Laporan Dari P2G: Masih Banyak yang Belum Dapat Kuota Gratis

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Laporan Dari P2G: Masih Banyak yang Belum Dapat Kuota Gratis


JawaPos.com – Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) kembali menerima informasi dan laporan terkait sekolah-sekolah yang belum kunjung mendapatkan bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk periode bulan pertama, September.

’’Dari awal program ini dilaksanakan, masih banyak siswa dan guru di daerah termasuk Jakarta yang belum menerima subsidi kuota, padahal guru dan orang tua siswa sangat mengharapkan bantuan ini, untuk mengurangi beban belajar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung,” terang Koordinator P2G Satriwan Salim, Selasa (27/10).

Apalagi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud sudah mulai menyalurkan subsidi kuota bulan kedua (Oktober) tahap pertama pada 22–24 Oktober. Pihaknya pun menilai Kemendikbud tidak benar-benar serius dalam melaksanakan program yang memakan dana jumbo, sebesar Rp 7,2 triliiun untuk empat bulan sampai Desember itu.

Laporan kepada P2G perihal siswa dan guru belum menerima bantuan kuota sebenarnya sudah pernah disampaikan akhir September lalu. Persoalan yang sama relatif dari tempat yang sama juga, masih terjadi hingga sekarang. Bahkan ada penambahan beberapa provinsi sehingga jumlahnya bertambah.

’’Artinya, Kemendikbud tidak serius dalam menindaklanjuti temuan-temuan keluhan bantuan kuota bulan September lalu. Padahal mendapatkan bantuan kuota ini merupakan hak dasar siswa dan guru agar pembelajaran PJJ khususnya daring tetap terlaksana,’’ ujar dia.

Terdapat potensi dana tak terpakai maksimal, bahkan bisa dikatakan sia-sia. Adapun, berikut laporan yang diterima P2G (*)

 

  1. Dari beberapa SMP dan SMA swasta di DKI Jakarta. Banyak siswa yang belum menerima, begitu juga gurunya. Termasuk ada laporan dari guru dan siswa yang menggunakan nomor ponsel pascabayar.

 

  1. Dari SMP Negeri di Kota Blitar, Jawa Timur, beberapa siswa dan guru belum dapat.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kab. Bogor, Jawa Barat. Sebagian siswa dan guru juga belum mendapatkan.

 

  1. Dari SMP Negeri di Kab. Pandeglang, Benten. Untuk di Pandeglang masih banyak guru dan siswa yang belum. Dan ada beberapa SMP yang guru dan siswanya belum mendapatkan sama sekali.

 

  1. Dari SDLB Kab. Bintan, Kepulauan Riau. Sebagian siswa belum mendapatkan.

 

  1. Dari SMK Negeri 4 Kab. Berau, Kalimantan Timur. Semua guru dan siswa belum dapat kuota internet hingga sekarang, untuk yang September.

 

  1. Dari SD Negeri di Kab. Bekasi, Jawa Barat. Masih banyak guru dan siswa di SD yang belum dapat. Untuk di Kab. Bekasi masih banyak guru dan siswa yang belum dapat, bahkan ada beberapa sekolah guru dan siswanya belum mendapatkan sama sekali.

 

Padahal ada sebagian guru sudah dapat lagi bantuan kuota yang kedua Oktober. Sehingga guru dan siswa yang belum dapat kuota harus mengeluarkan modal ekstra sendiri untuk PJJ Daring.

 

  1. Dari SMK Negeri di Kab. Ende, NTT. Sebagian kecil guru belum dapat dan sebagian besar siswa juga belum dapat.

 

  1. Dari SMPN 1 Kab. Garut, Jawa Barat, beberapa guru belum menerima bantuan subsidi kuota dari bulan September.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Guru sebagian besar belum dapat, siswa sebagian juga belum dapat.

 

  1. Dari SMA Negeri 3 Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Yang dapat paket kuota data hanya 10 orang dari 86 guru yang bertugas di sekolah tersebut. Sedangkan untuk siswa sebagian juga belum.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kota Pekanbaru, Riau. Sebagian besar guru belum dapat dan sebagian kecil siswa juga belum.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sebagian siswa belum dapat kuota internet.

 

  1. Dari SMA Negeri 30 Kab. Garut, Jawa Barat. Guru dan siswa belum dapat kuota internet.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kab. Semarang, Jawa Tengah. Sebagian guru dan siswa belum menerima.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sebagian siswa dan guru yang belum dapat kuota.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kab. Pati, Jawa Tengah. Masih ada 20% siswa dan guru yang belum kunjung menerima bantuan kuota.

 

  1. Dari SMA Negeri 1 Tabukan Utara, Kab. Sangihe, Sulawesi Utara. Hampir semua siswa dan guru sudah terkirim bantuan kuota sesuai yang telah diinput di dapodik. Namun, beberapa siswa dan guru yang belum terkirim dikarenakan setelah nomor diverifikasi, ternyata nomor tersebut tidak aktif.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kab. Karawang, Jawa Barat. Hampir 50 orang siswa belum dapat kuota, adapun semua guru sudah menerima.

 

  1. Dari SMA Negeri di Kab. Jembrana, Bali. Sekitar 5% siswa belum dapat kuota yang bulan September. Siswa kemrin kendalanya adalah salah input nomor kartu.

 

  1. Dari SMP Negeri Turatea, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan. Sebagain kecil siswa masih ada yg belum dapat kuota.

 

  1. Dari SMA Negeri 4 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Terdapat sebagian siswa yang belum dapat kuota internet.

 

  1. Dari SMK Insan Medika, Kota Depok, Jawa Barat. Sebanyak 45 siswa (belum) dan 69 siswa (sudah) menerima kuota dari total siswa 114 orang.

 

  1. Dari SMP Negeri 6 Satap Serawai, Kab. Sintang, Kalimantan Barat. Beberapa siswa dan guru belum mendapat kuota.

 

  1. Dari SMA Negeri Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat. Sebagian siswa dan guru belum dapat kuota internet.

 

  1. Dari SMA Negeri Kota Banda Aceh, sebagian siswa dan guru belum mendapatkan kuota internet.

 

  1. Dari SMP Negeri di Kota Batam, Kepulauan Riau. Sebagian siswa masih belum mendapatkan bantuan kuota.

 

  1. Dari SD Negeri di Kab. Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Guru sudah mendapatkan kuota. Sedangkan sebagian besar siswa tidak mendapatkan kuota hingga sekarang.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


Laporan Dari P2G: Masih Banyak yang Belum Dapat Kuota Gratis