa dipertanggung jawabkan menjadi suatu keharusan.
Dalam perkembangan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, Anda bisa membuat semacam website khusus untuk bisnis Anda. Dimana website tersebut akan menjelaskan profil usaha Anda, apa keuntungan dari menggunakan jasa Anda, dan memudahkan pelanggan untuk memesan dan melakukan pembayaran secara non tunai dengan metode transfer.
5. Pelayanan terbaik untuk pelanggan
Seperti yang telah banyak dijabarkan sebelumnya, berada dalam bisnis cleaning service berarti Anda melakukan bisnis layanan kepada pelanggan. Penting bagi Anda untuk membangun hubungan dengan para pelanggan Anda. Dengarkan semua keluhan dan masukan dari mereka dengan seksama, buka pikiran Anda bahwa tidak selalu cara bekerja Anda adalah yang terbaik.
Membangun kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Anda akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk melakukan itu semua. Namun, percayalah pada akhirnya Anda akan menikmati hasilnya. Dengan membangun kepercayaan pelanggan, maka secara tidak langsung, bisnis Anda akan bisa berkembang dengan sendirinya.
Selamat membangun bisnis cleaning service Anda, dan tetaplah semangat untuk memberikan nilai Anda kepada para pelanggan. Jatuh dan bangun mungkin akan Anda rasakan, namun pada akhirnya bila Anda kuat maka Anda akan selalu menemukan alasan untuk bisa bertahan. Semoga kesuksesan selalu mengiringi perjalanan bisnis Anda. Salam sukses.
Peluang Bisnis Penyedia Jasa Cleaning Service
BalasHapusEKTREM: Pekerja dari penyedia jasa cleaning service sedang bersihkan kaca luar di gedung Menara Wijaya, komplek Sekda Sukoharjo, belum lama ini. (IWAN KAWUL)
SUKOHARJO – Perkembangan infrastruktur menyasar beberapa sektor. Banyak bangunan dibuat begitu megah, baik perkantoran, perhotelan, layanan kesehatan, pabrik, hingga perusahaan. Situasi ini membuat jasa cleaning service jadi solusi untuk sisi membersihkan gedung.
Kehidupan zaman sekarang bergerak begitu cepat. Bangunan berukuran besar menjulang tinggi. Tentu demi menjaga eksistensi sebuah bangunan tersebut, kebersihan jadi hal utama yang perlu tetap terjadi.
Terlebih di daerah perkotaan yang padat, setiap harinya pasti ada banyak toko atau kantor yang membutuhkan jasa kebersihan. Kebersihan penting terjaga, agar tempat bekerja produktivitasnya ikut terjaga.
“Jasa cleaning servis ini kerangka besarnya adalah hospitality industry. Jadi ada ilmunya, ada sekolahnya. Yakni jasa kebersihan yang bisa bergerak di pabrik, hotel, dan perkantoran. Basicnya ya harus bisa menguasai hospitality industry,” ungkap Nikolaus, supervisor sebuah penyedia jasa cleaning service yang dipercaya Pemkab Sukoharjo untuk menjaga kebersihan perkantoran komplek Sekretariat Daerah Sukoharjo.
Cleaning service bukan hanya sekadar bersih-bersih, tapi merupakan profesi yang menuntut kecermatan, kepekaan, dan ketepatan. Bahkan, dalam dunia perhotelan, hal ini menjadi salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari.
“Jadi memang diajarkan di perkulian. Diajarkan pemakaian alat bersihkan kerak, bersihkan lantai, stainless, hingga kaca penggunaan chemical. Treatment-nya pun berbeda. Kasus demi kasus di tiap kantor tentu saja berbeda dengan perusahaan,” ujarnya.
Di lain sisi persaingan usaha, hingga kepada lokasi pelayanan publik yang baik, tentu mendorong perusahaan atau kantor untuk lebih berkonsentrasi pada aktivitas kebersihan yang ada di gedung mereka.
Untuk mewujudkannya, ada konsekuensi logis yang harus dilakukan, yakni dengan mengalihdayakan berbagai hal ke pihak lain. Termasuk aktivitas kebersihan salah satunya. Hal ini lantaran pelaksanaan aktivitas kebersihan sehari-hari bakal menghabiskan tenaga dan waktu. Apalagi jika ditangani sendiri ataupun oleh beberapa pihak yang kurang berkompeten. Hak inilah yang dianggap perlu diserahkan kepada pihak ketiga.
“Sekarang kantor, hingga perusahaan semakin banyak yang membutuhkan penyedia jasa cleaning service. Ini supaya, lebih fokus. Daripada dilakukan sendiri,” ujarnya.
Membangun usaha penyedia jasa cleaning service sendiri tidak dibutuhkan modal yang besar. Bisa dimulai dengan CV agar bisa bekerja sama dengan perusahaan swasta. Jika bekerja sama dengan pemerintah, paling tidak dalam bentuk PT. Modal tidak terlalu besar karena masih bisa dinegosiasikan dengan perusahaan atau kantor klien.
“Misalnya, untuk alat, klien minta kami include SDM sama alat atau tidak? Kalau hanya SDM, maka klien yang melakukan pengadaan alat. Kalau include, kami pengadaan sendiri,” paparnya.
