Chamimah, Adik Wapres Ke-6 RI Try Sutrisno Diwisuda pada Usia 78 Tahun

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Chamimah, Adik Wapres Ke-6 RI Try Sutrisno Diwisuda pada Usia 78 Tahun


Chamimah, 78, patut menjadi inspirasi generasi muda. Di usia yang sudah senja, adik Wakil Presiden (Wapres) Ke-6 RI Try Sutrisno itu masih semangat menempuh pendidikan sarjana di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Dia akhirnya diwisuda di Gedung At-Tauhid UM Surabaya pada Selasa (24/11).

SEPTINDA AYU PRAMITASARI, Surabaya

CHAMIMAH begitu semangat menghadiri wisuda program sarjana di Gedung At-Tauhid Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Selasa (24/11). Dengan mengenakan baju toga lengkap dengan riasan tipis di wajahnya, perempuan 78 tahun itu tiba di kampus pukul 06.30. Gerbang kampus pun belum dibuka. Sebab, prosesi acara wisuda sesi pertama baru dimulai pukul 08.30.

”Saya datang terlalu pagi, diantar suami saya,” kata Chamimah kepada Jawa Pos setelah prosesi wisuda pada Selasa (24/11). Chamimah mengaku sangat antusias untuk diwisuda.

Hal tersebut merupakan pengalaman pertama sepanjang hidupnya menyandang gelar sarjana. Tidak peduli dengan usianya yang hampir menginjak 80 tahun, semangat menempuh pendidikan sarjana PG PAUD tetap tinggi.

”Saya bangun pukul 01.00. Setelah salat Tahajud, saya langsung menyiapkan sarapan untuk cucu. Habis itu, langsung dandan buat wisuda,” ujarnya dengan wajah semringah.

Perempuan kelahiran 1 September 1942 itu menuturkan, tidak ada batasan usia untuk terus belajar dan meraih pendidikan setinggi-tingginya. Keinginan untuk kuliah S-1 PG PAUD tersebut muncul setelah memasuki masa pensiun.

”Banyak teman yang bilang, ngapain kuliah, Bu? Kan sudah pensiun. Saya jawab saja tidak apa-apa,” kata dia, lantas tertawa.

Adik kandung Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno itu akhirnya nekat kuliah S-1. Dia mengambil kuliah setiap Jumat-Sabtu. Setiap kali kuliah selalu diantar dan dijemput suaminya. Hal itu dilakukan dengan penuh semangat dan justru menginspirasi teman-teman kuliahnya yang rata-rata masih berusia muda.

”Kebetulan kuliahnya kan di kampus UM Surabaya yang di Jalan Pacar Keling. Ya, setiap kuliah diantar dan dijemput,” kisahnya.

Aktivitas sehari-hari Chamimah saat ini adalah mengajar di TK Masa Putra Bakti. Dia mengajar di TK sejak 1963. Kemudian, pada 1977, dia mendapat tugas tambahan menjadi guru SD. ”Pagi saya mengajar TK. Pulang dari TK, saya lanjutkan mengajar SD. Pada 2002, saya pensiun menjadi guru SD dan tetap mengajar di TK,” katanya.

Chamimah menambahkan, dulu dirinya juga menjadi kepala TK Masa Putra Bhakti. Namun, setelah berusia 60 tahun, tugas sebagai kepala TK berhenti.

”Sesuai peraturan pemerintah, usia 60 tahun tidak boleh menjadi kepala TK. Jadi, sampai sekarang saya masih menjadi guru TK,” ujarnya.

Nenek dua cucu itu mengungkapkan, alasan kuliah S-1 PG PAUD adalah ingin menguasai pendidikan. Sebab, anak buahnya merupakan lulusan S-1. Hal itu membuatnya termotivasi untuk bisa meraih pendidikan sarjana.

”Ya, kalau saya tidak meraih itu, kan malu. Anak buah saya lulusan S-1,” kata dia.

Menurut dia, tidak ada kata terlambat untuk meraih pendidikan tinggi. Yang terpenting adalah semangat untuk belajar. Meski sudah usia lanjut, banyak pengalaman yang diperoleh pada masa kuliah. ”Saya tetap kuliah dan punya banyak teman yang masih muda-muda,” ucapnya.

Chamimah menyatakan sangat senang bisa menyelesaikan kuliah dengan baik. Banyak ilmu yang diperoleh di dunia PG PAUD. ”Yang terpenting adalah dapat menambah ilmu saya,” ujar dia.

Chamimah pun menjadi satu di antara 1.139 wisudawan yang diwisuda UM Surabaya pada periode genap 2020−2021 secara luring. Dia juga berhasil lulus dengan tugas akhir berjudul Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok A TK Masa Putra Bhakti Surabaya 2019−2020. ”Semangat belajar dan kepatriotan turun dari kakak saya. Alhamdulillah, saya menamatkan studi di PG PAUD UM Surabaya,” katanya.

Dia menuturkan, selama kuliah di UM Surabaya, dirinya didukung dengan proses belajar-mengajar yang nyaman. Begitu juga sarana dan prasarana yang bagus. ”Selama perkuliahan, saya tidak pernah membolos. Saya menyelesaikan kuliah tepat waktu,” ujarnya.

Rektor UM Surabaya dr Sukadiono mengatakan, UM Surabaya secara inklusif membuka kesempatan belajar bagi siapa pun selama memiliki tekad dan ikhtiar yang kuat dalam menuntut ilmu.

”Kami rasa semua kelompok usia, termasuk yang kategori lanjut usia, dapat belajar dengan nyaman dan senang,” katanya. 

Saksikan video menarik berikut ini:


Chamimah, Adik Wapres Ke-6 RI Try Sutrisno Diwisuda pada Usia 78 Tahun