Ini Bosku! 9 Langkah Memulai Bisnis Service AC, Sangat Mudah dan Bikin Untung


MEDIAINI.COM – Bisnis service AC di tahun 2023-2024 masih berpeluang untuk mendapatkan cuan meskipun buka bisnis yang baru. Ada pun bisnis service AC ini makin banyak ditekuni karena beberapa alasan.

Salah satu alasannya adalah AC memang harus rutin dibersihkan 3 bulan sekali. Sebaiknya Anda memang membersihkan filter debu setiap beberapa minggu sekali. Namun, waktu pembersihan juga tergantung tingkat keseringan menggunakan AC.

Untuk normalnya sendiri AC sebaiknya dibersihkan selama 3 bulan sekali. Pasalnya, semakin sering Anda menggunakan AC, filternya juga harus lebih sering dibersihkan agar maksimal.

Jika AC tergolong jarang digunakan, Anda tidak harus membersihkannya terlalu sering. Untuk beberapa model AC memiliki filter yang bisa dilepas dan juga dibersihkan. Jenis filter ini harus dilakukan penggantian satu atau dua tahun sekali.

9 Langkah Memulai Bisnis Service AC, Sangat Mudah dan Bikin Untung

1. Analisa Usaha

Langkah pertama dalam membuka bisnis service AC adalah melakukan analisa usaha. Untuk itu, Anda dapat menggali potensi pasar. Dengan menggali potensi pasar, Anda dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada. Anda pun dapat menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan yang ada di pasar.

2. Lokasi Usaha

Di langkah kedua dalam memulai usaha bisnis AC adalah menemukan lokasi. Carilah lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis ini adalah lokasi yang dekat dengan target market. Selain dekat dengan target, pastikan lokasinya juga memiliki akses yang mudah sehingga calon konsumen tidak kesulitan menemukannya.

3. Kualitas Maksimal

Lalu, di langkah ketiga dalam memulai bisnis service AC adalah mengedepankan kualitas. Kualitas ini dihasilkan oleh tenaga service yang profesional. Kualitas juga dihadirkan dari peralatan service yang berkualitas. Dengan demikian, konsumen pun lebih percaya.

4. Tentukan Tarif

Langkah selanjutnya adalah menentukan tarif jasa untuk service AC. Dalam menentukan tarif ini, Anda dapat berkaca pada harga pasar. Patoklah tarif           sesuai harga pasar. Jangan sampai di atas harga pasar, tetap jangan pula di bawah harga pasar.

5. Promosi

Lalu, di langkah kelima adalah dengan melakukan promosi. Lakukan promosi baik secara online maupun offline. Buatlah semua akun media sosial untuk mempromosikan bisnis. Buka juga lapak di situs e-commerce. Maksimalkan dengan pemasaran offline.

6. Pelayanan

Melayani pembeli dengan ramah adalah kunci dalam menjalankan bisnis yang bergerak di bidang jasa. Dengan pelayanan yang ramah dan tenaga yang profesional, calon pembeli akan lebih yakin dengan usaha Anda. Ke depan, mereka pun akan ketagihan menjadi langganan Anda.

7. Siapkan Peralatan

Selanjutnya, saatnya Anda mempersiapkan peralatan untuk service AC. Untuk peralatan ini, Anda dapat membeli produk second maupun baru. Ada baiknya membeli second saja, tetapi pastikan kualitasnya masih baik seperti membeli peralatan baru dalam artian berkualitas.

8. Jalin Relasi

Selanjutnya, untuk memulai bisnis service AC adalah dengan menjalin kerjasama. Anda dapat mencari relasi dalam mengembangkan bisnis. Relasi ini bisa berupa supplier peralatan service, perkantoran, pengguna AC, dan pihak-pihak lain yang menguntungkan.

9. Keahlian Teknisi

Seperti yang sudah disampaikan di depan, jangan lupa untuk menyediakan tenaga yang ahli di bidangnya. Pasalnya, sumber daya manusia juga menjadi faktor penting dalam mengelola usaha ini. Rekrutlah SDM yang memang memiliki background pendidikan dan juga berpengalaman.

Tips Jitu Promosi Bisnis Service AC

Dalam memulai bisnis service AC, sebaiknya Anda memaksimalkan promosi untuk mendongkrak usaha. Ada pun dalam mempromosikan bisnis ada beberapa tips jitunya.

Tips jitu yang pertama adalah dengan memanfaatkan layanan gratis media sosial. Anda dapat mempromosikan usaha melalui browsing hingga media sosial. Ada di antaranya Facebook, Instagram, Twitter, Google+, hingga Telegram. Di utamakan melengkapi usaha ac anda dengan website dan iklan massal buatan www.oblo.co.id ,

Lalu, tips jitu kedua adalah dengan melakukan pemasaran konten. Mau apapun media yang Anda gunakan, perhatikan konten promosi yang Anda publikasikan. Buatlah konten yang  semenarik mungkin.

Selanjutnya, gunakan influencer marketing. Mereka yang menjadi influencer sangat berperan dalam mempengaruhi pengikutnya menggunakan suatu produk. Anda juga dapat memberikan reward kepada pelanggan. (Tri Puspitasari)

Dalam memulai bisnis service AC, sebaiknya Anda memaksimalkan promosi untuk mendongkrak usaha. Ada pun dalam mempromosikan bisnis ada beberapa tips ji