Gunung Raung Bergemuruh, BPBD Jember Pantau Kawasan Rawan Erupsi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gunung Raung Bergemuruh, BPBD Jember Pantau Kawasan Rawan Erupsi


JawaPos.com–BPBD Jember bersama anggota Kodim 0824, Perhutani, dan relawan melakukan mitigasi di kawasan rawan bencana erupsi Gunung Raung (3.332 mdpl) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

”Kami melakukan pendampingan untuk survei daerah kawasan bencana erupsi Gunung Raung di dua lokasi yakni di lokasi lava beku dan Desa Jambearum,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo seperti dilansir dari Antara di Jember.

Menurut dia, petugas terus melakukan pemantauan terkait dengan aktivitas Gunung Raung yang berstatus waspada. Namun, petugas mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap tenang.

”Beberapa kali suara gemuruh memang terdengar. Namun, kami imbau warga tidak panik terhadap suara gemuruh yang berasal dari Gunung Raung. Petugas akan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” ucap Heru.

Dia juga meminta masyarakat tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan dari pihak yang tidak bertanggung jawab terkait aktivitas Gunung Raung  dan terus berkoordinasi dengan BPBD Jember dan perangkat desa setempat.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M. Nurdin mengatakan, anggotanya telah melakukan pemantauan perkembangan aktivitas Gunung Raung di Dusun Gayasan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, dan Dusun Curah Manis, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo.

”Kami juga meninjau jalur evakuasi dan jalur lahar ke daerah Sungai Curah Biyung (lahar beku) dan Sungai Pace di Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe,” tutur La Ode M. Nurdin.

Saat melakukan pemantauan, lanjut dia, petugas sempat mendengar suara dentuman dari kawah Gunung Raung sebanyak tiga kali pada Selasa (26/1). Pada Rabu (27/1) juga dikabarkan terdengar suara gemuruh berdasar laporan petugas pos pengamatan Gunung Raung di Songgon Banyuwangi.

Berdasar laporan Pos Pengamatan Gunung Raung periode 27 Januari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB secara visual gunung jelas dan berkabut, kemudian asap kawah tidak teramati, serta terdengar suara gemuruh. Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl berstatus level II (waspada). PVMBG memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak.

Saksikan video menarik berikut ini:


Gunung Raung Bergemuruh, BPBD Jember Pantau Kawasan Rawan Erupsi