Untuk memulai usaha penyedia jasa cleaning servis biasanya melakukan investasi jangka panjang di bidang peralatan kebersihan. Termasuk pengembangan cara kerja, serta pelatihan sumber daya manusianya. Sehingga betul-betul mahir di bidangnya. Bahkan, di bidang ini juga ada jenjang karir. Tidak selamanya akan menjadi “tukang bersih-bersih”.
“Ada beberapa keahlian, seperti pengerjaan kebersihan kaca, lantai, alat-alat pabrik, kebersihan kantor. Bahkan, kini merambah ke pengerjaan taman dan SPBU. Masing-masing bidang harus ahli dan menguasai,” katanya.
Kompetitornya, Nikolaus mengutarakan, di Jogja, Solo dan Semarang memang sudah cukup banyak yang mengembangkan jasa ini. Namun masing-masing pihak berlomba untuk memberikan service terbaik bagi kliennya. Standar kualitas harus tinggi dan tetap terjamin. Ini penting untuk bisa bersaing dengan para kompetitor.
“Kesulitannya kalau kliennya bangunan lama, karena keraknya. Membersihkannya harus bertahap. Karena susah dibersihkan,” pungkasnya. (kwl/nik)
Berita Menarik Lainnya
Kisah Cleaning Service Jadi Direktur Utama
BalasHapusJujur, ulet, dan disiplin, adalah filosofi hidup yang tertanam kukuh di hati Sucipto, S.E. Filosofi yang mengantarkannya pada kesuksesan. Bagaimana tidak, berawal dari seorang pekerja cleaning service, pria 60 tahun itu kini jadi Direktur Utama (Dirut) PT BPR BKK Wonogiri (Perseroda).
PT BPR BKK Wonogiri bisa tumbuh seperti sekarang ini, melalui proses panjang dan berliku. Perseroda yang sahamnya 51 persen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan 49 persen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri tersebut buah merger 12 PD BPR dan BKK se-Wonogiri.
Kesuksesan tersebut tak lepas dari tangan dingin Sucipto. Dalam memimpin perusahaan, pria kelahiran Wonogiri, 8 Agustus 1959 ini selalu berpegang pada azas keterbukaan dan kehati-hatian. Didukung beragam produk dan fasilitas perbankan kekinian. Alhasil PT BPR BKK Wonogiri terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini memiliki 16 jaringan kerja. Rinciannya 12 kantor cabang dan 4 kantor kas yang tersebar di Kota Sukses.
Siapa sangka, Sucipto justru mengawali karirnya di dunia perbankan dari cleaning service. Tepatnya pada 31 Desember 1981 di BKK Giriwoyo. Kala itu dia kerja sebagai tukang sapu sekaligus bersih-bersih mobil camat.
“Zaman dulu tidak ada yang mau kerja di BKK. Saya manfaatkan kesempatan waktu itu sebagai batu loncatan. Sebab dulu melamar pegawai negeri tidak lulus-lulus,” kenangnya.
Hingga akhirnya Sucipto dipercaya memegang kendali BKK Giriwoyo. Berbekal uang kas Rp 75. Dikelola dengan hati, keuletan, kejujuran, disiplin, dan dedikasi tinggi, BKK Giriwoyo kian tumbuh dan berkembang.
“Prinsip saya sonjo, layat, jagong (SLJ). Jika ada orang meninggal ya layat. Jika ada yang punya hajatan, kenal atau tidak diundang ya tetap jagong. Nasabah semakin banyak, BKK Giriwoyo makin tumbuh,” paparnya.
BKK Wonogiri akhirnya juara 3 se-Jawa Tengah Bidang Administrasi dan Perkembangan di 1984. “Waktu itu saya rangkap sebagai kepala, pembuku, dan juga tukang tagih. Semua dikerjakan sendiri karena belum ada karyawan. Sekitar 1983 ada karyawan dua orang. Dapat lagi satu orang, tapi terus keluar karena gajinya kecil. Saya menikah 1985 saja gajinya cuma Rp 25 ribu,” ungkapnya.
Pada 1991, BKK Giriwoyo menjadi BPR. Disusul BKK-BKK yang lain di Wonogiri. Kemudian di 2006, seluruh BKK dimerger menjadi BKK Wonogiri. “Dari 22 direktur BKK, hanya saya yang lolos seleksi jadi direktur BKK Wonogiri. Awal merger asetnya Rp 75 miliar, kini sudah Rp 480 miliar. Awal merger sulit, tapi saya lakukan pendekatan kepada level paling bawah,” katanya.
Di bawah kendali Sucipto, sejumlah prestasi dan penghargaan ditorehkan PT BPR BKK Wonogiri. Di antaranya Wajib Pajak Badan Pembayar Besar Tahun 2006 se-Kabupaten Wonogiri. Lalu 5 Besar PD. BPR BKK se-Jawa Tengah. Juga dapat Piagam Penghargaan Citra Pelayanan Prima Tahun 2011.
PT BPR BKK Wonogiri juga meraih penghargaan dari gubernur sebagai BPR BKK Berkinerja Baik, Juara 2 se-Jateng, dan Invo Bank selama 6 tahun berturut dengan nilai sangat bagus. “Saya sebenarnya sudah pensiun sejak 2015. Usia 56 harusnya sudah pensiun. Saya ini direktur paling tua di Jawa Tengah. Tapi setiap kali mau pensiun, masih diminta melanjutkan lagi,” paparnya. (kwl/fer)
Editor: