BMKG Ingatkan Potensi Rob Pesisir Surabaya Akhir Januari

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BMKG Ingatkan Potensi Rob Pesisir Surabaya Akhir Januari


JawaPos.com–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, mengingat potensi banjir rob di wilayah pesisir Surabaya pada akhir Januari.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya Taufiq Hermawan seperti dilansir dari Antara mengatakan, banjir rob yang diakibatkan pasang air laut maksimum itu, diperkirakan terjadi pada 26 sampai dengan 30 Januari.

”Ketinggian air berkisar antara 130 sentimeter sampai dengan 140 sentimeter dari permukaan air laut,” kata Taufiq.

Dia menjelaskan, di wilayah pesisir Surabaya diklasifikasikan menjadi tiga daerah dan juga waktu. Seperti wilayah pelabuhan Surabaya, Kecamatan Pabean Cantikan, dan Perak. Air pasang maksimum akan terjadi pukul 21.00 sampai 24.00 WIB.

”Selanjutnya wilayah Surabaya Barat yakni Kecamatan Benowo, Asem Rowo, dan Semampir akan terjadi mulai pukul 22.00 hingga pukul 24.00 WIB. Sedangkan untuk wilayah Surabaya Timur seperti di Kecamatan Bulak dan Kenjeran dimulai pukul 22.00 hingga pukul 24.00 WIB,” terang Taufiq.

Dia mengatakan, pasang air laut maksimum tersebut bisa memunculkan dampak genangan air wilayah itu. Sebab, pada Januari Surabaya masih berada puncak musim hujan.

”Curah hujan turun sangat deras dan potensi banjir rob sangat tinggi puncak curah hujan pada Januari. Kondisi ini bisa mengakibatkan gangguan aktivitas di wilayah pesisir seperti pembuatan garam, aktivitas perikanan, dan juga bongkar muat pelabuhan,” tutur Taufiq.

Dia menambahkan, BMKG secara dini telah mengeluarkan informasi guna meningkatkan kewaspadaan yang bertujuan untuk mengantisipasi dini dampak-dampak tidak diinginkan masyarakat pesisir wilayah Surabaya.

”Selain itu, peringatan dini tersebut dikeluarkan supaya waspada dini dan kerugian material diantisipasi,” ucap Taufiq.

Saksikan video menarik berikut ini:


BMKG Ingatkan Potensi Rob Pesisir Surabaya Akhir Januari