Tarif Rp 29 Ribu untuk Tol Krian–Legundi–Bunder–Manyar 29 Kilometer

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tarif Rp 29 Ribu untuk Tol Krian–Legundi–Bunder–Manyar 29 Kilometer


JawaPos.com – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Sabtu lalu (28/11) resmi membuka tol baru Krian–Legundi–Bunder–Manyar (KLBM). Tol sepanjang 29 kilometer itu kini sudah bisa dilalui kendaraan roda empat atau lebih. Untuk sementara, pengguna tidak membayar sampai ada pengumuman dari pihak pengelola.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyatakan, kehadiran tol KLBM tersebut menjadi konektivitas di ring satu Jatim. Dengan demikian, tol itu diharapkan mendukung laju investasi.

’’Dengan adanya tol KLBM, konektivitas di wilayah Surabaya Raya, yakni Gresik, Mojokerto, Surabaya, dan Sidoarjo, bisa semakin efektif. Akses ini sangat penting untuk mengurangi load kendaraan di jantung Kota Surabaya,’’ paparnya.

Dia mengatakan, di kawasan Surabaya Raya banyak pabrik yang tentu membutuhkan dukungan akan cepatnya transportasi. Saat ini Jatim untuk jalur tengah dan jalur selatan sudah dan akan terus terkoneksi dengan tol. Nah, ke depan tol KLBM juga berkelanjutan hingga ke Tuban.

’’Sementara ini tol KLBM yang beroperasi masih sepanjang 29 kilometer,’’ ujar mantan menteri sosial tersebut.

Sementara itu, Direktur Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan, tarif tol KLBM nanti Rp 1.500 per kilometer. Namun, akan dikolektifkan menjadi Rp 29 ribu. Artinya, tarif Rp 29 ribu tersebut berlaku untuk melintas di tol 29 kilometer. Tarif itu lebih efisien bagi kendaraan logistik.

’’Secara teoretis 70 persen BOK (biaya operasional kendaraan). Hal tersebut dihitung dari segi waktu, BBM, mesin, dan instrumen lain,’’ jelasnya.

Tol KLBM itu memiliki empat seksi. Yang baru dioperasikan baru tiga seksi. Yakni, dari Krian, Sidoarjo hingga Bunder, Gresik. Seksi 4, Bunder–Manyar, akan dioperasikan bertahap. Sebab, dampak pandemi, alokasi anggaran untuk pembangunan seksi empat tol KLBM sepanjang 9,3 kilometer terkena refocusing.

’’Progres seksi 4 saat ini sudah pengadaan tanah 20 persen. Kami menunggu itu bebas dulu, tapi triwulan III 2021 pengerjaan ditargetkan dimulai,” kata Norman Hidayat, direktur teknik PT Waskita Bumi Wira.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tarif Rp 29 Ribu untuk Tol Krian–Legundi–Bunder–Manyar 29 Kilometer