BUKA USAHA JASA INSTALASI LISTRIK KOMPLIT CARA PEMASARANYA

Apakah anda Punya skill masalah kelistrikan? Jika iya, maka saya ucapkan selamat, anda telah beruntung memiliki ketrampilan yang sangat dibutuhkan banyak orang saat ini, yaitu listrik. Apapun bidang anda dalam masalah kelistrikan, percayalah jika dikelola dengan baik maka bisa jadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Berikut ini ada pandaung singkat bagaimana cara memulai usaha jasa instalasi listrik.
Bisnis Jasa Pasang Instalasi Listrik, Begini Memulai dan Promosinya

MEDIAINI.COM – Bisnis jasa pasang instalasi listrik masih bisa jadi pilihan untuk mencari cuan. Sebab kini mulai meningkat lagi permintaan pemasangan instalasi listrik rumah atau kantor. Mulai dari pemasangan stop kontak, saklar lampu, instalasi motor pompa air, penggantian kabel listrik hingga perbaikan kelistrikan. Teknik instalasi listrik biasanya digunakan saat beberapa waktu. Untuk memudahkan dalam pekerjaan pemasangan instalasi listrik di rumah yang yang dalam proses pembangunan atau renovasi. Maka harus menyiapkan pipa, stop kontak dan saklar. Untuk rumah yang sudah selesai dibangun dan ingin menambah instalasi maka jalur kabel dipasangkan kabel duct atau clamp kabel.

Dalam melaksanakan pekerjaan penginstalan listrik, maka perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, yaitu keamanan. Tak hanya terhadap manusia saja, tapi juga mengutamakan keamanan aset Anda dari bahaya kebakaran. Kedua, memperhatikan estetika. Tak asal terinstal, tapi juga harus rapi dalam melakukan pekerjaan pemasangan. Ketiga, part untuk memilih stop kontak, saklar, dan MCB. Terakhir, melakukan instalasi dengan cara penyambungan kabel, pemasangan stop kontak, saklar dan MCB.

Cara Memulai Bisnis Jasa Pasang Instalasi Listrik
1. Hitung Ukuran Rumah dan Konstruksi
Untuk memulai bisnis jasa pasang instalasi listrik, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung ukuran rumah dan konstruksinya. Sehingga menjadi tahu ukuran panjang kabel yang dibutuhkan untuk menginstal listrik serta jalur utama jaringan listrik. Tak hanya itu tapi juga perlu menghitung ukuran ruangan. Hal ini untuk mengetahui berapa jumlah kabel, lampu, dll untuk tiap ruangan yang ada.

2. Jumlah Ruangan
Jumlah ruangan harus diketahui sebelum melakukan instalasi listrik. Sehingga menjadi tahu kebutuhan stop kontak yang akan dipasang di tiap ruangan. Tapi jumlah stop kontak di sebuah ruangan biasanya terlihat dari fungsi dan kegunaan ruangan. Maka perlu memperhatikan fungsi ruangan tersebut sebelum menginstalnya.

3. Daya Listrik yang Dibutuhkan
Besaran daya listrik berbeda-beda. Ada yang ukurannya besar, ada yang kecil. Maka perlu mengetahui besaran daya listrik yang dibutuhkan untuk menentukan ukuran MCB (Miniature Circuit Breaker) yang digunakan. Jika ukuran ruangannya besar, maka bisa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan MCB. Fungsinya untuk mempermudah perbaikan kerusakan listrik dan menghindari penyebaran kerusakan di semua bagian instalasi.

4. Siapkan Peralatan
Sebelum memulai bisnis jasa pasang instalasi listrik maka perlu menyiapkan peralatannya. Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menginstal listrik. Selain itu juga perlu menyiapkan bahan material yang diperlukan. Pilih bahan material dan peralatan yang berkualitas untuk menunjang pekerjaan. Kabel-kabel dengan kode warna, saklar, fitting, stop kontak, MCB dan lain-lain.

5. Ukuran Kabel dan Perbedaan Kode Warna
Tentukan ukuran kabel yang akan dibutuhkan untuk menginstal listrik. Sebab, ukuran kabel menentukan besaran kapasitas ampere kabel tersebut. Karena jumlah kabel ampere yang kurang atau tidak sesuai bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik. Padahal hal tersebut harus dicegah agar tidak menyebabkan konsleting.

Tips Memilih Jasa Pasang Instalasi Listrik Terbaik
Jasa pasang instalasi listrik ada banyak, maka pilih yang terbaik. Untuk memilih pun tak boleh asal sembarang memilih, tapi perlu tips. Pertama, pilih jasa yang sudah profesional dalam bekerja. Anda dapat melihat rekam jejaknya dari testimoni pengguna lain. Salah satu indikator profesional atau tidaknya adalah tanggap saat mendapat panggilan dan langsung mendatangi konsumen. Selain itu, mereka memiliki manajemen yang baik dan tidak mengulur waktu mengerjakannya.

Kedua, perlu juga untuk mempertimbangkan biaya jasanya. Pastikan biayanya terjangkau dan masuk akal. Ketiga, pilih jasa yang sudah menyediakan tenaga kerja yang ahli di bidang kelistrikan. Hal ini sangat penting karena menyangkut kenyamanan serta keamanan masalah kelistrikan di ruangan Anda kemudian hari. Salah satu indikator tenaga kerja ahli adalah sertifikat resmi di bidangnya.

Lalu pilih jasa yang menggunakan standar keselamatan kerja yang tinggi. Dengan menjunjung standar keselamatan kerja maka penginstalan listrik juga lebih aman. Karena hal tersebut bukan masalah sepele, jika tidak dilengkapi standar keamanan dan keselamatan, maka bisa membahayakan orang lain atau benda sekitarnya. Terakhir, pilih jasa yang menggunakan produk berkualitas terbaik. Apalagi kabel, karena kabel merupakan bagian terpenting dalam instalasi dan arus listrik. Pilih produk berkualitas dan
 terpercaya serta sesuai dengan SNI. (Gusti Bintang K.)

Terakhir adalah bagaimana cara memasarkan usaha jasa instalasi listrik.
1. Lengkapi usaha anda dengan website pribadi ( jangan melulu gantungkan layanan sosialmedia saja). Jika anda tidak buat silahkan anda pesan di www.oblo.co.id ahlinya jasa pembuatan website.
2. Gunakan layanan sebar iklan baris massal, agar usaha anda cepay terkenal dan cepat viral, silahkan anda pesan disini www.iklanbaris.web.id, ahlinya naikin usaha apa saja lewat internet.
3. Gunakan layanan iklan berbayar seperti facebook, google dan instagram.
4. Rutin update konten website, jika anda pesan website di www.oblo.co.id maka tersedia halaman posting artikel unlimited. Itulah salah satu alasan saya menyarankan anda pesan websitenya di www.oblo.co.id.
5. Lakukan keempat langkah diatas. Karena yang bisa merubah keadaan itu jika cara di atas di lakukan, bukan sekedar dibaca, dipikirkan lalu diperdebatkan.

Oke, sampai disini langkah buka usaha instalasi listrik komplit pemasaranya sudah selesai, selebihnya biar waktu dan lapangan yang akan memberi wawasan.

Apakah anda Punya skill masalah kelistrikan? Jika iya, maka saya ucapkan selamat, anda telah beruntung memiliki ketrampilan yang sangat dibutuhkan ban