Jokowi: Rusun Pasar Rumput Bakal Digunakan untuk Pasien Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jokowi: Rusun Pasar Rumput Bakal Digunakan untuk Pasien Covid-19


JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jajaranya akan segera melakukan pengecekan terhadap Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta. Tempat ini nantinya digunakan untuk pasien Covid-19. Rencananya, setiap tower di rusun tersebut akan bisa menampung pasien Covid-19 sebanyak 2.060 orang.

“Tadi setelah kita cek tower 1 sudah siap untuk dipakai sebanyak 2060 kemudian yang tower 2 dan tower 3 sebanyak 5950 akan siap dalam 2-3 hari ini,” ujar Jokowi dalam konfrensi persnya yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/7) malam.

Jokowi juga mengatakan, Rusun Pasar Rumput tersebut bakal digunakan untuk isolasi bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan, dan orang tanpa gejala atau OTG.

“Saya datang langsung untuk mengecek kesiapan Rusun Pasar Rumput dalam rangka penggunaanya untuk isolasi pasien pasien covid yang bergejala ringan, dan OTG,” katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, Rusun Pasar Rumput ini bisa terus dipersiapkan. Sehingga bisa menambah kekuatan jika nantinya kasus Covid-19 di DKI Jakarta mengalami lonjakan yang signifikan.

“Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” ungkapnya.

Dalam peninjauan Rusun Pasar Rumput tersebut, Presiden Jokowi ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito.

Baca Juga: Ini Sanksi Pidana Bagi Pelanggar PPKM Darurat

Baca Juga: BPOM Sudah Keluarkan Izin Dua Obat Perawatan Covid-19

Sebelumnya, diketahui, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikn mengatakan guna menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19, khususnya di DKI Jakarta, pemerintah menyiapkan Rusun Nagrak dan Pasar Rumput untuk mengisolasi pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

BGS, panggilan akrab Menkes, mengatakan bahwa Rumah Sakit Darurat Covid-19 atau RSDC Wisma Atlet akan ditingkatkan untuk dapat menangani pasien gejala sedang atau menengah.

“Untuk di Rusun Nagrak terdapat empat tower yang dapat diisi maksimal sekitar 4 ribu tempat tidur isolasi. Saat ini mulai diisi 2 ribu. Sementara di Rusun Pasar Rumput bisa diisi sekitar 2 ribu lebih pasien,” ujarnya.


Jokowi: Rusun Pasar Rumput Bakal Digunakan untuk Pasien Covid-19