Kejari Tulungagung Limpahkan Berkas Perkara Korupsi PDAM ke Pengadilan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kejari Tulungagung Limpahkan Berkas Perkara Korupsi PDAM ke Pengadilan


JawaPos.com–Kejaksaan Negeri Tulungagung, Jatim, melimpahkan ke pengadilan berkas perkara tersangka DH, mantan pejabat Pemkab Tulungagung yang terjerat dugaan korupsi PDAM Tirta Cahya Agung tahun anggaran 2016–2020 dengan nilai kerugian Rp 1,359 miliar.

”Ini merupakan pelimpahan kedua ke Pengadilan Tipikor Surabaya. Pelimpahan pertama sudah dilakukan pada 21 September. Selanjutnya dilakukan pelacakan terhadap aset tersangka,” kata Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Tulungagung Agung Tri Radityo seperti dilansir dari Antara di Tulungagung.

Ada sejumlah aset DH yang berhasil dilacak dan dilakukan tindakan penyitaan oleh kejaksaan. Di antaranya berupa kendaraan bermotor dan beberapa bidang tanah.

”Pada 24 Oktober ternyata sudah P21 (lengkap). Jadi Senin (26/10) dilakukan penyerahan tersangka,” ujar Agung.

Atas petunjuk dari jaksa penuntut umum, tersangka yang awalnya menjadi tahanan kota, kini ditahan di Tahanan Kelas 1 Kejaksaan Tinggi Jawa Timur selama 20 hari ke depan. Penahanan tersangka di Surabaya didasarkan beberapa pertimbangan, seperti lokasi sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Surabaya.

Sebelum diberangkatkan ke Surabaya, lanjut Agung, DH sebelumnya telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas setempat. DH juga telah menjalani rapid test dengan hasil nonreaktif. ”Yang bersangkutan dalam kondisi sehat,” tutur Agung.

DH terjerat kasus korupsi anggaran perawatan. Modus DH dalam kasus PDAM adalah anggaran dan kegiatan fiktif. Untuk perawatan mobil, DH melakukan mark up biaya perawatan. Bahkan tersangka juga memalsukan nota/kuitansi biaya perawatan mobil. Dari praktik perawatan mobil itu, ditemukan selisih lebih sekitar Rp 300 juta.

Modus serupa juga untuk kegiatan perawatan pipa. Dia melakukan mark up terhadap kegiatan dan pembiayaan tukang. Bahkan selisih anggaran mencapai Rp 900 juta selama empat tahun lebih dua bulan terakhir.

Saksikan video menarik berikut ini:


Kejari Tulungagung Limpahkan Berkas Perkara Korupsi PDAM ke Pengadilan