Kasus Covid-19 Melonjak, Ahli Penyakit Menular Salahkan AS Soal Masker

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kasus Covid-19 Melonjak, Ahli Penyakit Menular Salahkan AS Soal Masker


JawaPos.com – Ahli Penyakit Menular Amerika Serikat dr. Anthony Fauci menyesalkan kebijakan Amerika Serikat yang sudah tak mewajibkan lagi pemakaian masker. Padahal ancaman varian Delta membuat kasus meningkat. Dia menyarankan agar masyarakat tetap memakai masker sekalipun sudah divaksinasi.

“AS seharusnya berada dalam kesulitan yang tidak perlu”dengan melonjaknya kasus Covid-19 yang dipicu oleh orang Amerika yang tidak divaksinasi dan varian Delta yang ganas,” kata Fauci seperti dilansir dari AP, Selasa (27/7). “Kami menuju ke arah yang salah,” tegasnya.

Dia mengaku sangat frustrasi dengan situasi saat ini. Dia merekomendasikan agar masker tetap menjadi senjata. Juga, suntikan booster mungkin disarankan untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Fauci, yang juga menjabat sebagai kepala penasihat medis Presiden Joe Biden, mengatakan kepada ‘State of the Union’ CNN, dia mencatat infeksi melonjak, seperti Los Angeles County. Di sana sudah meminta individu untuk memakai masker di ruang publik dalam ruangan terlepas dari status vaksinasi.

Fauci mengatakan aturan lokal itu sesuai dengan rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bahwa yang divaksinasi tidak perlu memakai masker di depan umum. Lebih dari 163 juta orang, atau 49 persen dari total populasi AS, telah divaksinasi penuh, menurut data CDC. Dari mereka yang memenuhi syarat untuk vaksin, berusia 12 tahun ke atas, angkanya naik menjadi 57 persen.

“Itulah alasan mengapa kami di luar sana, secara praktis memohon kepada orang-orang yang tidak divaksinasi untuk segera divaksinasi,” kata Fauci.

Fauci mengatakan para ahli pemerintah sedang meninjau data awal saat mereka mempertimbangkan apakah akan merekomendasikan individu yang divaksinasi untuk mendapatkan suntikan booster. Dia menyarankan bahwa beberapa yang paling rentan, seperti transplantasi organ dan pasien kanker, kemungkinan direkomendasikan untuk suntikan booster.

Dia juga memuji Partai Republik, termasuk Gubernur Asa Hutchinson dari Arkansas dan Ron DeSantis dari Florida, dan pemimpin DPR tingkat kedua, Rep. Steve Scalise dari Louisiana, karena mendorong konstituen mereka untuk divaksinasi. Negara bagian mereka memiliki tingkat vaksinasi terendah di negara ini.

“Apa yang benar-benar ingin saya lihat adalah semakin banyak pemimpin di daerah-daerah yang tidak divaksinasi untuk keluar dan berbicara dan mendorong orang untuk divaksinasi,” kata Fauci.


Kasus Covid-19 Melonjak, Ahli Penyakit Menular Salahkan AS Soal Masker