1 dari 2 Penderita Tak Terdeteksi Diabetes, Tipe 2 Paling Banyak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

1 dari 2 Penderita Tak Terdeteksi Diabetes, Tipe 2 Paling Banyak


tipJawaPos.com – Pada Hari Diabetes Sedunia 2020 yang jatuh setiap 14 November, populasi dunia diminta untuk lebih sadar bahaya dari induk segala penyakit yakni diabetes. Perlu meningkatkan kesadaran tentang penyebab diabetes, hidup dengan diabetes, dan mengerti pencegahannya.

Sebab, jumlahnya semakin meningkat dan tak disadari oleh penderitanya. Bahkan berdasarkan fakta, satu dari dua orang dewasa dengan diabetes tidak terdiagnosis. Mayoritas orang menderita diabetes tipe 2.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 6 persen populasi dunia menderita diabetes. Paling banyak terjadi di India.

Tahun ini, dilansir dari Doctor NDTV, Minggu (15/11), catatan WHO, selama pandemi global, telah merenggut lebih dari satu juta jiwa di seluruh dunia. “Orang dengan diabetes berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 parah dan bahkan kematian,” kata WHO.

‘The Nurse and Diabetes’ adalah tema Hari Diabetes Sedunia 2020. Tema ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran seputar peran penting yang dimainkan perawat dalam mendukung penderita diabetes. Perawat merupakan setengah dari angkatan kerja kesehatan global. Mereka membantu orang dengan berbagai masalah kesehatan.

Untuk penderita diabetes, mereka juga membutuhkan bantuan perawat. Karena jumlah penderita diabetes terus meningkat di seluruh dunia, peran perawat dan staf pendukung profesional menjadi semakin penting.

Pada Hari Diabetes Sedunia ini, diperlukan investasi dalam pendidikan dan pelatihan perawat. Jika mereka mendapatkan keahlian yang tepat, ini dapat membantu perawat membuat banyak perbedaan bagi orang yang terkena diabetes.

Hari Diabetes Dunia: Fakta dan angka penting

1. Jumlah penderita diabetes diperkirakan akan meningkat menjadi 578 juta pada tahun 2030. Pada tahun 2019, 463 juta orang dewasa hidup dengan diabetes.

2. Satu dari dua orang dewasa dengan diabetes tidak terdiagnosis. Mayoritas orang menderita diabetes tipe 2.

3. Tiga dari empat penderita diabetes tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

4. Satu dari lima penderita diabetes berusia di atas 65 tahun.

5. Pada 2019, diabetes menyebabkan 4,2 juta kematian.

6. Berbicara tentang tema Hari Diabetes Sedunia, 59 persen perawat merupakan tenaga kesehatan profesional, yang merupakan kelompok pekerjaan terbesar.

7. Secara global, angkatan kerja perawat berjumlah 27,9 juta, di mana 19,3 juta di antaranya adalah profesional.

8. Kekurangan perawat global sekitar 5,9 juta: Worlddiabetesday.org. 89 persen dari kekurangan ini terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

9. Lulusan keperawatan harus meningkat 8 perseb per tahun, untuk mengatasi kekurangan global yang diprediksi pada tahun 2030.

10. Sembilan puluh tenaga perawat adalah perempuan.

Saksikan video menarik berikut ini:


1 dari 2 Penderita Tak Terdeteksi Diabetes, Tipe 2 Paling Banyak