Kadin Bangun Rumah Darurat Oksigen untuk Pasien Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kadin Bangun Rumah Darurat Oksigen untuk Pasien Covid-19


JawaPos.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan membangun rumah darurat oksigen yang ditargetkan beroperasi pekan depan. Rumah darurat oksigen tersebut berlokasi di dekat pabrik oksigen di Jakarta. Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi kepadatan rumah sakit dalam pelayanan pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

“Intinya membantu jangan sampai RS rujukan itu penuh yang memerlukan oksigen saja,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid saat ditemui di JCC Senayan Jakarta, Sabtu (24/7).

Arsjad mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Goto dan Samator serta pihak lain yang dapat berpartisipasi untuk membantu pemenuhan kebutuhan oksigen masyarakat penderita Covid-19. “Ini buat umum kami kerja sama dengan TNI dan Polri tim kesehatannya. Ini support RS rujukan. Dan untuk melonggarkan jangan sampai RS jam padahal kebutuhannya ringan hanya oksigen,” tuturnya.

Rumah darurat oksigen juga bekerja sama dengan rumah sakit rujukan, puskesmas, Halodoc, serta masyarakat yang datang langsung. Nantinya pasien juga akan diberikan obat-obatan gratis dari Kimia Farma.

“Ini percobaan pertama nanti dibangun di Jawa timur dan daerah lainnya. Nanti di Jatim juga ada pengusaha lainnya Goto juga komit ke sana,” ungkapnya.

Selain itu, Kadin juga menggandeng TNI dan Polri menggelar vaksinasi Covid-19 gratis dengan sasaran 15 ribu orang peserta. Vaksinasi tahap pertama yang gelar tiga hari, mulai 24-26 Juli 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Menurutnya, langkah tersebut sebagai upaya mengakhiri masa pandemi Covid-19 untuk mencapai kekebalan tubuh secara komunal (herd immunity). Sehingga, memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai pemerintah, swasta hingga organisasi masyarakat.

“Percepatan penanganan Covid-19 ini perlu gotong royong dari semua pihak. Pelaksanaan vaksinasi harus terus didorong agar target herd immunity bisa cepat dicapai, sehingga masyarakat bisa terjaga dari dampak pandemi,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini pemulihan kesehatan menjadi faktor yang paling penting agar roda perekonomian bisa kembali pulih. Sebab, kinerja dunia usaha turut ditentukan oleh kuatnya aspek kesehatan.

“Oleh karenanya, kami berpartisipasi aktif dalam penanganan pandemi ini. Selain percepatan vaksinasi, kami juga menggalang bantuan untuk pengadaan oksigen, bantuan obat-obatan, donasi, termasuk mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana dari Kadin Indonesia Firlie Ganinduto menyebutkan target 15 ribu penerima vaksinasi ini. Selain berasal dari lembaga-lembaga yang terlibat, juga dari pendaftaran secara langsung di lokasi untuk masyarakat umum yang memenuhi persyaratan.

Firlie mengungkapkan, program vaksinasi tersebut dipersiapkan sebanyak 150 tenaga kesehatan, 50 tenaga administrasi, 200 ground crew, juga 30 orang traffic controller. “Selain cepat, kami akan melakukan vaksinasi ini senyaman mungkin bagi para peserta,” ucapnya.

PT Indika Energy Group, dalam program ini juga turut memberikan bantuan kepada Kadin Indonesia berupa 8.000 silinder oksigen berukuran 40 liter, 47 liter dan 50 liter yang sudah terisi, serta empat ISO tank berkapasitas 20 ribu liter. Nantinya, 8.000 unit silinder oksigen itu akan disalurkan secara bertahap kepada rumah sakit yang tersebar di Indonesia, melalui mekanisme rotasi atau swap untuk menggantikan silinder yang sudah kosong.


Kadin Bangun Rumah Darurat Oksigen untuk Pasien Covid-19