Momen Elvira Devinamira Kolaborasi Bersama Adik dalam Kegiatan Sosial

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Momen Elvira Devinamira Kolaborasi Bersama Adik dalam Kegiatan Sosial


Covid-19 membuat hati kakak beradik ini terketuk. Di Jakarta dan Surabaya, mereka menggagas aktivitas sosial. Tak ingin virus menyebar. Juga tak mau anak-anak tidak bisa belajar karena tak punya kuota internet.

SEPTIAN NUR HADI, Surabaya

Pagi di pertengahan Oktober, Elvira Devinamira bersama Shafira Novianti mendatangi sebuah rumah di JalanTambak Asri RW 6, Krembangan. Kakak beradik tersebut tiba di lokasi pukul 08.15. Kedatangan mereka bermaksud untuk meresmikan rumah aspirasi. Yakni, rumah yang digunakan untuk sekolah online gratis bagi seluruh pelajar.

Terutama pelajar yang tinggal di sekitar Jalan Tambak Asri. Peresmian itu dilakukan dengan memecahkan kendi berisi air dan diakhiri doa bersama. Pendirian sekolah online gratis mendapatkan respons positif dari warga setempat, terutama para pelajar.

Helen Larabela misalnya. Senyum semringah tersungging di bibir bocah berusia 10 tahun tersebut. Dia terlihat senang saat melihat kedatangan Elvira dan Shafira.

Mengenakan seragam sekolah lengkap, pelajar kelas IV SDN Asemrowo I itu sudah tak sabar untuk mengikuti sekolah online bersama teman-teman sebayanya. ”Datang ke sini mau belajar. Soalnya, aku enggak punya kuota internet,” ujar Helen polos.

Selama diberlakukan sekolah secara daring, Helen mangaku sering tidak bisa mengikuti pelajaran.

Bukan karena malas. Orang tuanya tidak mempunyai uang untuk memenuhi semua kebutuhan sekolahnya. Termasuk membelikan kuota internet.

”Jadi, kalau punya kuota internet aja sekolahnya. Kalau enggak, terpaksa libur,” ucap dia.

Karena itu, dengan adanya rumah aspirasi, Helen merasa sangat senang. Setiap hari dia bisa mengikuti sekolah jarak jauh tanpa harus memikirkan jaringan internet.

Ditambah lagi, Helen tidak hanya belajar sendiri, tetapi bersama teman sebaya dan dibantu oleh kakak pembimbing. Karena itu, proses belajar menjadi seru.

Elvira Devinamira mengungkapkan, selama pandemi, kegiatan sosial semakin gencar dilakukan. Dimulai sejak Maret pada awal-awal virus korona masuk Indonesia.

Beberapa bantuan diberikan. Misalnya, alat pelindung diri (APD), masker, makanan, dan jamu. Kegiatan tersebut berlangsung di Jakarta.

Seluruh bantuan didistribusikan secara rutin dan bertahap. Rumah sakit, permukiman padat, serta yayasan panti jompo menjadi targetnya.

Menurut Puteri Indonesia 2014 itu, di tiga lokasi tersebut rawan terjadi penularan virus korona. ”Juga pada awal-awal pandemi, tingkat kedispilinan masyarakat terkait protokol kesehatan (prokes) belum tinggi. Terutama di permukiman padat. Karena itu, aku concern banget mendorong mereka (warga) untuk bisa disiplin menerapkan prokes,” ujar perempuan kelahiran Surabaya itu.

Pagebluk korona yang tak kunjung berakhir membuat Elvira terketuk. Dari Jakarta, Elvira bertolak mengadakan kegiatan sosial di tanah kelahirannya, Surabaya. Kegiatan sosial dilakukan bersama Shafira yang tidak lain merupakan adiknya.

Elvira menjelaskan bahwa di Surabaya dirinya lebih fokus pada pemberian bantuan di bidang pendidikan. Salah satunya mendirikan sekolah online gratis.

”Ide (mendirikan sekolah online) dari Shafira. Kata adik, banyak pelajar Surabaya yang masih kesulitan mengikuti sekolah online. Salah satu penyebabnya, tidak ada jaringan internet,” ucap dia.

Agar bantuan tepat sasaran, sang adik terlebih dahulu melakukan survei. Yakni, survei lapangan yang bekerja sama dengan Komunitas Tolong Menolong. Dari survei tersebut, permukiman padat di Jalan Tambak Asri, Krembangan, dipilihnya. Sebab, tidak adanya biaya untuk membeli handphone dan kuota membuat banyak pelajar di sana tidak bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh.

”Akhirnya Selasa (13/10), sekolah online gratis di rumah aspirasi nomor 187 diresmikan. Selain memberikan wifi gratis, kami juga menyediakan empat handphone untuk digunakan para siswa. Sekaligus konsumsi dan guru pembimbing,” tuturnya.

Meski berkolaborasi dengan sang kakak sudah berkali-kali dilakukan, saat ini terasa ada yang berbeda. Shafira berkecimpung langsung dalam kegiatan. Mulai penentuan ide hingga menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Shafira menilai, Elvira merupakan sosok penting bagi dirinya. Sejak kecil, Shafira selalu diajarkan untuk saling berbagi dengan sesama. Sampai-sampai karena sering diajak kakak melakukan kegiatan sosial, kepedulian dengan sendirinya timbul.

Saksikan video menarik berikut ini:


Momen Elvira Devinamira Kolaborasi Bersama Adik dalam Kegiatan Sosial