Tujuh Desa di Probolinggo Raih Penghargaan Proklim 2020

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tujuh Desa di Probolinggo Raih Penghargaan Proklim 2020


JawaPos.com–Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, meraih penghargaan sebagai pelaksana Program Kampung Iklim (Proklim) Nasional 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

”Kami bersyukur ada tujuh desa yang berhasil meraih penghargaan trofi dan sertifikat Proklim Utama dari KLHK. Semoga ke depan semakin banyak desa yang masuk dalam Proklim,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi seperti dilansir dari Antara.

Trofi Proklim Utama 2020 diterima Desa Bermi, Kecamatan Krucil dan sertifikat Proklim Utama 2020, ada enam desa meliputi Desa Pegalangan Kidul di Kecamatan Maron, Desa Sebaung (Kecamatan Gending), Desa Watupanjang (Kecamatan Krucil), Desa Krejengan (Kecamatan Krejengan), Desa Gading Wetan (Kecamatan Gading) dan Desa Asembagus (Kecamatan Kraksaan).

Menurut dia, Proklim adalah program yang dikembangkan KLHK untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca. Kategori Proklim ditetapkan berdasar nilai akhir Proklim yang merupakan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi, dan dukungan keberlanjutan.

”Sertifikat Proklim diberikan kepada lokasi yang memenuhi kriteria Proklim Utama dan Proklim Lestari. Sementara Tropi Proklim diberikan kepada penerima penghargaan Proklim Utama dan Lestari,” terang Dwijoko Nurjayadi.

Dia berharap, dengan penghargaan Proklim itu masyarakat mampu mewujudkan dalam satu desa dengan memaksimalkan sumber daya alam. ”Mudah-mudahan penghargaan itu bisa memicu motivasi ke desa-desa lain, sehingga lingkungan hidup bisa lestari di Kabupaten Probolinggo,” ujar Dwijoko Nurjayadi.

Sementara itu, Kepala Seksi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim DLH Kabupaten Probolinggo Sutopo mengimbau agar desa-desa yang belum membentuk dan melaksanakan Proklim untuk segera membentuk dan melaksanakan Proklim. ”Tentunya dengan dukungan dan pembinaan semua pihak. Dengan penghargaan Proklim itu diharapkan peran aktif masyarakat lebih meningkat terutama dalam aksi adaptasi dan mitigasi,” tutur Sutopo.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tujuh Desa di Probolinggo Raih Penghargaan Proklim 2020