5 Cara Berinovasi dalam Usaha Warung Kelontong Pada Era Pandemi

Warung kelontong memang lekat dengan industri rumahan yang identik dengan pola usaha yang tradisional. Namun, inovasi pun tetap harus dilakukan para pelaku warung kelontong agar tetap bisa bersaing dengan warung modern. Apalagi pandemi yang tak kunjung usai ini menuntut kita semua harus tetap kreatif dalam merespon situasi yang ada untuk bisa bertahan hidup.

Pembatasan aktivitas orang-orang secara langsung juga bisa berefek pada penjualan warung kelontong. Oleh karena itu, kita harus berpikir cermat dan inovatif untuk bisa melihat peluang dari setiap keterbatasan ini.

Baca juga: Tips Menjalankan Usaha Toko Kelontong di Tengah Pandemi
Inovasi-inovasi Warung Kelontong Saat Pandemi

Hal yang perlu diperhatikan baik-baik adalah bagaimana perubahan pola masyarakat dalam menjalani kehidupan mereka. Apa yang mereka dibutuhkan bisa saja berubah saat pandemi seperti ini. Nah, untuk memberi pencerahan, inilah beberapa inovasi yang bisa kamu lakukan sebagai penggiat warung kelontong.

1. Layanan pengiriman barang
Mobilitas yang dibatasi tentunya akan mengurangi jumlah pengunjung warung secara signifikan, meskipun mereka sudah berstatus langganan. Nah, untuk mengantisipasinya kamu bisa memberikan layanan pengiriman barang kepada para pelanggan.

Untuk memulai tentunya kamu harus menawarkan fasilitas ini secara langsung menghubungi satu per satu atau memberikan pengumuman di spanduk warung. Agar tidak terlalu berat, batasi jarak pengiriman misalnya hanya dalam radius 3 KM sampai 5 KM. Berikan juga minimal pembelanjaan agar ongkos pengantaran tidak lebih besar dari barang yang diantarkan.

Baca juga: Mengenal Manajemen Keuangan Warung Kelontong

2. Hadirkan pembayaran digital
Transaksi secara kas tidak disarankan saat ini karena bisa menjadi sarana pengantaran virus lewat uang tunai. Oleh karena itu, kamu bisa mulai beralih ke pembayaran digital. Saat ini sudah banyak sekali tersedia sarana pembayaran digital yang bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari QRIS, transfer dompet digital, sampai transfer melalui mobile banking.

Dengan peralihan ini, pelanggan juga akan lebih nyaman saat berbelanja di warung kamu karena sudah menaati protokol kesehatan dengan menghadirkan pembayaran secara cashless.

Baca juga: Transaksi Non Tunai Pakai QRIS

3. Membuat paket barang
Saat ini banyak penderita Covid 19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. Tentunya mereka pun membutuhkan barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari. Nah, kamu bisa membuat penawaran berupa paket barang-barang, seperti paket isoman (berisi vitamin, makanan cepat saji, sembako, dll) atau paket untuk keperluan mandi.

Dengan membuat penawaran secara paket ini, pelanggan akan terasa sangat dimudahkan karena bisa mendapatkan barang-barang kebutuhannya dengan mudah.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Pendapatan Warung Kelontong

4. Jeli melihat kebutuhan
Warung kelontong identik dengan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako, mie instant, kopi sachet, sabun mandi dll. Tak ada yang salah dengan itu, tapi saat ini kebutuhan masyarakat juga bertambah dan kamu harus jeli melihat peluang ini.

Untuk bisa memanfaatkannya, kamu bisa mulai dengan menghadirkan barang-barang lainnya seperti masker, sabun pencuci tangan, multivitamin, jamu kesehatan, sampai vitamin C. Barang-barang tersebut sudah menjadi kebutuhan primer pada masa pandemi seperti sekarang.

Baca juga: Tips Membuka Toko Kelontong dan Barang Apa Saja yang Laku Dijual

5. Retur barang
Jarang ada warung kelontong yang berani untuk menerapkan retur saat barang yang diterima oleh pembeli rusak. Layanan ini akan membuat warung menjadi lebih kredibel dan bisa dipercaya karena berani untuk menghadirkan layanan retur barang.

Di sisi lain, pembeli pun akan merasa lebih terjamin dengan kualitas barang-barang yang dihadirkan oleh warung kamu. Rasa percaya dan loyalitas mereka pun akan tercipta dengan sendirinya.

Bukalapak sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia pun terus mendukung warung untuk berinovasi dengan cara yang mudah. Salah satunya adalah dengan bergabung bersama Mitra Bukalapak yang menghadirkan berbagai macam inovasi digital yang bisa membuat warung kamu naik kelas. Yuk bergabung bersama Mitra Bukalapak sekarang juga dan rasakan inovasi-inovasi yang bermanfaat di dalamnya!

Warung kelontong memang lekat dengan industri rumahan yang identik dengan pola usaha yang tradisional. Namun, inovasi pun tetap harus dilakukan para p