KSAD Tinjau Latihan Antar Kecabangan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KSAD Tinjau Latihan Antar Kecabangan


JawaPos.com – TNI AD melaksanakan latihan tempur bersandi Kartika Yudha 2020 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan. Latihan yang dimulai sejak Rabu (11/11) itu memasuki fase puncak pada Kamis (26/11).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dijadwalkan hadir untuk menyaksikan langsung uji kemampuan prajurit matra darat dari berbagai kecabangan tersebut.
Keterangan itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Penerangan (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus.

“KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menghadiri acara latihan puncak didampingi oleh Komandan Kodiklat TNI AD selaku Komandan Latihan Letjen TNI AM. Putranto serta Asisten Latihan KSAD Mayjen TNI Harianto,” terang Nefra. Di hadapan Orang nomor satu di TNI AD, ribuan prajurit matra darat akan unjuk kemampuan. Tidak kurang 3.123 personel ikut ambil bagian.

Nefra menyebut, itu belum termasuk pelatih dan pendukung yang jumlahnya mencapai 1.872 orang. Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha 2020 dilaksanakan di dua tempat terpisah. “Di Mako Brigif R-9 untuk Latiihan Posko 1 dan Latihan simulasi tempur komputer, serta latihan taktis di Puslatpur Kodiklatad,” beber jenderal bintang satu TNI AD itu. Latihan tersebut meliputi tiga kegiatan. Yakni latihan posko, materi posko menggunakan alat pendukung simulasi tempur, dan latihan taktis.

Baca juga: KSAD Bahas Covid-19 dan Latihan Tentara Bersama dengan Jenderal AS

Tidak hanya mengerahkan ribuan personel, TNI AD juga mengirim beragam jenis alat utama sistem persenjataan (alutsista). Mulai dari Tank Leopard dari satuan kavaleri, ranpur M 113 dari satuan infanteri, meriam astros dari satuan artileri medan, mistral atlas milik satuan artileri pertahanan udara, ransus nubika satuan zeni, direction finder satuan perhubungan, helikopter apache satuan penerbad, rantis anoa satuan polisi militer, serta ranpur satuan kesehatan.

 

JAGA NKRI. Ribuan prajurit TNI AD melaksanakan Latihan Antar Kecabangan Bersandi Kartika Yudha 2020 di Puslatpur Kodiklatad, OKU Timur, Sumatera Selatan. Foto: Dok.Dispenad

Pasukan dan alutsista yang ikut dalam latihan itu, sambung Nefra, menunjukkan dinamika brigade tim pertempuran dalam operasi serangan. “Dengan berbagai manuver yang dilaksanakan seperti penembakan Tank Leopard, penembakan SMB, manuver ranpur, kerja sama infanteri tank, tembakan Heli Apache dengan Hellfire dan Hydra,” beber dia. Sementara itu, satuan Armed melaksanakan penembakan jarak jauh menggunakan munisi SS-40 Astros. Juga ditunjukkan kemampuan mobilisasi udara oleh penerbad.

Melalui Latihan Kartika Yudha 2020, TNI AD ingin meningkatkan interoperabilitas satuan kecabangan. Karena itu, Nefra menyebut ada materi pertahanan dan serangan dalam latihan tersebut. Semua itu dilatihkan guna menguji kemampuan prajurit TNI AD dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan wilayah NKRI. “Dengan adanya latihan antar kecabangan yang dilakukan tiap tahunnya diharapkan dapat memelihara kesiapan operasi dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AD,” jelasnya.

Berkaitan dengan lokasi pelaksanaan latihan, Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto menjelaskan bahwa Puslatpur Kodiklatad di OKU Timur sangat ideal untuk menggelar latihan tempur tingkat brigade. “Seperti gerak maju untuk kontak, pertahanan, dan serangan,” kata dia. Menurut jenderal bintang tiga TNI AD itu, tahun depan TNI AD akan berlatih bersama tentara dari negara sahabat untuk berlatih di Pustalpur yang berada di Kecamatan Baturaja tersebut. “Tahun depan negara luar juga akan ikut berlatih disini,” tambahnya.

Selain disaksikan oleh KSAD dan jajaran pejabat teras TNI AD, latihan tempur tersebut juga dilihat langsung oleh masyarakat setempat. Mereka diperbolehkan menonton aksi para prajurit TNI AD dari jarak aman. Izin itu juga diberikan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat kondisi dan situasi pandemi Covid-19 yang belum usai. Serupa dengan masyarakat, semua prajurit yang unjuk kemampuan juga menerapkan protokol kesehatan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


KSAD Tinjau Latihan Antar Kecabangan