Semua Presiden Perhatian dengan Papua, Tapi Jokowi Luar Biasa

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Semua Presiden Perhatian dengan Papua, Tapi Jokowi Luar Biasa


JawaPos.com – Setiap masa ada sosoknya. Setiap presiden ada masanya. Selama ini Papua relatif mendapat perhatian dari setiap presiden yang memimpin bangsa ini. Namun, sosok Presiden Jokowi dianggap lebih perhatian terhadap Bumi Cenderawasih.

Pengakuan itu dikemukakan oleh Duta Besar Pamong Papua Michael Manufandu. Dia menilai, semua Presiden Indonesia sangat perhatian dengan Papua. Hanya saja, Jokowi selama enam tahun menjabat memberikan perhatian luar biasa. Buktinya berdasar data yang dimiliki Michael Manufandu, Presiden Jokowi sudah 15 kali berkunjung ke Papua.

“Dulu terbatas dalam infrastruktur seperti jembatan dan sekarang meningkat pesat. Harga tarif bahan bakar juga telah sama dengan daerah lainnya,” ujar Michael Manufandu dalam sebuah diskusi webinar Papua Podcast yang digelar Perhimpunan Eropa untuk Indonesia.

Michael mengaku menjadi saksi bahwa pembangunan di Papua sangat maju, bahkan lebih maju daripada negara-negara pasifik. Kini sudah terbangun jalan sepanjang 4.231 km. Alhasil, Papua yang terdiri atas 42 kabupaten dan 560 distrik itu sudah bisa dilewati dengan mobil. “Lapangan terbang bahkan ada 5 landasan internasional. Dulu gelap sekarang dapat listrik. Ini kemajuam spektakuler,” paparnya.

Baca  juga: KKB Makin Kejam, Wakil Ketua MPR: Evaluasi Kebijakan Dana Otsus Papua

Menurut dia, saat ini pemerintah pusat memberikan otonomi seluas-luasnya ke Papua. Pemerintah daerah di Papua mendapat wewenang anggaran besar. Pemerintah tidak melakukan intervensi dengan anggaran luar biasa itu.

“Di propinsi lain tidak begitu. Saya selalu berpesan kepada Gubernur kamu gunakan amanah ini sebaik mungkin. Dana Otsus Papua adalah kebijakan yang brilian,” tandasnya.

Salah satu bentuk dari pemanfaatan dana otsus itu di sektor pendidikan. Yakni, memberikan beasiswa bagi anak Papua sehingga bisa kuliah di dalam dan luar Negeri.


Semua Presiden Perhatian dengan Papua, Tapi Jokowi Luar Biasa