Ini Bosku! Tips Menarik Pembeli ke Toko Anda

Warung/toko online dan offline yang Anda jalankan pasti sangat tergantung pada pelanggan (pembeli). Tanpa pelanggan, tidak ada penjualan, dan tanpa penjualan, usaha anda pasti akan gulung tikar. Tapi bagaimana cara menarik pelanggan agar mau belanja ke toko Anda?

1. Kombinasikan antara toko offline dan online

Kombinasi antara toko offline dan online merupakan strategi pemasaran yang tepat untuk peritel. Untuk toko online, penjual harus memaksimalkan semua platform digital mulai dari aplikasi toko online seperti Bukalapak, media sosial, hingga website.

2. Beli secara online, pengambilan di toko

Meskipun e-commerce di era modern ini terus tumbuh dan semakin besar, namun menurut entrepreneur.com, penjualan offline masih 10 kali lebih besar dibandingkan dengan penjualan online. Karena itu, membuka warung tetap bisa menjadi pilihan usaha untuk digeluti. Kabar baiknya, warung sederhana sekalipun bisa menawarkan pembelian barang secara online di Bukalapak dan barangnya diambil sendiri ke lokasi pelapak.

Baca juga : Tips Mengatur Modal Usaha Agar Tidak Bangkrut

3. Gencar berpromosi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan toko offline maupun online. Mulai dari memanfaatkan media sosial seperti Facebook,Twitter, atau Instagram hingga menggunakan aplikasi Chatting seperti WhatsApp.

Agar calon konsumen lebih mudah membaca promo yang Anda tawarkan melalui sosial media ataupun status whatsapp, cobalah untuk memanfaatkan fitur Sebar Poster dari Mitra Bukalapak. Dengan menggunakan poster, calon konsumen akan lebih mudah menerima informasi, desainnya menarik sehingga mudah dibaca dan diingat, serta bisa juga dimanfaatkan untuk meningkatkan branding toko Anda.

Baca juga : 7 Ide Usaha Rumahan Yang Bisa Kamu Coba

4. Cocokan harga offline dengan online

Konsumen modern semakin cerdas. Mereka seringkali membandingkan harga di toko online dengan offline sebelum memutuskan untuk membeli. Jika harga yang ditawarkan oleh toko konvensional tidak jauh berbeda dengan toko online, konsumen tidak keberatan dan kadang justru lebih suka berbelanja secara offline. Karena itulah, setiap pemilik toko perlu mencocokkan harga offline dengan online agar tidak ada diferensiasi harga yang terlalu mencolok.

5. Tingkatkan daya tarik toko

Menarik pelanggan agar mau berbelanja di toko juga bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tarik toko itu sendiri. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tarik toko diantaranya adalah:

  1. Menawarkan produk dengan harga terjangkau
  2. Menyediakan barang dagangan yang lengkap
  3. Memajang barang-barang yang sering dibutuhkan di bagian depan agar mudah terlihat dari jalan
  4. Memasang poster promo yang mudah dibaca dan menarik. Seperti yang disampaikan di atas, desain poster bisa dibuat dengan memanfaatkan fitur gambar poster pada aplikasi Mitra Bukalapak

Baca juga : Cara Buka Usaha Warung Dengan Modal Kecil

7. Lengkapi barang dagangan

Menambah list daftar barang dagangan adalah cara lain untuk menarik konsumen agar mau berbelanja di toko anda. Karena semakin lengkap barang yang dijual di toko, maka akan semakin besar peluang menggaet pelanggan baru mempertahankan pelanggan lama.

8. Buka lebih awal dan tutup lebih akhir

Untuk toko offline, buka lebih awal di pagi hari dan tutup lebih akhir di malam hari adalah strategi yang efektif untuk menarik pembeli. Pasalnya, tidak sedikit orang yang membutuhkan sesuatu dan ingin berbelanja di pagi hari belum berangkat kerja atau di malam hari sebelum beristirahat.

Baca juga : Cari Ide Untuk Usaha Sampingan? Coba Jualan Produk Virtual Yuk!

9. Daftarkan toko Anda di Google Maps

Ada tiga keuntungan utama mendaftarkan toko di Google Maps. Pertama, calon pembeli bisa mengetahui bahwa ada toko (Anda) yang menjual barang yang mereka butuhkan. Kedua, kredibilitas toko akan meningkat. Dan yang ketiga, konsumen bisa dengan mudah menemukan toko dengan bantuan navigasi yang telah tersedia di Google Maps. Selain mendaftar di Google Maps, jangan lupa juga mendaftarkan toko di Google Bisnisku agar lebih mudah menarik pelanggan.

10. Jual virtual produk

Di era digital seperti saat ini, produk virtual semakin banyak dibutuhkan. Beberapa contoh produk virtual yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat diantaranya adalah, pulsa seluler, paket data, token listrik, voucher game, hingga voucher streaming. Kabar baiknya, produk virtual bisa dengan mudah dijual karena telah tersedia aplikasi seperti Mitra Bukalapak, yang akan memudahkan pedagang melakukan transaksi jual-beli produk virtual.

Warung/toko online dan offline yang Anda jalankan pasti sangat tergantung pada pelanggan (pembeli). Tanpa pelanggan, tidak ada penjualan, dan tanpa pe