Aktif Berdayakan Perempuan, Ingrid Kansil Raih Obsession Award 2020

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Aktif Berdayakan Perempuan, Ingrid Kansil Raih Obsession Award 2020


JawaPos.com – Ketua Umum Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Ingrid Kansil menyabet penghargaan Obsession Award 2020 kategori Best Women’s Empowerment. Penghargaan Obsession Award 2020 diberikan kepada sejumlah tokoh.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai anggota DPR, Ingrid mendirikan IPEMI. Salah satu tujuan komunitas ini adalah dapat menjadi wadah bagi para muslimah untuk berkontribusi membangun perekonomian nasional.

Sehingga bisa menjadi motor penggerak peningkatan skala entrepreneur Indonesia yang masih jauh dari standar minimum. Sebagai Ketua Umum IPEMI, Ingrid mengaku bangga saat ini banyak muslimah yang berani terjun ke dunia usaha.

Saat ini IPEMI berhasil menjadi wadah bagi pengusaha muslimah di seluruh Indonesia. Bahkan dalam waktu empat tahun terakhir, anggotanya telah menyebar di 10 negara di dunia.

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia dan bangga atas pencapaian para perempuan Indonesia, khususnya dalam kontribusi mereka terhadap pembangunan ekonomi nasional sebagai pengusaha,” tutur Ingrid, Senin (30/11).

Memimpin komunitas yang memiliki anggota tidak hanya di Tanah Air, tapi juga berskala internasional tentu membutuhkan pengetahuan yang mumpuni. Salah satu yang diaplikasikan adalah pengalamannya selama ditempatkan di wilayah kerja yang meliputi bidang agama, sosial, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta kebencanaan saat menduduki kursi DPR.

Pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama menjadi legislator dijadikan modal dalam membuat rumusan program-program kerja IPEMI. Ingrid menyampaikan, meskipun saat ini jumlah perempuan pengusaha hanya 8,6 juta atau tidak mencapai 3,1 persen dari populasi, namun IPEMI optimistis jumlah tersebut bisa meningkat.

Lebih lanjut Ingrid menuturkan, mayoritas anggota IPEMI merupakan pengusaha UMKM yang secara konsep mendukung model ekonomi umat. Kegiatan IPEMI secara menyeluruh hadir dari tingkatan kelurahan hingga provinsi.

“Kami juga terus berinovasi dengan berbagai kreativitas karya anggotanya. Mulai dari salon muslimah, hingga Galeri IPEMI yang dibuka di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut menjadi bentuk upaya kami dalam memfasilitasi pemasaran produk UMKM para anggota agar masyarakat mudah untuk mendapatkannya,” ujarnya.

Ingrid Kansil (dok. Panitia)

Selain aktif di IPEMI, kegiatan Ingrid lainnya adalah mengelola Yayasan Sembilan November yang menaungi pendidikan anak usia dini (PAUD) bersama TK Bintang Biru. Yayasan ini memiliki tujuan mulia, yakni agar anak-anak di sekitar lokasi bisa mendapatkan akses pendidikan secara cuma-cuma dengan kualitas baik.

Selain mengelola yayasan tersebut, Ingrid juga mendirikan sebuah pesantren di Cianjur, Jawa Barat. Pesantren tersebut dibangun agar anak-anak di sana bisa mendapat akses pendidikan secara gratis. Ingrid berharap anak-anak mendapat pendidikan agama sebagai landasan karakter dan kepribadian baik.

“Pesantren yang saya kelola dihuni oleh anak yatim dan anak dari keluarga tidak mampu, sehingga mereka juga masih dapat merasakan fasilitas pendidikan agama secara cuma-cuma. Juga untuk menjadi pribadi yang akhlakul kharimah, sehingga kemudian hari dapat berkontribusi positif kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Sebagai informasi, Obsession Awards 2020 merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-16 OMG. OMG adalah penerbit Majalah Men’s Obsession, Majalah Women’s Obsession, situs berita Obsession News, dan situs Muslim Obsession. Penghargaan Obsession Award 2020 diberikan langsung oleh Direktur Utama Obsession Media Group (OMG) Daisy Astrilita di Bukit Sentul Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/11).


Aktif Berdayakan Perempuan, Ingrid Kansil Raih Obsession Award 2020