Dua Kecamatan Terdampak Gempa Magnitudo 7,0 di Sulawesi Utara

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dua Kecamatan Terdampak Gempa Magnitudo 7,0 di Sulawesi Utara


JawaPos.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat mencatat dua kecamatan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara terdampak gempa bumi magnitudo 7,0 yang terjadi pada Kamis malam (21/1), pukul 19.23 WIB. Gempa bumi tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan dengan kategori ringan hingga sedang.

“Kerusakan teridentifikasi di Desa Bantik, Kecamatan Beo, berupa dinding belakang rumah roboh. Kerusakan lain juga berada di Desa Rae, Kecamatan Beo Utara. BPBD melaporkan kerusakan di desa ini pada kategori rusak ringan,” Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya, Jumat (22/1).

Raditya menyampaikan, hingga kini BPBD Kepulauan Talaud masih melakukan pendataan adanya korban jiwa akibat gempa tersebut. “BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud masih melakukan monitoring di lapangan,” ujar Raditya.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulut, Tak Berpotensi Tsunami

Raditya memastikan, BNPB terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud. Saat ini, BPBD setempat terus menghimpun informasi dari desa-desa yang teridentifikasi merasakan guncangan gempa.

Sementara itu, dilihat dari peta guncangan yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong IV MMI, Manado, Bitung III MMI, Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI, Bolaang Uki II MMI, Ternate, Sofifi, Halmahera Tengah I-II MMI.

Skala IV MMI mendeskripsikan bila pada siang hari dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, sedangkan III MMI menggambarkan getaran dirasakan nyata dalam rumah, serta terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Sebelumnya, warga Kepulauan Talaud merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi pada Kamis (21/1), sekitar pukul 19.23 WIB. BMKG melaporkan pemutakhiran parameter gempa pada magnitudo 7,0 serta berada 132 km timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Saksikan video menarik berikut ini:


Dua Kecamatan Terdampak Gempa Magnitudo 7,0 di Sulawesi Utara