Rahasia Pengobatan Covid-19 di Singapura, Cepat Sembuh, Kematian Kecil

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Rahasia Pengobatan Covid-19 di Singapura, Cepat Sembuh, Kematian Kecil


JawaPos.com – Para ahli penyakit menular percaya bahwa perawatan Covid-19 yang efektif masih diperlukan untuk pasien. Ada beberapa kategori pasien Covid-19 yakni tanpa gejala, ringan, sedang dan berat. Tentu masing-masing penanganannya berbeda. Singapura sejauh ini hanya melaporkan 36 kematian akibat Covid-19 berdasarkan data Worldometers.

“Pengobatan Covid-19 sangat penting karena vaksin tidak 100 persen,” kata ahli penyakit menular dari National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, Profesor Dale Fisher.

Uji coba terbesar yang melibatkan lebih dari 12.000 pasien, sedang dilakukan di Universitas Oxford. Sejak Maret 2020, uji coba pemulihan telah mempelajari beberapa obat untuk kemanjurannya dalam mengobati pasien Covid-19. Beberapa obat terbukti tidak efektif, seperti obat antimalaria hydroxychloroquine, yang dipromosikan sebagai pengobatan potensial oleh mantan presiden AS Donald Trump. Namun, obat lain seperti steroid deksametason dan obat radang sendi tocilizumab efektif dalam mengobati pasien, dan telah menyelamatkan nyawa.

Obat Sotrovimab

Di Singapura, Otoritas Ilmu Kesehatan memberikan otorisasi sementara untuk obat antibodi sotrovimab, yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi GlaxoSmithKline dan perusahaan imunologi Vir Biotechnology, dan digunakan untuk merawat pasien berusia 18 tahun ke atas dengan Covid-19 ringan atau sedang. Pasien-pasien ini tidak memerlukan oksigen tambahan tetapi berisiko mengalami gejala yang lebih parah. Kementerian Kesehatan mengatakan obat itu akan tersedia di institusi perawatan kesehatan pada September.

Obat ini didasarkan pada antibodi monoklonal, yang merupakan protein buatan laboratorium yang meniru kemampuan sistem kekebalan untuk menangkal antigen berbahaya seperti virus. Singapura juga sedang mempertimbangkan pengobatan antibodi monoklonal lain oleh Regeneron Pharmaceutical, Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) mengatakan kepada The Straits Times pekan lalu.

Baca juga: Makan dan Kumpul di Restoran Diizinkan, Covid-19 di Singapura Melonjak

Kepala program penyakit menular di Saw Swee Hock School of Public Health di NUS, Profesor Hsu Li Yang, mengatakan kemajuan ini dimungkinkan oleh uji coba platform besar, tunggal dan multi-negara seperti uji coba Pemulihan Inggris dan Solidaritas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Terapi Covid-19 yang ada terbagi dalam dua kategori. Apa saja? Terapi yang menargetkan virus itu sendiri (termasuk obat antivirus dan antibodi monoklonal). Dan, terapi yang mengobati respons inflamasi tubuh (termasuk perawatan steroid dan modulator kekebalan).

Apa yang dilakukan rumah sakit Singapura? NCID telah menerbitkan pedoman pengobatan untuk Covid-19, yang berlaku untuk semua rumah sakit di Singapura. Dokumen tersebut memberikan rekomendasi untuk manajemen terapeutik pasien dengan Covid-19 di Singapura.

Pakar Kesehatan dr Shawn Vasoo dari NCID mengatakan dokter pertama-tama akan mempertimbangkan apakah pasien memiliki Covid-19 yang parah atau tidak. Lalu pasien yang didiagnosis dengan Covid-19 dievaluasi dan diklasifikasikan ke dalam empat kategori tingkat keparahan penyakit.

Empat kategori itu adalah, tanpa gejala yakni pasien tanpa gejala atau yang tidak memerlukan pengobatan. Ringan, mereka dengan gejala infeksi saluran pernapasan akut tetapi tidak menunjukkan gejala pneumonia. Sedang, pasien dengan pneumonia tetapi tidak memerlukan terapi oksigen tambahan. Parah atau kritis, pasien yang menderita pneumonia dan membutuhkan oksigen terapi, dan mungkin memerlukan dukungan di bawah perawatan intensif.

Shawn Vasoo mengatakan bahwa untuk pasien tertentu pada minggu pertama dengan kondisi parah, obat antivirus remdesivir dapat digunakan untuk mempercepat pemulihan. Beberapa pasien berisiko tinggi yang belum mendapat dukungan oksigen dan masih dalam tahap awal penyakit juga dapat diberikan remdesivir.


Rahasia Pengobatan Covid-19 di Singapura, Cepat Sembuh, Kematian Kecil