Wamenag Sesali Perbuatan Penyandingan Foto Wapres dengan Kakek Sugiono

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Wamenag Sesali Perbuatan Penyandingan Foto Wapres dengan Kakek Sugiono


JawaPos.com – Beredar di media sosial foto kolase antara Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan bintang porno Jepang Shigeo Tokuda yang populer dengan sebutan Kakek Sugiono. Foto tersebut diunggah oleh Ketua MUI Kecamatan Tanjung Balai, Sumatera Utara berinisial SM.

Menanggapi hal itu, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi pun menyesalkan kejadian tersebut. Dia juga mengingatkan akan pentingnya beretika dalam bersosial media.

“Kami belum tahu motif pelaku yang membuat dan mengunggah kolase foto tersebut di media sosial. Tapi apapun motifnya, itu adalah cermin dari pemanfaatan media digital yang tidak dilandasi akhlak dan etika,” terang dia dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10).

Zainut mengharapkan agar masyarakat lebih bijak dalam mengisi sosial media agar tidak mudah termakan oleh hoaks. Tidak jarang, informasi hoaks dapat memancing emosi dan amarah serta menumbuhkan kebencian. Hal tersebut pada akhirnya bisa mendorongnya melakukan tindakan yang tidak semestinya.

“Saya menduga pelaku termakan isu hoaks dari media sosial. Mari, siapapun kita, untuk membiasakan klarifikasi atau tabayyun setiap mendapat informasi, apalagi dari media sosial. Sehingga, kita terjaga dari emosi dan tumbuhnya kebencian kepada seseorang atas informasi yang belum tentu terbukti kebenarannya,” lanjutnya.

Terkait sanksi atas perbuatan pelaku, Zainut menyerahkan hal tersebut pada aparat. Menurutnya, jika perbuatan itu masuk dalam kategori tindak kriminalitas, maka itu sudah jadi urusan penegak hukum. “Mereka yang berbuat harus bertanggung jawab. Ketika bersalah, harus berhadapan dengan hukum. Kita semua sama di hadapan hukum,” tandasnya.

Sebagai informasi, beredar screenshot unggahan dari akun Facebook yang menampilkan foto Wapres Ma’ruf Amin dengan gambar animasi Kakek Sugiono. Dalam foto tersebut terdapat narasi ‘Jangan kau jadikan dirimu seperti Ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Diusia Senja Banyaklah Berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat’. Saat ini kasus tersebut tengah ditangani oleh pihak kepolisian.


Wamenag Sesali Perbuatan Penyandingan Foto Wapres dengan Kakek Sugiono